Sukses

Deretan Makanan dan Minuman Pemicu Batu Ginjal

Yuk, batasi jenis makanan dan minuman ini untuk mencegah batu ginjal!

Batu ginjal bisa terjadi karena adanya penumpukan mineral dan garam di dalam ginjal. Makanan dan minuman tertentu mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan kristal di dalam organ ginjal dan terkadang menyakitkan.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, sekitar 1 persen masyarakat Indonesia ternyata menderita penyakit batu ginjal.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekali Anda terkena batu ginjal, maka ada kemungkinan sebesar 50 persen penyakit batu ginjal akan kembali menyerang Anda. Biasanya dalam jangka waktu 10 tahun.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menghindari konsumsi yang berlebihan dari beberapa makanan dan minuman penyebab batu ginjal berikut ini:

1 dari 5 halaman

1. Teh Hitam

Makanan tidak menjadi penyebab utama batu ginjal. Minuman tertentu juga berpotensi menyebabkan penyakit ini.

Batu ginjal terbentuk ketika urine mengandung banyak kalsium oksalat dan asam urat yang kemudian dapat membentuk batu di dalam ginjal. Bahkan, sebanyak 80 persen  batu ginjal terbentuk dari kalsium oksalat. 

Ternyata kalsium oksalat ini yang banyak ditemukan pada teh hitam. Oleh sebab itu, konsumsi teh hitam berlebihan dapat memicu batu ginjal. 

Artikel Lainnya: Mengenali Tanda-tanda Batu Ginjal

2. Makanan Asin

Makanan yang asin juga merupakan makanan penyebab batu ginjal karena memiliki kadar sodium yang tinggi. Peningkatan kadar natrium di dalam urine dapat menghambat absorpsi kalsium ke dalam tubuh. Akibatnya, terjadilah penumpukan kalsium di dalam urine. 

Jadi, sebaiknya jauhkan keripik dan camilan asin dari keseharian Anda. Gantilah makanan pemicu batu ginjal tersebut menjadi kudapan sehat, seperti buah atau kacang-kacangan.

2 dari 5 halaman

3. Makanan Olahan

Makanan penyebab batu ginjal berikutnya adalah makanan olahan (processed food), seperti makanan cepat saji, makanan kalengan, dan makanan dalam kemasan.

Karenanya, batasi konsumsi makanan olahan sebagai menu makanan Anda sehari-hari. 

Selain itu, makanan cepat saji dan makanan kalengan juga memiliki kandungan sodium yang tinggi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kadar sodium yang tinggi dapat menyebabkan terbentuknya batu. 

Artikel Lainnya: Batu Ginjal Penyakit Kambuhan, Mitos atau Fakta?

4. Makanan Tinggi Oksalat

Makanan seperti bayam, kacang kedelai, ubi, tempe, dan tahu sebenarnya adalah makanan yang sehat. Tentu saja apabila dikonsumsi dalam batas yang wajar.

Meski demikian, apabila dikonsumsi secara berlebihan, deretan makanan tinggi oksalat tersebut dapat menjadi makanan pemicu batu ginjal.

Selain beberapa makanan di atas, kopi juga mengandung zat oksalat. Jadi, untuk berjaga-jaga, batasilah konsumsi kopi Anda. 

3 dari 5 halaman

5. Daging

Daging mengandung protein hewani yang memiliki manfaat bagi tubuh Anda. Namun, daging juga termasuk makanan penyebab batu ginjal.

Terlalu banyak mengonsumsi daging ternyata dapat menyebabkan urine Anda menjadi asam. Kondisi ini kemudian dapat membuat Anda rentan untuk terkena batu ginjal jenis asam urat. 

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein hewani ini. Namun, asupan daging juga perlu dibatasi, terlebih jika Anda sudah memiliki riwayat batu ginjal.

6. Telur

Selain daging, telur menjadi sumber protein hewani lainnya. Oleh karenanya, telur termasuk makanan penyebab batu ginjal yang konsumsinya harus Anda batasi.

Artikel Lainnya: 6 Kondisi yang Dapat Memicu Batu Ginjal

Jika dikonsumsi terlalu banyak, telur dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Sebab, protein tinggi hewani umumnya tinggi akan purin. 

4 dari 5 halaman

7. Minuman Bersoda

Minuman bersoda adalah salah satu penyebab batu ginjal. Minuman ini mengandung asam fosfat yang tinggi sehingga membuat ginjal bekerja ekstra untuk mengolahnya. Lalu, asam fosfat juga dapat bereaksi dengan kalsium dan memicu batu ginjal.

Bagi Anda yang sering mengonsumsi minuman bersoda, ubahlah kebiasaan tersebut. Mulailah menjalankan pola hidup sehat dengan mengonsumsi lebih banyak air mineral setiap hari demi mencegah terjadinya batu ginjal.

8. Pemanis Buatan

Minuman dan makanan yang buruk untuk ginjal salah satunya adalah yang mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan membuat ginjal Anda bekerja lebih lebih keras saat diolah. Hal inilah yang berisiko menimbulkan terbentuknya batu.

Selain dapat memicu batu ginjal, pemanis buatan juga dapat dengan cepat meningkatkan berat badan Anda dan memicu penyakit diabetes. Oleh karena itu, batasilah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.

Demikian beberapa jenis makanan dan minuman penyebab batu ginjal. Karena itu, perhatikanlah konsumsinya agar tidak terlalu berlebihan karena dapat menjadi pemicu batu ginjal. 

Untuk mencegah terkena batu ginjal, Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih, minimal 8-12 gelas dalam sehari. Pasalnya, air putih dapat memecah mineral penyebab batu sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh melalui urine.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar