Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Gelar Akademik Lebih Tinggi dari Orang Tua, Kunci Kebahagiaan Pria?

Gelar Akademik Lebih Tinggi dari Orang Tua, Kunci Kebahagiaan Pria?

Kebahagiaan bisa didapat dari berbagai aspek kehidupan. Namun, bisakah gelar akademik menjadi kunci kebahagiaan pria?

Kebahagiaan bisa didapatkan dari berbagai aspek kehidupan. Hal ini berlaku bagi pria maupun wanita. Namun, ada juga beberapa pria yang masih merasa belum menemukan kebahagiaannya, meski sudah melakukan sederet upaya. Apakah Anda salah satunya?

Tenang, hal ini tidak perlu Anda sikapi secara berlebihan. Baru-baru ini, terdapat sebuah penelitian yang secara khusus membeberkan cara membuat pria bahagia yang mungkin Anda cari selama ini. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

1 dari 3 halaman

Pengaruh Gelar Akademik bagi Kebahagiaan Pria

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford, salah satu kunci kebahagiaan pria ternyata berasal dari apakah ia dapat mengalahkan pencapaian akademik yang dimiliki orang tuanya sendiri atau tidak.

Para peneliti dari perguruan tinggi tersebut meneliti lebih dari 50.000 orang di 27 negara Eropa dan Israel untuk mengetahui bagaimana kecakapan akademis memengaruhi kesejahteraan psikologis seseorang.

Penelitian tersebut mengategorikan pendidikan ke dalam beberapa tingkatan, yakni tingkat tinggi, sedang, dan rendah.

Hasilnya, penelitian tersebut membuktikan bahwa pria yang mampu melampaui pencapaian akademik orang tuanya sendiri terbukti memiliki tingkat stres yang lebih rendah.

Artikel Lainnya: Ini Cara Bahagia Meski Dikelilingi Orang-Orang Negatif

Sebaliknya, pria yang tidak bisa mengimbangi gelar orang tuanya, atau berada jauh di bawah, akan menunjukkan tekanan psikologis yang nyata.

Lewat serangkaian tahap, penelitian tersebut membuktikan beberapa rincian penting:

  • Pria dengan pendidikan tingkat menengah, tetapi orang tuanya di tingkat atas, memiliki kemungkinan risiko sebesar 75 persen untuk tertekan ketimbang mereka yang mampu menyetarakan kedudukan.
  • Pria dengan pendidikan tingkat rendah, tetapi orang tuanya memiliki tingkat pendidikan atas, memiliki risiko sebesar 10 persen untuk mengalami perasaan tertekan.

Dari hasil penelitian tersebut dibuktikan bahwa gelar akademik seorang pria akan memengaruhi kebahagiaan seorang pria, jika pria tersebut membandingkan dengan orang tuanya. Selain itu, laki-laki cenderung menilai kesuksesan atau kegagalan berdasarkan dari kemampuan dan usaha sendiri.

2 dari 3 halaman

Kiat Membangkitkan Rasa Bahagia

Kebahagiaan merupakan hak seluruh umat manusia di dunia, tak terkecuali Anda. Perasaan tersebut dapat muncul sesuai dengan kondisi dalam diri maupun lingkungan sekitar. Bagi kaum pria, berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan agar merasa bahagia:

  • Lakukan Pekerjaan yang Anda Senangi

Pastikan untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda. Karena ketika Anda melakukannya sesuai minat, potensi dalam diri Anda juga akan berkembang. Hal ini terbukti secara efektif dalam mencapai kebahagiaan seorang pria.

Artikel Lainnya: Makanan Sehat bisa Buat Hidup jadi Lebih Bahagia, Benarkah?

  • Tentukan Tujuan Hidup dan Rencanakan Pencapaiannya

Buatlah suatu catatan, lalu tentukan apa yang ingin Anda capai selama hidup, misalnya mendapat gelar sarjana, bekerja di suatu perusahaan terkenal, membeli rumah, menikah, dll.

Setelah itu, berusahalah dengan sungguh-sungguh untuk mencapainya satu per satu. Ketika tercapai, Anda akan merasakan kebahagiaan tersendiri.

  • Lakukan Langkah-Langkah untuk Memperkaya Hidup

Perkaya hidup di sini masudnya adalah mempelajari pengetahuan lain atau menjelajahi tempat baru yang membuat Anda bisa menjajal keahlian baru, sekaligus menambah pengalaman.

Dengan demikian, hal tersebut tidak hanya memperkaya hidup, tapi juga menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pria.

  • Selalu Berpikir Positif dalam Setiap Situasi

Memiliki sikap yang positif terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kebahagiaan. Cara agar merasa bahagia yang satu ini tidaklah mudah. Anda membutuhkan latihan dan kemauan yang keras untuk mencapainya.

Artikel Lainnya: Mau Lebih Bahagia? Lakukan 6 Kebiasaan Baik Ini Setiap Pagi

  • Mintalah Pertolongan Jika Membutuhkan

Jika mengalami suatu kesulitan, misalnya dalam hal pekerjaan, jangan malu untuk meminta pertolongan kepada teman atau siapapun untuk membantu. Hal ini bisa membuat Anda bergerak maju mencapai tujuan, sehingga Anda merasa lebih bahagia.

  • Tetap Terhubung dengan Orang Lain

Seperti yang telah disebutkan di atas, kebahagiaan bisa didapatkan dari mana saja, salah satunya dengan melakukan interaksi sosial.

Cara membuat pria bahagia cukup sederhana. Hal kecil seperti berkumpul dan berbicara kepada keluarga dan teman akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Anda.

  • Selalu Bersyukur

Setiap orang memiliki suatu hal dalam hidupnya yang patut disyukuri, seperti kesehatan, keluarga, pekerjaan, dll.

Kebahagiaan akan sulit Anda capai jika Anda tidak pernah bersyukur terhadap kehidupan. Oleh karena itu, jangan lupa selalu bersyukur setiap hari demi mencapai kebahagiaan.

Tidak dimungkiri, menemukan kunci bahagia memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini karena setiap individu memiliki minat, bakat, kondisi lingkungan dan sosial masyarakat yang berbeda-beda.

Meskipun kebahagiaan pria dapat dipengaruhi oleh gelar akademik, Anda yang memiliki gelar di bawah orang tua jangan berkecil hati. Dengan melakukan berbagai upaya sekuat tenaga, bukan tak mungkin Anda akan segera menemukan kunci bahagia hari ini juga. Jadi, teruslah berusaha agar bahagia sepanjang masa tak sekadar mimpi belaka.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar