Sukses

Kiat Mudah dan Ampuh Mengusir Malaria dari Lingkungan Anda

Anda dapat mengusir malaria selamanya dengan melakukan sejumlah upaya pencegahan. Simak kiat-kiatnya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Malaria merupakan penyakit yang sudah dikenal sejak lebih dari tiga ribu tahun yang lalu dan masih membahayakan sampai saat ini. Indonesia termasuk salah satu negara dengan kejadian malaria tertinggi di bawah sejumlah kawasan Benua Afrika. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu bagaimana mengusir malaria agar tidak tertular oleh penyakit ini.

Penyakit malaria ditandai dengan demam tinggi, menggigil, anemia, dan pembesaran limpa. Bahkan, malaria bisa dibilang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

“Umumnya kematian terjadi bila malaria menyerang otak, menyebabkan penurunan kesadaran dan kejang. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa setiap tahun terdapat lebih dari 600.000 orang meninggal karena penyakit ini,” ujar dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Resthie menjelaskan bahwa penyakit malaria disebabkan oleh parasit jenis Plasmodium. Parasit ini masuk ke dalam tubuh manusia dan menyebabkan penyakit melalui gigitan nyamuk Anopheles.

Lantas bagaimana kiat ampuh usir nyamuk penyebab malaria? Mudah saja. Mengutip dari berbagai sumber, Anda dapat melakukan sejumlah cara di bawah ini:

1. Meletakkan tanaman penolak nyamuk

Ada beberapa jenis tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk seperti citronella, horsemint, marigolds, ageratum dan catnip. Beberapa jenis tanaman tersebut bisa mengeluarkan aroma kuat yang tidak disukai oleh nyamuk, namun tetap bersahabat dengan hidung kita.

Dilansir dari Liputan6.com, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Vektor dan Zoonosis Kementerian Kesehatan, Jane Soepardi, menyebut tanaman lainnya yakni sereh. Menurutnya, sereh bisa berperan dalam hal mengusir nyamuk.

"Sereh bisa ditanam di permukiman atau di sekitar rumah warga. Ini biar nyamuk tidak bisa datang sehingga mencegahnya agar tidak menggigit juga," kata Jane. Pemakaiannya bisa dengan cara ditanam atau dipotong-potong lalu disebarkan di setiap sudut rumah.

2. Gunakan pakaian yang melindungi

Mengatasi gigitan nyamuk pembawa parasit malaria juga dapat dilakukan dengan cara memakai pakaian yang melindungi seluruh tubuh. Pakaian tersebut misalnya berlengan dan bercelana panjang.

Pakaian ini bisa Anda kenakan kapan pun dan di mana pun. Bila cuaca terasa panas, kenakan pakaian dengan bahan yang sesuai untuk cuaca tersebut dan tak terlalu tebal.

“Hal ini terutama dilakukan selama beraktivitas di dalam dan luar rumah. Pilihlah pakaian dengan bahan yang nyaman, misalnya pakaian yang terbuat dari bahan katun,” ujar dr. Resthie.

3. Losion pencegah nyamuk

Ada beberapa produk yang dapat digunakan pada tubuh, contohnya penyemprot hingga losion antinyamuk. Produk tersebut dapat disesuaikan dengan karakter kulit, lalu pastikan ia aman dipakai untuk kulit sensitif maupun anak-anak.

4. Kelambu di ruang tidur

Penggunaan kelambu atau semacam kain penghalang di ruang tidur, dapat membantu mengamankan Anda dari gigitan nyamuk. Menurut dr. Resthie, studi membuktikan bahwa di Indonesia, penggunaan kelambu sangat efektif untuk mencegah gigitan nyamuk penyebab malaria saat tidur.

5. Perhatikan genangan air di rumah

Perlu diketahui bahwa nyamuk senang berkembang biak dan meletakkan telurnya di air yang menggenang. Telur bisa menetas dalam genangan air setinggi hanya satu inci.

Yang lebih penting lagi, nyamuk betina bisa meletakkan sekitar 300 telur setiap kali mereka bereproduksi. Jika ada air menggenang di sekitar rumah, segera tumpahkan dan buang.

Selain cara-cara di atas, Anda dapat menggunakan lilin aromaterapi, kipas angin, hingga stiker antinyamuk yang kini marak dipakai. Banyak upaya yang bisa dilakukan demi menghindarkan diri Anda dari wabah malaria.

“Meski malaria masih tinggi kejadiannya di Indonesia, dengan tindakan pencegahan yang dilakukan dengan baik, penyakit ini dapat dihindari. Oleh karena itu, jagalah kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda agar terhindar dari gigitan nyamuk,” tutur dr. Resthie.

Nah, Anda tentu tidak ingin tertular penyakit malaria, bukan? Untuk mencegah agar tidak terjangkit penyakit ini, lakukan kiat mudah dan ampuh untuk mengusir malaria, seperti yang diuraikan di atas!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar