Sukses

Kenali Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih mempunyai dampak yang fatal jika tidak segera diatasi. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui penyebabnya.

Klikdokter.com, Jakarta Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi pada saluran kencing yang meliputi ginjal, ureter,kandung kemih, dan uretra. Semua bagian dari saluran kemih tersebut bisa mengalami infeksi.

Infeksi saluran kemih dibagi menjadi dua bagian yaitu:

1. Saluran kencing bagian atas yang terdiri dari ginjal dan ureter.

Infeksi pada saluran kemih bagian atas biasanya mengenai ginjal atau dalam bahasa medis disebut pielonefritis.Infeksi ini dapat menyebabkan demam, menggigil, mual, muntah, dan gejala lainnya.

2. Saluran kemih bagian bawah terdiri dari kandung kemih dan uretra.

Infeksi pada saluran kemih bagian bawah dapat mengenai uretra atau dalam bahasa medis disebut uretritis. Infeksi saluran kemih bagian bawah juga dapat terjadi pada kandung kemih,atau dalam bahasa medis disebut sistitis.

Penyebab dari sebagian besar kasus infeksi saluran kemih adalah bakteri Escherichia coli atau E. Coli yang umumnya hidup di saluran cerna. Kemungkinan bakteri ini masuk ke dalam saluran kemih ketika Anda kurang menjaga kebersihan alat kelamin.Akibatnya bakteri dari anus (bagian dari saluran cerna) bisa menyentuh saluran kemih.

Infeksi saluran kemih juga bisa terjadi bila Anda sering menahan buang air kecil. Karena bakteri yang seharusnya dikeluarkan melalui urine kemudian menumpuk di saluran kemih karena Anda menahan kencing. Hal ini biasa terjadi pada saat Anda bepergian dan kesulitan menemukan toilet atau toilet yang tersedia tenyata kotor.

Agar tidak terkena infeksi saluran kemih, ada baiknya Anda menggunakan popok dewasa untuk menampung urine sementara. Jangan terbiasa menahan buang air kecil, karena dapat menimbulkan masalah kesehatan lain di kemudian hari.

Selain kasus diatas, infeksi saluran kemih juga bisa disebabkan oleh berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual.Ya, penularan penyakit infeksi ini lebih mudah terjadi terjadi jika Anda memiliki kebiasaan tersebut.

Infeksi saluran kemih bisa menyerang siapapun, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Meski demikian, beberapa orang mempunyai risiko lebih tinggi terhadap infeksi ini, seperti penderita diabetes, pengguna kateter, wanita hamil, kaum lansia, mereka yang sering berganti pasangan, dan wanita yang telah menopause.

Ketika terjadi, penyakit infeksi saluran kemih dapat mengganggu aktivitas harian. Karena itu, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan area kelamin – khususnya jika Anda termasuk orang yang memiliki risiko tinggi terhadap infeksi ini.Bila perlu, gunakan bantuan seperti popok khusus dewasa.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar