Kulit

Demam Saat Cacar Air, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

dr. Valda Garcia, 14 Feb 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kamu mengalami demam disertai lenting di kulit? Ini adalah tanda cacar air. Namun, kenapa demam bisa terjadi saat terinfeksi cacar air?

Demam Saat Cacar Air, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cacar air umum terjadi di masa anak-anak sehingga sebagian besar orang sudah pernah mengalaminya, termasuk kamu. Gejala khas cacar air akan muncul berupa lenting kemerahan berisi cairan yang menyebar ke seluruh tubuh. 

Mulanya, lenting hanya berupa ruam di kulit. Seiring waktu, ruam akan menjadi benjolan berisi cairan. Dalam beberapa hari, lenting yang diikuti rasa gatal ini dapat pecah meninggalkan bekas luka.

Selain lenting, orang yang terinfeksi cacar air sangat umum mengalami demam. Namun, tahukah kamu kenapa tubuh bisa demam saat sakit cacar air? 

Penyebab Demam Saat Kena Cacar Air

Cacar air sangat umum disertai demam. Ini adalah hal yang wajar, karena demam termasuk gejala utama dari cacar air. 

Walaupun banyak yang menganggap cacar adalah kelainan pada kulit, sebenarnya virus cacar menyebar di seluruh tubuh. Virus Varicella, yakni penyebab cacar air masuk ke tubuh melalui saluran napas dan dalam 2-4 hari virus bereplikasi (memperbanyak diri).

Selanjutnya 4-6 hari kemudian, virus menyebar ke hati, limpa, dan tempat lain untuk memperbanyak diri. Setelah satu minggu, virus kemudian menyebar ke kulit, sehingga menyebabkan lesi pada kulit. 

Virus ini juga dapat menyebar ke saluran napas, sehingga dapat menimbulkan gejala peradangan paru (pneumonia). Bahkan pada kasus berat, virus dapat menyebar ke sistem saraf dan menimbulkan gejala peradangan otak.

Penyebaran virus ke seluruh tubuh ini tentunya memicu sistem pertahanan tubuh untuk melawan virus. Tubuh pun membentuk antibodi untuk melawan virus cacar air. 

Proses perlawanan tubuh terhadap virus cacar air menyebabkan keluarnya berbagai macam sitokin, yakni zat kimia yang keluar akibat suatu peradangan. Sitokin inilah yang menyebabkan kamu mengalami demam saat terkena cacar air. 

Demam saat terkena cacar air bisa mencapai 40 derajat Celcius dan terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman. 

Cara Mengatasi Demam Saat Cacar Air

Demam saat terinfeksi cacar air bisa membuat tubuhmu menggigil dan berkeringat. Kondisi ini tentu membuatmu merasa tidak nyaman.

Jangan khawatir, kamu bisa menurunkan demam saat sakit cacar air dengan beberapa cara berikut ini:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat demam, tubuhmu lebih sering berkeringat. Keluarnya keringat adalah usaha tubuh dalam menstabilkan suhu inti yang terlalu tinggi. 

Supaya kamu tidak mengalami dehidrasi, perbanyak minum air putih. Air kelapa, jus buah, atau sup juga boleh kamu konsumsi untuk mengoptimalkan asupan cairan tubuh.

2. Gunakan Kompres Panas

Menempelkan kompres panas di dahi, bisa membantu menurunkan demam. Ini karena suhu panas kompres yang menempel di kulit, memberikan sinyal pada otak bahwa suhu tubuh sudah terlalu tinggi.

Otak yang menangkap sinyal tersebut akan mengeluarkan suhu panas melalui pori-pori kulit agar suhu tubuh menurun.

Artikel Lainnya: Cacar Air, Sebaiknya Mandi Air Hangat atau Air Dingin?

3. Minum Obat Penurun Demam

Cara paling cepat dan praktis untuk mengatasi demam saat sakit cacar air adalah dengan minum obat penurun demam. Biasanya, obat pertama untuk demam adalah paracetamol.

Baca selalu aturan pakai sebelum kamu menggunakan obat atau ikuti arahan dokter dalam mengonsumsi obat.

4. Tetap Mandi Secara Rutin

Ada rumor yang beranggapan jika mandi bisa memperparah lenting cacar. Faktanya, hal ini tidaklah benar. Kamu tetap harus mandi secara rutin.

Mandi menjaga kulit tetap bersih dan mencegah terjadinya infeksi pada luka terbuka. Kamu bisa mandi menggunakan air hangat suam-suam kuku. 

Segera periksa ke dokter jika cara mengatasi demam akibat cacar air di atas tidak efektif. Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi seputar cacar air di aplikasi KlikDokter. Menariknya, kamu juga bisa melakukan konsultasi di aplikasi KlikDokter menggunakan layanan Tanya Dokter.

Cacar air adalah penyakit menular. Untuk itu, selalu #JagaSehatmu agar terhindar dari penularannya!

(APR/NM)


kulitVaricella ZosterDemamCacar AirBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait