HomeIbu Dan anakIbu MenyusuiTips Agar Menyusui di Tempat Umum Terasa Nyaman
Ibu Menyusui

Tips Agar Menyusui di Tempat Umum Terasa Nyaman

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 08 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ibu mungkin merasa risi ketika harus menyusui di tempat umum. Bagaimana caranya agar ibu tetap aman dan nyaman saat menyusui bayi di tempat umum?

Tips Agar Menyusui di Tempat Umum Terasa Nyaman

Menyusui bukanlah hal tabu di zaman sekarang. Kampanye air susu ibu (ASI) eksklusif disosialisasikan di berbagai tempat. Ibu menyusui punya hak untuk memberikan ASI kepada buah hatinya di mana saja dan kapan saja.

Namun tak jarang, ibu menyusui merasa risi untuk memberikan ASI di tempat umum. Risi karena merasa payudaranya bisa terlihat oleh orang lain atau tidak nyaman dengan tatapan orang lain. Apakah Anda juga pernah merasakan hal tersebut?

Hal utama yang harus diyakini oleh ibu menyusui adalah ASI merupakan hak bayi.  Karena itu, prioritaskan pemberian ASI di mana pun dan kapan pun bayi Anda memerlukannya. 

Ketahui juga bahwa negara Indonesia melalui Undang-Undang Kesehatan pasal 128 menyatakan dukungan dan perlindungannya untuk ibu menyusui. Agar menyusui di tempat umum tetap menjadi momen yang sama nyamannya dengan menyusui di rumah, lakukan kiat-kiat berikut ini.

1. Gunakan Pakaian yang Memudahkan untuk Menyusui

Gunakan pakaian khusus untuk ibu menyusui saat bepergian. Pakaian ini biasanya memiliki ritsleting atau kancing di daerah payudara untuk memudahkan Anda saat menyusui bayi. Sebagai alternatif, gunakan pakaian yang memiliki kancing depan, sehingga dengan membuka 2–3 kancing, Anda sudah dapat menyusui si Kecil.

2. Gunakan Bra Menyusui

Selain memilih pakaian yang tepat, menggunakan bra menyusui juga dapat membantu ibu agar memberikan ASI terasa nyaman. Bra menyusui biasanya memiliki bukaan depan sehingga salah satu cup-nya dapat dibuka dengan mudah ketika ibu hendak memberi ASI.

Artikel Lainnya: Lakukan 4 Hal Ini agar Masa Menyusui Terasa Menyenangkan

3. Kenali Letak Lokasi Ruang Menyusui (Nursing Room)

Sebagian ruang publik di kota besar sudah dilengkapi dengan ruangan untuk menyusui. Saat bepergian, kenalilah lokasinya dan lakukan survei singkat ke ruangan tersebut. Bila ruangan cukup nyaman, Anda bisa bergegas ke sana saat hendak menyusui.

4. Gunakan Nursing Cover

Jika tak ada ruang menyusui atau ruangan menyusui tak nyaman, Anda tetap dapat memberikan ASI kepada bayi di ruang terbuka dengan menggunakan nursing cover, yaitu kain penutup saat menyusui. Jika tak membawa nursing cover, kain gendongan bayi pun dapat digunakan untuk menutupi proses menyusui.

5. Bawa Bantal Kecil

Pada usia bayi muda, kadang sulit menemukan posisi menyusui yang nyaman tanpa adanya penyangga untuk membantu menahan tangan Ibu saat menimang si kecil. 

Maka itu, bawalah bantal menyusui ukuran kecil saat bepergian yang bisa memudahkan Anda untuk menemukan posisi nyaman saat menyusui bayi.

6. Berikan Bayi ASI Sebelum Kelaparan

Bayi yang kelaparan cenderung rewel. Biasanya dalam keadaan lapar dan rewel, bayi enggan untuk ditutupi dengan nursing cover. Agar bayi kooperatif dan mau menyusu dengan tenang, usahakan untuk memberikan ASI sebelum si kecil lapar.

Artikel Lainnya: 5 Tips Menjaga Kebugaran untuk Ibu Menyusui 

7. Sesuaikan Jadwal Bepergian dengan Jadwal Menyusui

Apabila Anda dan bayi akan bepergian dalam waktu tak lama, sebaiknya berikan ASI kepada si kecil terlebih dahulu.

Misalnya, jika Anda dan bayi akan pergi ke mall dalam waktu 1–2 jam, maka Anda dapat menyusui bayi saat dalam perjalanan dari rumah ke mall. Kemungkinan besar, dalam 1–2 jam kemudian di mall, si kecil masih berada dalam keadaan kenyang.

8. Siapkan ASI Perah

Jika dengan melakukan semua kiat di atas Anda tetap merasa tak nyaman untuk menyusui di tempat umum, Anda dapat membawa ASI perah untuk diberikan kepada bayi. Berikan ASI perah menggunakan sendok atau gelas. ASI perah umumnya bisa bertahan dalam suhu ruangan selama sekitar dua jam.

9. Jangan Stress

Pengalaman menyusui di ruang publik tak selalu mengenakkan. Bagi beberapa ibu, rasa risi kerap menjadi hambatan meski masyarakat kini lebih familiar dengan aktivitas menyusui di tempat umum. Satu yang perlu Anda ingat, menyusui merupakan hal yang alami dan merupakan kebutuhan bagi anak.

Maka itu, ibu tidak perlu merasa stres dan tertekan saat ingin menyusui anak di tempat umum. Tentunya, lingkungan yang mendukung dapat menjadi faktor keberhasilan yang besar. Sehingga, samakan juga persepsi dengan pasangan dan keluarga lainnya mengenai aktivitas menyusui di ruang publik.

Untuk ibu menyusui, tak perlu khawatir untuk bepergian ke tempat umum bersama bayi. Karena dengan melakukan kiat-kiat di atas, menyusui di tempat umum bisa dilakukan dengan nyaman. Cari tahu tips dan informasi menyusui lainnya dengan baca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

MenyusuiIbu Menyusui

Konsultasi Dokter Terkait