Sukses

Jangan Lewatkan Manfaat Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis memberikan banyak sekali manfaat, mulai dari fungsi otak hingga jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Selain puasa Ramadan, di Indonesia banyak juga yang melakukan metode puasa Senin Kamis. Sesuai namanya, puasa ini hanya dijalankan di hari Senin dan Kamis. Jika Anda salah satu yang rutin menerapkan puasa ini, beruntunglah Anda karena ada begitu banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh.

Secara umum puasa tidak hanya memberikan manfaat spiritual, tapi juga manfaat kesehatan bagi seseorang yang menjalankannya. Puasa Senin Kamis termasuk dalam kategori puasa yang dilakukan secara berselang. Berikut beberapa manfaat bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan ketika menjalankan puasa secara berselang:

1. Menurunkan berat badan

Saat berpuasa, tentu asupan Anda lebih sedikit dibanding orang yang tidak berpuasa. Kondisi ini dapat membantu menurunkan berat badan bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Saat puasa, terjadi penurunan kadar hormon insulin, hormon pertumbuhan, dan hormon norepinefrin. Keadaan ini dapat merangsang pembakaran lemak di dalam tubuh untuk dijadikan sumber energi. Pembakaran lemak tersebutlah yang memengaruhi dalam proses penurunan berat badan.

Perlu Anda ketahui pula bahwa puasa dalam waktu singkat dapat meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh hingga 3,6–14%. Artinya, pembakaran kalori pun menjadi lebih cepat.

2. Meningkatkan fungsi otak

Saat berpuasa dilakukan secara berselang, tubuh akan meningkatkan pertumbuhan dari sel saraf yang baru. Dengan demikian, fungsi otak juga lebih meningkat.

Selain itu, kadar hormon otak bernama brain-derived neurotrophic factor (BDNF) akan meningkat saat puasa. Kekurangan hormon tersebut dihubungkan dengan kejadian depresi dan masalah gangguan pada otak lainnya. Hormon BDNF ini diduga juga berperan dalam melindungi otak dari penyakit, seperti Alzheimer dan Parkinson.

3. Menyusutkan risiko kanker

Puasa dipercaya dapat menurunkan risiko seseorang untuk mengalami kanker. Pada sebuah penelitian yang dilakuka terhadap hewan, puasa yang dilakukan secara berselang dapat membantu dalam upaya pencegahan kanker. Sedangkan penelitian pada manusia masih harus dilakukan dan didalami lebih lanjut.

Di samping itu, berpuasa dapat menurunkan berbagai macam efek samping kemoterapi pada penderita kanker yang berpuasa.

4. Melindungi organ jantung

Puasa yang dilakukan secara berselang dapat membantu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida, dan gula darah.

Beberapa hal tersebut merupakan faktor-faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan mengalami penyakit jantung, jika tidak dikontrol dengan baik. Nah, bila faktor-faktor risiko tersebut diatasi, maka pembuluh darah akan menjadi lebih sehat.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Puasa yang dilakukan secara berselang dipercaya dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Hal ini terjadi karena puasa dapat membantu menurunkan kerusakan jaringan di dalam tubuh akibat radikal bebas. Radikal bebas juga sering dikaitkan dengan terjadinya penuaan dan penyakit-penyakit kronis.

Tak hanya itu, puasa dapat menekan mekanisme dari proses peradangan di dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat membantu tubuh dalam mencegah berbagai penyakit.

Begitu banyak manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menjalankan puasa, termasuk puasa Senin Kamis. Karenanya, puasa tidak hanya berkaitan dengan tujuan spiritual, namun bisa dijadikan cara untuk memperoleh tubuh yang lebih sehat. Namun sebelum menjalankan puasa, pastikan tubuh Anda berada dalam keadaan sehat, ya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar