Sukses

5 Buah Ini Harus Ada dalam Menu Harian Anda

Dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi, pastikan lima jenis buah ini tak pernah absen dalam menu harian Anda sehari-hari.

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang tahu bahwa buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang memberikan serangkaian manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat tersebut, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan setidaknya 2-3 porsi dalam menu harian—khususnya lima jenis buah yang akan dibahas lebih lanjut di sini.

Selain bisa menjadi sumber energi dan sumber serat, buah-buahan juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, konsumsi buah-buahan juga dapat membantu Anda untuk terhindar dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes mellitus, kanker, dan beberapa penyakit lainnya.

Saat ini, buah-buahan dapat disajikan dalam menu sehari-hari dalam berbagai bentuk sehingga lebih menarik dan tidak membosankan untuk dikonsumsi. Umumnya—selain buah potong atau dimakan langsung—banyak orang yang mengonsumsi buah dalam bentuk jus. Namun, saat ini buah juga bisa dinikmati dalam bentuk makanan seperti kue.

Sebelum memasukkan buah-buahan ke dalam menu harian Anda, ada baiknya mengetahui manfaat konsumsi buah-buahan secara lebih spesifik, khususnya manfaat dari lima jenis buah yang kaya nutrisi ini:

1. Alpukat

Buah yang satu ini berbeda dengan kebanyakan buah lainnya, karena alpukat mengandung karbohidrat dalam jumlah sedikit. Tak hanya itu, alpukat lebih banyak mengandung lemak sehat seperti asam oleat. Asam oleat merupakan jenis asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, alpukat juga kaya akan kalium dan magnesium yang berperan penting dalam keseimbangan elektrolit tubuh. Kalium juga diketahui bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan risiko terkena penyakit stroke.

2. Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemui dalam menu makanan sehari-hari. Tidak sedikit orang yang menyukai buah satu ini. Selain tinggi serat, apel juga mengandung vitamin C, vitamin B, dan vitamin K. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam apel dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko diabetes mellitus tipe 2, kanker, hingga Alzheimer. Selain itu, kandungan pektin di dalam apel merupakan asupan penting bagi bakteri baik (flora normal) di dalam usus, sehingga dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

3. Lemon

Tak hanya kaya akan vitamin C, lemon juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena kemampuan buah ini dalam menurunkan kadar lipid darah dan tekanan darah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan asam sitrat dalam jus lemon bermanfaat dalam pengobatan batu ginjal.

4. Semangka

Semangka mengandung banyak vitamin A dan vitamin C. Selain itu, semangka diperkaya dengan serangkaian antioksidan, yaitu cucurbitacin E, karotenoid, dan likopen. Dalam sebuah penelitian, ditemukan beberapa antioksidan dalam semangka yang memiliki efek antikanker. Likopen dikaitkan dengan kemampuan menurunkan risiko terjadinya kanker pada saluran pencernaan, sedangkan cucurbitacin E dipercaya dapat menghambat pertumbuhan tumor. Kemudian, likopen juga diketahui memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah sehingga dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Semakin melengkapi manfaatnya, semangka ternyata mengandung 92 persen air sehingga bisa menjadi sumber asupan cairan yang baik bagi tubuh.

5. Pisang

Pisang terkenal memiliki kandungan kalium yang tinggi. Namun, pisang juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang tentu memiliki manfaat bagi tubuh. Pisang terbukti kaya akan karbohidrat dan mineral sehingga menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Faktanya, pisang mengandung amilum yang merupakan karbohidrat kompleks, yang fungsinya adalah menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, kandungan pektin dalam pisang juga menyehatkan sistem pencernaan.

Nah, setelah mengetahui berbagai keampuhan lima buah di atas, tentunya akan sayang sekali jika Anda tidak megikutsertakan buah-buahan tersebut ke dalam menu harian Anda sehari-hari. Untuk menghindari rasa bosan, jadilah kreatif dalam mengolah buah seperti menjadikannya jus atau smoothie, salad, atau bisa juga dalam bentuk overnight oat. Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan asupan makanan yang bergizi seimbang dan rutin berolahraga.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar