Ginjal dan Saluran Kemih

Deretan Makanan dan Minuman Pemicu Batu Ginjal

dr. Theresia Rina Yunita, 24 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan dan minuman berikut ini dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Mari ketahui apa saja asupan tersebut.

Deretan Makanan dan Minuman Pemicu Batu Ginjal

Batu ginjal bisa terjadi karena adanya penumpukan mineral dan garam di dalam ginjal. Makanan dan minuman tertentu mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan kristal di dalam organ ginjal dan terkadang menyakitkan.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, sekitar 1 persen masyarakat Indonesia ternyata menderita penyakit batu ginjal.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekali Anda terkena batu ginjal, maka ada kemungkinan sebesar 50 persen penyakit batu ginjal akan kembali menyerang Anda. Biasanya dalam jangka waktu 10 tahun.

Karena itu, ada baiknya Anda menghindari konsumsi yang berlebihan dari beberapa makanan dan minuman penyebab batu ginjal berikut ini:

1. Teh Hitam

Makanan tidak menjadi penyebab utama batu ginjal. Minuman tertentu juga berpotensi memicu penyakit ini.

Batu ginjal terbentuk ketika urine mengandung banyak kalsium oksalat dan asam urat, yang kemudian dapat membentuk batu di dalam ginjal. Bahkan, sebanyak 80 persen batu ginjal terbentuk dari kalsium oksalat. 

Ternyata kalsium oksalat ini banyak ditemukan pada teh hitam. Oleh sebab itu, konsumsi teh hitam berlebihan dapat mencetuskan batu ginjal. 

Artikel Lainnya: Ciri dan Tanda Sakit Pinggang Akibat Batu Ginjal

2. Makanan Asin

Makanan asin termasuk makanan penyebab batu ginjal, karena memiliki kadar sodium yang tinggi. Peningkatan kadar natrium di dalam urine dapat menghambat absorpsi kalsium ke dalam tubuh. Akibatnya, terjadilah penumpukan kalsium di dalam urine. 

Jadi, sebaiknya jauhkan keripik dan camilan asin dari keseharian Anda. Gantilah makanan tersebut dengan kudapan yang lebih sehat, seperti buah atau kacang-kacangan.

3. Makanan Olahan

Makanan penyebab batu ginjal berikutnya adalah makanan olahan (processed food), seperti makanan cepat saji, makanan kalengan, dan makanan dalam kemasan.

Oleh sebab itu, batasi konsumsi makanan olahan sebagai menu makanan Anda sehari-hari. 

Selain itu, makanan cepat saji dan makanan kalengan juga memiliki kandungan sodium yang tinggi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kadar sodium yang tinggi dapat memicu terbentuknya batu. 

4. Makanan Tinggi Oksalat

Bayam, kacang kedelai, ubi, tempe, dan tahu sebenarnya adalah makanan yang sehat. Tentu saja apabila dikonsumsi dalam batas yang wajar.

Meski demikian, apabila dikonsumsi secara berlebihan, deretan makanan tinggi oksalat tersebut dapat menyebabkan batu ginjal. 

Artikel Lainnya: Wajib Tahu, Ini Perbedaan Batu Empedu dan Batu Ginjal!

5. Daging

Daging mengandung protein hewani yang memiliki manfaat bagi tubuh Anda. Namun bila dikonsumsi berlebih, daging bisa menjadi makanan penyebab batu ginjal.

Terlalu banyak mengonsumsi daging bisa membuat urine Anda menjadi asam. Kondisi ini kemudian dapat membuat Anda rentan untuk terkena batu ginjal jenis asam urat

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein hewani ini. Namun, asupan daging juga perlu dibatasi, terlebih jika Anda sudah memiliki riwayat batu ginjal.

6. Telur

Telur juga bisa menjadi makanan penyebab batu ginjal jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Hal ini karena protein tinggi hewani umumnya tinggi akan purin. 

7. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang tinggi sehingga membuat ginjal bekerja ekstra untuk mengolahnya. Lalu, asam fosfat juga dapat bereaksi dengan kalsium dan memicu batu ginjal.

Bagi Anda yang sering mengonsumsi minuman bersoda, ubahlah kebiasaan tersebut. Mulailah menjalankan pola hidup sehat dengan mengonsumsi lebih banyak air mineral setiap hari demi mencegah terjadinya batu ginjal.

Artikel Lainnya: Deretan Penyebab Batu Ginjal yang Jarang Diketahui

8. Pemanis Buatan

Pemanis buatan membuat ginjal Anda bekerja lebih keras saat diolah. Hal inilah yang berisiko membentuk batu.

Selain bisa memicu batu ginjal, pemanis buatan juga dapat dengan cepat meningkatkan berat badan Anda dan menyebabkan penyakit diabetes.

9. Kopi

Kopi mengandung zat oksalat sehingga berpotensi menyebabkan batu ginjal. Selain itu, kopi bersifat diuretik yang bisa membuat tubuh berisiko mengalami dehidrasi

10. Makanan Berlemak

Makanan berlemak memicu obesitas. Dari penelitian diketahui bahwa obesitas dan penambahan berat badan meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

Perlu Anda ketahui, besarnya peningkatan risiko mungkin lebih besar pada wanita daripada pria.

Demikian beberapa jenis makanan dan minuman penyebab batu ginjal. Mulai saat ini, perhatikanlah konsumsinya agar tidak terlalu berlebihan karena dapat menjadi pemicu batu ginjal.

Untuk mencegah terkena batu ginjal, Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih, minimal 8-12 gelas dalam sehari. Pasalnya, air putih bisa memecah mineral penyebab batu sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh melalui urine.

Bila memerlukan konsultasi dengan dokter terkait batu ginjal, Anda dapat menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

ginjalBatu Ginjal

Konsultasi Dokter Terkait