HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Minyak Almond untuk Kecantikan Kulit
Diet dan Nutrisi

Manfaat Minyak Almond untuk Kecantikan Kulit

dr. Valda Garcia, 23 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Demi mewujudkan kulit yang sehat, ada beragam cara yang bisa dilakukan, termasuk dengan penggunaan bahan alami seperti minyak almond. Berikut sederet manfaatnya.

Manfaat Minyak Almond untuk Kecantikan Kulit

Penggunaan carrier oil dan perawatan secara alami masih banyak dilakukan oleh generasi saat ini. Salah satu yang efektif dan baik bagi kesehatan kulit adalah minyak almond.

Ternyata, ada banyak sekali manfaat minyak almond untuk kesehatan kulit. Penasaran apa saja khasiat carrier oil yang satu ini? Berikut daftarnya untuk Anda:

1. Melindungi dari Sinar Matahari

Kandungan protein, vitamin, lemak sehat, dan mineral dari minyak almond memiliki dampak baik dalam melindungi kulit, terlebih dari sinar matahari.

Dengan menggunakan minyak almond, kulit tidak langsung terpapar dengan sinar UV yang terpancar dari sinar matahari.

2. Melembapkan Kulit

Melembapkan Kulit

Kabar baik bagi pemilik kulit kering dan mudah gatal. Anda bisa menggunakan minyak almond untuk melembapkan kulit. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan vitamin B dan E di dalam minyak almond.

Bagi Anda yang berkulit sensitif dan rentan alergi pun tidak perlu khawatir. Adanya kandungan hypoallergenic dalam minyak almond dapat membantu kulit terhindar dari risiko alergi dan iritasi.

Dilengkapi dengan kandungan moisturizer di dalamnya, minyak almond juga dapat melembapkan kulit secara optimal.

3. Tidak Bersifat Komedogenik

Masalah pori-pori besar atau terlihat tentu memerlukan perhatian ekstra. Salah pilih produk, bisa-bisa timbul masalah jerawat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memilih skincare yang bersifat non-comedogenic.

Kabar baiknya, kandungan moisturizer dan vitamin A dalam minyak almond berkhasiat untuk melembapkan kulit tanpa menyumbat pori-pori. 

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Almon untuk Rambut

4. Memperlambat Proses Penuaan

Hal-Hal yang Penting Diketahui Soal Proses Penuaan Dini

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan penuaan dini. Misalnya, merokok, pola makan yang kurang baik, hingga paparan sinar matahari yang berlebihan. 

Nah, salah satu manfaat minyak almond untuk wajah adalah bisa memperlambat proses penuaan. Jadi, oleskan minyak ini secara rutin pada wajah agar Anda terlihat segar dan awet muda.

5. Menghilangkan Mata Panda

Lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda bisa muncul karena kurang tidur atau kekurangan vitamin. Kondisi tersebut tentu dapat menurunkan rasa percaya diri Anda.

Untuk mengurangi atau menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, Anda dapat menggunakan minyak almond. Cukup oleskan minyak ini di bawah mata.

6. Mengatasi Peradangan Kulit

cara memilih skincare untuk kulit sensitif

Bagi mereka yang memiliki masalah kulit, minyak almond yang memiliki sifat menenangkan ini dapat digunakan untuk mengurangi peradangan, kemerahan, dan gatal di kulit. 

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Jojoba untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

7. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Minyak almond dapat digunakan sebagai scrub untuk membantu menghilangkan sel-sel mati pada kulit. Selain membantu Anda tampak lebih segar, masalah komedo dan jerawat juga bisa teratasi.

Ini karena kandungan dalam minyak almond berguna untuk mengontrol dan menyerap kelebihan minyak pada wajah. Minyak almond pun aman digunakan bagi mereka yang jenis kulitnya berminyak ataupun berjerawat.

8. Menghapus Make Up

Bahaya Memakai Make Up saat Olahraga

Tahukah Anda, minyak almond ternyata dapat digunakan sebagai make up remover (pembersih make up). 

Untuk mendapatkan manfaat minyak almond yang satu ini cukup mudah. Caranya, biarkan minyak almond di wajah selama beberapa saat, lalu bilas. 

9. Mencerahkan Kulit

Bagi yang suka berjemur di bawah sinar matahari, Anda tentu menyadari bahwa kulit akan rentan terkena sengatan panas. Paparan sinar tersebut kerap meninggalkan rasa perih dan gatal pada kulit. Tak jarang, kulit bisa tampak gelap.

Namun jangan khawatir, minyak almond dapat membantu mencerahkan kulit kembali. Terlebih untuk mereka yang tengah mengalami hiperpigmentasi.

Itulah sederet manfaat minyak almond untuk membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat dan indah. Jangan lupa juga minum cukup air putih, agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. 

Terkait keamanan penggunaan minyak almond untuk kulit Anda, sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter. Gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi yang lebih praktis.

[WA]

kulitKecantikanMinyak Almond

Konsultasi Dokter Terkait