Sukses

Pilihan Menu Sehat agar Anak Makin Cerdas

Banyak pilihan menu sehat yang bisa membuat anak semakin cerdas. Ini kiatnya memilih menu sehat untuk anak.

Klikdokter.com, Jakarta Menyajikan menu makan untuk si Kecil tak bisa sembarangan. Jika ingin anak yang cerdas dengan tumbuh kembang yang optimal, Anda perlu menciptakan menu sehat yang bergizi namun tetap sedap saat dinikmati.

“Memiliki anak yang sehat, aktif dan cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Selain pola stimulasi yang sesuai dan konsisten, nutrisi yang tepat dan lengkap juga sangat dibutuhkan guna membantu mengoptimalkan kecerdasan anak,” ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, menjelaskan betapa pentingnya menu sehat untuk si Kecil.

Senada dengan itu, dr. Kartika Mayasari menjelaskan bahwa nutrisi dalam makanan tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan anak, tapi juga berfungsi untuk menstimulasi otaknya. Seorang anak yang tidak diberikan makanan dengan nutrisi seimbang, akan mengalami tumbuh kembang yang terhambat dibandingkan dengan anak seusianya.

Selain itu, pemberian nutrisi yang kurang tepat juga bisa menurunkan daya konsentrasi, serta kemampuan anak dalam mempelajari dan menangkap hal-hal baru. Dampak negatif ini akan terus membekas dalam diri anak hingga menginjak usia dewasa.

Pilihan menu sehat untuk si Kecil

Agar anak semakin cerdas dan tumbuh kembangnya terus optimal, berikut beberapa pilihan menu sehat dari dr. Kartika Mayasari:

1. Sayuran

Sayuran mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Sayuran memiliki banyak warna, dan warna tersebut menggambarkan kandungan antioksidan di dalamnya.

Anda bisa memilih paprika merah, wortel, dan brokoli yang mengandung betakaroten yang dapat mendukung pertumbuhan otak. Tambahkan tomat yang kaya likopen yang berfungsi melindungi selaput otak. Anda juga bisa memilih bit yang mengandung antasianid yang mampu melindungi membran otak. Selain itu Anda juga dapat memilih bayam  yang kaya kandungan lysine dan vitamin B9 sebagai peningkat daya ingat.

2. Buah-buahan

Pilihlah buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin E tinggi, seperti alpukat dan pisang. Kedua buah tersebut sangat baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak.

3. Ikan

Ikan adalah sumber protein yang kaya omega-3, asam lemak DHA dan asam lemak EPA. Semua zat gizi tersebut turut berperan dalam membantu pertumbuhan otak anak.

Jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh anak, misalnya ikan lele, belut, baung, patin, sembilang, salmon, sarden, tuna atau ikan tak bersisik lainnya.

4. Telur dan daging

Telur dan daging juga merupakan sumber protein. Dengan mengonsumsi telur secara teratur, khususnya bagian kuning, dapat meningkatkan daya ingat pada anak. Begitu juga daging, karena daging mengandung tinggi protein, mineral dan zat besi.

5. Susu

Susu merupakan penyempurna nutrisi makanan. Si putih ini mengandung banyak protein dan vitamin B, yang berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otak sekaligus daya ingat.

6. Olahan kacang kedelai

Olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, maupun susu kedelai memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin, dan serat yang tinggi. Semua zat gizi tersebut sangat bagus untuk menunjang perkembangan otak anak, apalagi di masa emas pertumbuhannya.

Anda dapat mengombinasikan pilihan menu sehat di atas, agar kebutuhan gizi anak setiap hari terus terpenuhi. Dengan begitu, si Kecil bisa semakin cerdas dan tumbuh kembangnya terus berlangsung dengan optimal. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar