Sukses

Makan Telur Bikin Cacar Air Tambah Parah?

Telur diduga dapat menyebabkan cacar air bertambah parah. Jadi, apakah penderita cacar air tidak boleh makan telur? Ini faktanya.

Klikdokter.com, Jakarta Cacar air masih menjadi penyakit sejuta umat. Ini karena keadaan tersebut dapat menimpa siapa saja, mulai dari anak, dewasa, bahkan mereka yang sudah lansia. Terkait penyakit ini, banyak penderitanya yang enggan mengonsumsi telur lantaran dapat membuat gejala cacar air semakin parah. Apa iya?

Penting diketahui, cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Menurut dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter, penyakit ini mempunyai gejala awal berupa demam ringan hingga tinggi. Selanjutnya pada kulit timbul bintik-bintik kecil meradang yang berisi cairan putih dan terasa gatal.

“Cacar air termasuk penyakit yang mudah menular, yakni melalui kontak langsung atau bisa juga lewat udara. Bagi mereka yang belum pernah terkena atau belum sempat menerima vaksin cacar air, risiko untuk mengalami penyakit ini dapat meningkat,” ungkap dr. Kartika.

Telur bikin gejala cacar air makin parah?

Mereka yang berpikir bahwa telur bikin gejala cacar air semakin buruk mungkin karena menganggap bintil yang timbul pada penyakit ini mirip dengan alergi. Jadi, dengan mengonsumsi telur, gejala yang terjadi akan semakin parah.

Faktanya, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang mampu mengonfirmasi hal tersebut. Dengan kata lain, telur tidak menyebabkan bintil akibat cacar air menjadi semakin parah. Si lonjong berkulit cokelat ini hanya menyebabkan segudang dampak buruk bagi Anda yang alergi dengannya. Jika Anda tidak demikian, telur justru dapat mendatangkan segudang manfaat baik.

Menurut dr. Fiona Amelia dari KlikDokter, telur merupakan salah satu makanan yang paling sehat.

“Telur mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan zat gizi lain yang penting untuk kesehatan tubuh,” ujarnya.

Dari penjelasan dr. Fiona, dapat ditarik kesimpulan bahwa telur merupakan asupan terbaik, termasuk bagi Anda yang sedang cacar air. Bahkan, dengan mengonsumsi telur setiap hari, kemungkinan Anda untuk sembuh dari cacar air dapat menjadi semakin cepat.

Mengapa? Karena seperti telah dijelaskan di atas, telur mengandung sejumlah zat gizi penting bagi tubuh. Jadi, dengan konsumsi si lonjong ini dalam jumlah cukup setiap hari, daya tahan tubuh Anda akan semakin membaik. Dengan daya tahan tubuh yang baik, virus penyebab cacar air bisa berhenti melakukan serangan.

Tak hanya itu, dr. Dyan Mega Inderawati juga dari KlikDokter, bahkan menyebutkan bahwa telur juga dapat mendatangkan manfaat berikut ini:

●       Rambut lebih sehat

Satu butir telur mengandung protein dengan kadar yang cukup tinggi. Zat gizi ini dapat membantu membangun sel-sel tubuh, termasuk menunjang pertumbuhan rambut di kulit kepala Anda.

●       Mata lebih awas

Konsumsi telur dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan retina. Ini karena telur mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga kerusakan yang terjadi di bagian mata tersebut bisa lantas diperbaiki.

Tak hanya itu, antioksidan pada telur juga dapat membantu menurunkan risiko katarak dan melindungi fungsi mata secara menyeluruh. Sedangkan kadungan vitamin A di dalamnya mampu menjaga ketajaman penglihatan dan melindungi mata dari kerusakan.

●       Otak lebih cemerlang

Satu butir telur mengandung kira-kira 100 gram kolin. Zat gizi itu sangat baik untuk menjaga fungsi sel-sel saraf di otak.

●       Kulit dan kuku tetap tampil maksimal

Protein pada telur juga dapat berfungsi menjaga kekencangan dan kelembutan kulit, serta melawan proses penuaan dini. Sementara kandungan asam amino, vitamin D, zat besi dan zink dapat membantu menjaga kesehatan kuku Anda.

Sekarang Anda sudah tahu faktanya, ‘kan? Jadi, tak usah takut jika Anda ingin mengonsumsi telur saat cacar air sedang menyerang. Tetap ingat untuk membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan, ya!

[RVS]

1 Komentar