Sukses

Rutin Olahraga Bisa Mencegah Meningitis?

Benarkah olahraga mampu menurunkan risiko penyakit meningitis? Ini fakta sebenarnya.

Klikdokter.com, Jakarta Meningitis merupakan peradangan pada selaput yang melapisi otak dan batang otak. Meski sangat berbahaya, konon penyakit ini dapat dicegah dengan berolahraga secara rutin dan teratur setiap hari. Apa benar demikian?

Sebelum mengetahui fakta medisnya, yuk cari tahu lebih dalam mengenai penyakit meningitis.

Mengenal meningitis

Seperti telah disinggung sebelumnya, meningitis adalah peradangan pada selaput otak dan batang otak akibat adanya infeksi virus atau bakteri.

● Meningitis virus

Meningitis virus lebih sering terjadi pada anak dibandingkan orang dewasa. Meningitis jenis ini dapat sembuh dengan sendirinya, dalam waktu 7 hingga 10 hari. Namun demikan, keadaan pasien harus tetap dalam pengawasan yang ketat.

● Meningitis bakteri

Meningitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri bisa menjadi sangat serius dan berpotensi mematikan. Orang sehat sekalipun bisa terkena penyakit meningitis jenis ini. Namun, orang tua dan anak-anak lebih sering terkena dibandingkan dengan dewasa muda.

Pada kasus yang sangat jarang, meningitis juga bisa terjadi akibat reaksi obat atau autoimun–seperti SLE (Systemic Lupus Erythematosus). Selain itu, mereka yang punya sistem kekebalan tubuh rendah atau pernah melakukan transplantasi organ juga berisiko tinggi untuk mengalami kondisi ini.

Pada umumnya, gejala yang mengikuti penyakit meningitis berupa batuk, pilek, demam, diare, dan muntah-muntah. Pada kasus tertentu, penyakit ini juga dapat memberikan gejala seperti sakit kepala dan leher kaku. Sedangkan pada kondisi yang sudah terlanjur parah, orang yang terkena meningitis dapat mengalami penurunan kesadaran, bicara ngelantur, atau bahkan pingsan.

Selain yang sudah disebutkan, gejala lain yang dapat terjadi akibat meningitis adalah badan lemas, ruam merah di kulit, merasa silau saat terpapar sinar matahari atau cahaya lampu, serta kejang-kejang.

Meningitis vs olahraga

Telah diketahui sejak dahulu, olahraga merupakan aktivitas sehat yang membawa segudang manfaat bagi tubuh manusia. Aktivitas positif ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan otak, memperbaiki mood, menjaga fungsi jantung dan paru, membantu menurunkan berat badan, hingga memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh.

Terkait manfaatnya dalam mencegah meningitis, beberapa studi menyebutkan bahwa olahraga yang dilakukan setidaknya lima kali dalam seminggu dapat meningkatkan fungsi sel-sel yang berperan dalam pertahanan tubuh terhadap mikroorganisme berbahaya. Dengan demikian, risiko Anda terkena penyakit infeksi virus atau bakteri menjadi sangat-sangat kecil. Konsep ini menjadi awal dari hipotesis bahwa olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur dapat mencegah terjadinya meningitis.

Namun sayang, manfaat tersebut belum dapat dikonfirmasi sepenuhnya oleh para ahli lain. Ini berarti, manfaat olahraga dalam mencegah meningitis masih belum dapat dipastikan hingga saat ini. Meski demikian, tak ada salahnya jika Anda ingin berolahraga secara rutin dan teratur setiap hari. Tubuh sehat, Anda juga yang untung, bukan?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar