Sukses

Benarkah Daun Sirih Bisa Atasi Keputihan?

Daun sirih dipercaya dapat atasi keputihan. Yuk, simak penjelasaannya di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Vagina adalah organ tubuh wanita yang paling rentan. Biasanya, saat wanita merawat area kewanitaannya dengan tidak benar, maka akan terjadi masalah kesehatan, salah satunya adalah keputihan. Dari kondisi tersebut, banyak wanita yang menggunakan daun sirih untuk mengatasinya.

Keputihan disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan parasit. Penderita akan merasa gatal di bagian luar dan dalam vagina. Meskipun keputihan bukan masalah kesehatan yang serius, penyakit ini cukup mengganggu.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, keputihan biasanya bersifat normal dan tidak berbahaya. Namun, bila keputihan berbau amis, berwarna putih keabuan dan encer, Anda juga perlu lebih waspada. Apalagi bila keputihan yang dialami juga disertai rasa gatal dan nyeri saat buang air kecil.

“Secara alami, vagina memang memiliki bakteri baik maupun bakteri jahat. Namun, ketika bakteri jahat lebih banyak berkembang biak, maka infeksi bakteri dan jamur dapat terjadi.

Kiat terhindar dari keputihan

Menurut dr. Fiona Amelia, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari keputihan yang tidak normal. Berikut ini adalah kiat-kiatnya:

  1. Sering mengganti celana dalam. Lakukan hal ini, terutama bila Anda mudah berkeringat atau terasa lembap di area vagina.
  2. Hindari celana dalam terlalu ketat. Celana yang terlalu ketat atau bahan yang tidak menyerap keringat dapat memicu  terjadinya keputihan.
  3. Gunakan pantyliner. Bila perlu, gunakan produk pantyliner dan jangan lupa untuk menggantinya setiap tiga jam sekali.
  4. Bilas vagina dengan benar. Bersihkan vagina dari arah depan ke belakang, kemudian seka dengan handuk yang bersih hingga benar-benar kering.
  5. Jaga tingkat keasaman vagina. Jauhi penggunaan produk pembersih vagina secara berlebihan karena dapat mengganggu kadar keasaman pada vagina yang melindungi organ kewanitaan Anda dari kuman dan bakteri jahat.

Jika telah melakukan hal di atas dan Anda masih mengalami keputihan yang tidak normal, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Daun sirih untuk atasi keputihan

Di Indonesia sendiri daun sirih sangat populer sebagai antiseptik alami yang dinilai efektif untuk membunuh jamur, bakteri, parasit, serta mikroorganisme yang dianggap sebagai penyebab utama keputihan. Penelitian medis telah menemukan bahwa daun sirih mengandung zat untuk menyembuhkan luka, menghentikan pendarahan, menyembuhkan infeksi, dan membunuh mikroorganisme.

Apabila digunakan dalam dosis yang tepat, daun sirih sebenarnya dapat membantu membunuh kuman-kuman penyebab keputihan. Namun, sering kali penggunaan daun sirih tidaklah tepat, sehingga menimbulkan masalah baru.

Di dalam vagina terdapat bakteri Lactobacillus yang tidak membahayakan bagi kesehatan. Bakteri yang  biasa ditemukan dalam vagina ini berfungsi untuk mengatur keasaman atau pH pada vagina wanita. Dalam kondisi normal, tingkat keasaman atau pH vagina berkisar antara 3 atau 4. Apabila ada bakteri atau kuman dari luar yang sifatnya mengganggu, kuman tersebut akan mati terkena asam pada vagina.

Jadi, menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan sebenarnya boleh-boleh saja. Tapi, jangan Anda gunakan terlalu sering.

Gunakanlah hanya ketika keputihan sudah berlebihan, gatal, dan terasa panas. Karena penggunaan daun sirih yang berlebihan dapat mengganggu keasaman vagina yang melindungi vagina dari kuman atau bakteri jahat.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar