Sukses

7 Kiat Bebas Alergi yang Bikin Wajah Gatal

Wajah gatal hingga menyebabkan ruam kemerahan bisa sangat menjengkelkan dan merusak penampilan. Cegah dengan beberapa kiat ini.

Klikdokter.com, Jakarta Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut dengan alergen. Jika alergen masuk ke dalam tubuh seseorang lewat berbagai cara—baik terisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit—maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Reaksi alergi ini juga bisa terjadi pada wajah yang bisa menyebabkan gatal, bentol, bengkak, atau timbulnya ruam merah.

Alergi pada kulit dapat terjadi hanya pada satu bagian maupun seluruh tubuh. Dampaknya pun bisa berbeda-beda pada tiap orang. Kulit wajah yang gatal tentunya bisa sangat mengganggu sekaligus menjadi penghalang daya tarik seseorang, apalagi jika yang dirasakan sulit untuk dikontrol.

Beberapa penyebab kulit wajah gatal antara lain:

  • Alergi musiman. Ini merupakan penyebab terserng kulit wajah terasa gatal. Mereka yang paling sering mengalami hal ini adalah yang tinggi di negara empat musim.
  • Alergi makanan dan obat. Reaksi alergi terhadap makanan dan obat juga dapat memengaruhi kulit wajah.
  • Debu. Banyak sekali keluhan ruam merah dan gatal akibat terpapar debu, seperti debu rumah tangga.
  • Kulit kering. Kelembapan kulit yang menurun dapat menyebabkan wajah gatal.
  • Eksim. Kondisi yang lebih dari sekadar kulit kering ini merupakan rasa gatal ekstrem yang tergolong sulit diatasi.
  • Ketidakcocokan dengan kosmetik atau produk perawatan kulit. Kulit mengelupas, merah, terasa gatal, dan panas setelah memakai krim wajah atau produk kecantikan kulit lainnya? Kemungkinan besar ini adalah tanda bahwa Anda mengalami alergi terhadap produk tersebut.

Alergi pada dasarnya dapat mengancam kapan pun dan di mana pun. Munculnya rasa gatal dan kemerahan pada wajah karena alergi dapat membuat tidak nyaman hingga sulit berkonstentrasi.

Berikut ini beberapa kiat untuk mengatasinya:

1. Atasi alergi dari rumah

Debu diketahui dapat menyebabkan reaksi alergi gatal pada kulit. Debu rumah tangga misalnya, banyak menyebabkan rasa gatal ataupun timbul ruam merah jika rumah dalam keadaan kotor. Salah satu cara pertama untuk melawan alergi adalah dengan rutin membersihkan rumah dari debu. Oleh karena itu, cuci semua perlengkapan tidur, gorden, dan tirai. Bersihkan juga jendela setiap satu minggu sekali untuk meminimalkan risiko munculnya alergi.

2. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi

Anda yang memiliki riwayat alergi makanan perlu ekstra hati-hati saat makan di restoran atau membeli suatu produk makanan. Saran dari dr. Fiona Amelia, MPH, dari KlikDokter, reaksi makanan dapat dicegah dengan mengingat makanan atau bahan makanan yang membuat Anda alergi. Pastikan Anda juga selalu memeriksa label produk makanan dengan teliti.

3. Antisipasi alergi obat

Dikatakan lagi oleh dr. Fiona, untuk menghindari alergi karena obat, catatlah obat-obatan yang membuat Anda alergi, bagaimana reaksi alerginya, dan seberapa parah reaksinya. Tak hanya itu, selalu beritahukan kepada dokter atau tenaga medis lain tentang obat-obatan yang dapat memicu reaksi alergi Anda.

4. Perhatikan kosmetik atau produk perawatan kulit yang Anda pakai

Kondisi alergi atau iritasi yang terjadi pada kulit wajah akibat produk kecantikan memang dapat dan cukup sering terjadi. Produk-produk ini bisa berupa krim wajah, bedak, masker wajah, atau produk lain yang diaplikasikan atau dioles di wajah. Saran dari dr. Sepriani T. Limbong dari KlikDokter adalah, segera hentikan penggunaan produk tersebut. Untuk pertolongan pertama, lakukan kompres air matang yang didinginkan ke wajah dan mengonsumsi obat antihistamin seperti loratadin atau centrizine jika gatal.

5. Kondisi kulit yang kering

Jika Anda rasa gatal pada wajah timbul karena kulit kering, pemakaian pelembap dan cukup minum air bisa membantu menghidrasi kulit. Pilihlah pelembap khusus untuk kulit wajah kering dan sebaiknya pilih produk yang tidak menggunakan pewangi atau zat tambahan lain.

6. Olahraga secara teratur

Kata dr. Fiona, olahraga akan memperbaiki aliran darah dalam tubuh sehingga alergen lebih mudah dikeluarkan. Selain itu, adrenalin yang dikeluarkan akan mengurangi keluhan alergi lain seperti hidung tersumbat dan batuk.

7. Vitamin D

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Kopenhagen, Denmark, vitamin D dapat membantu menghindari peradangan yang dapat memicu alergi. Penuhi kebutuhan vitamin D dari makanan seperti jamur, telur, ikan salmon dan jenis ikan lainnya.

Anda dapat mencegah alergi dengan mengenali dan mengetahui faktor penyebab, gejala, dan cara mengatasinya. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Wajah gatal yang disebabkan oleh alergi bisa diatasi dengan obat-obatan. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapat obat yang tepat.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar