Sukses

Tetap Sehat Selama Ibadah Umrah

Menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah umrah merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Baca kiatnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Menunaikan ibadah umrah merupakan pengalaman yang sangat berharga. Namun, perjalanan umrah juga memiliki tantangan tersendiri. Rangkaian kegiatan yang melelahkan dilakukan di tempat baru dengan iklim dan kebiasaan yang berbeda dari Indonesia.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini agar dapat menjalankan ibadah umrah dengan tenang:

1. Rutin berolahraga sebelum keberangkatan

Bagi Anda yang sehari-hari tergolong kurang aktif, tidak ada salahnya mempersiapkan diri dengan rutin berolahraga dari beberapa bulan sebelum keberangkatan. Sebab kurangnya persiapan fisik dapat menimbulkan masalah kesehatan jika kondisi tubuh tidak dijaga dengan baik.

2. Perbanyak minum air

Hal yang tak kalah penting adalah soal dehidrasi. Sebab, selama umrah, iklim yang panas dapat membuat cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak dari biasanya.

Tubuh pun tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, mulai dari melubrikasi persendian dan mata, membantu melancarkan pencernaan, hingga menjaga kesehatan kulit. Dehidrasi juga dapat mengganggu fungsi kerja ginjal.

Hindari timbulnya dehidrasi dengan rajin meminum air mineral dan menjauhkan diri dari jenis minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, minuman energi atau soda, yang meningkatkan risiko dehidrasi.

Saat buang air kecil, jangan lupa perhatikan warna air seni Anda. Jika warnanya keruh atau gelap, tandanya Anda harus memperbanyak minum air mineral.

3. Lakukan pemeriksaan sebelum berangkat

Sebelum berangkat, kemungkinan Anda akan diminta melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan. Jangan lupa untuk menjalaninya dengan tekun. Jika ada masalah kesehatan tertentu, sebaiknya diskusikan dengan dokter sebelum keberangkatan, sehingga perjalanan berlangsung dengan lancar.

4. Perhatikan asupan nutrisi selama umrah

Setelah tiba di tanah suci, iklim yang panas dapat menjadi tantangan khusus. Oleh sebab itu, perhatikan asupan nutrisi dengan makan sesuai waktunya. Jenis makanan yang bebeda mungkin kurang cocok di lidah Anda. Namun tetap usahakan untuk mendapat nutrisi yang cukup lewat makanan.

Nutrisi yang baik menjaga Anda tetap kuat beraktivitas. Jangan lupa untuk memerhatikan kebersihan dengan mencuci tangan sebelum makan untuk mencegah timbulnya gangguan pencernaan.

5. Cukup istirahat

Saat melakukan perjalanan umrah, perhatikan waktu istirahat Anda. Terkadang, kegembiraan setelah tiba di tanah suci membuat Anda enggan tidur.

Manfaatkan waktu yang ada untuk beristirahat, sehingga tubuh tidak mudah lelah dan sakit. Agar terhindar dari penyakit menular, sebaiknya tidak berdekatan dengan jemaat haji lainnya yang sedang sakit.

6. Gunakan popok dewasa yang nyaman

Saat menjalankan ibadah umrah, ketahanan fisik akan cukup diuji hingga dapat membuat tubuh kelelahan. Selain itu, bagi orang tua atau kaum lanjut usia, tantangan lainnya adalah menangani inkontinensia atau ketidakmampuan menahan keinginan buang air kecil.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan popok dewasa adalah solusi yang tepat. Hal ini untuk membantu agar orang tua Anda tetap fokus dan nyaman selama beribadah umrah.

Dengan menjaga kebugaran tubuh melalui kiat-kiat di atas, perjalanan umrah tentunya dapat dilalui dengan lancar dan sehat. Bagi Anda yang bepergian bersama orang tua, rekomendasikan penggunaan popok dewasa untuk mendapatkan kenyamanan ekstra. Selamat menjalani ibadah umrah!

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar