Sukses

Masker Sperma Bikin Wajah Awet Muda?

Masker sperma diyakini dapat membuat wajah terlihat awet muda. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Wajah menjadi bagian tubuh yang paling pertama diperhatikan oleh lawan bicara. Tak heran, banyak orang yang ingin membuat wajahnya selalu terlihat awet muda. Salah satu metode yang disebut-sebut efektif mewujudkan hal itu adalah masker sperma. Apa iya?

Tidak dimungkiri, masker sperma memang menjadi metode kontroversial yang dituding dapat membuat wajah terlihat lebih awet muda. Hal ini karena sperma memiliki kadar antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu menyamarkan keriput di kulit. Tak hanya itu, kandungan protein, magnesium, seng, kalsium, kalium dan fruktosa pada sperma juga diyakini memiliki efek anti-aging.

Apa kata Medis?

Menurut dr. Karin Wiradarma, sperma memang banyak mengandung zat gizi, yang jika ditelusuri satu per satu memiliki manfaat bagi kulit.

“Sperma mengandung protein, zink, magnesium, kalsium, potasium, fruktosa dan zat lain. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk menutrisi dan melembapkan kulit,” ungkapnya.

Kendati demikian, penggunaan masker sperma sebenarnya tak dianjurkan dari sisi medis. Ini karena tidak semua jenis kulit dapat bersikap “ramah” saat terpapar sperma.

“Sperma atau air mani dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Gejala yang timbul bervariasi, mulai dari ruam kemerahan, gatal, biduran, hingga dapat menimbulkan jerawat lantaran kadar testosteron (hormon pria) yang tinggi pada sperma,” kata dr. Karin.

Tak hanya itu, sperma juga dapat menjadi media penularan penyakit seperti hepatitis B, hepatitis C, HIV, AIDS, sifilis, gonore, herpes dan lainnya.

“Sperma dapat pula menimbulkan iritasi pada kulit wajah, apalagi jika terpapar dalam jumlah berlebih,” lengkap dr. Karin.

Apa solusinya?

Daripada mengandalkan masker sperma untuk mendapatkan tampilan wajah yang awet muda, lebih baik Anda melakukan sederet kiat dari dr. Theresia Rina Yunita berikut ini:

1.    Cukup tidur setiap hari

Saat Anda tidur, tubuh juga ikut beristirahat. Di saat yang sama, organ maupun sel-sel yang ada di dalam tubuh turut melakukan proses perbaikan diri alias regenerasi. Hal ini membuat kinerja seluruh anggota tubuh, termasuk kelenjar di bawah kulit, menjadi lebih optimal, sehingga risiko terjadinya kerutan maupun keadaan lain yang berhubungan dengan penuaan bisa ditekan.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, Anda dianjurkan untuk tidur paling tidak selama 8 jam setiap hari. Bila kurang dari itu, risiko timbulnya jerawat atau kulit kering menjadi semakin tinggi.

2.    Konsumsi air putih

Minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit, yang nantinya bisa membuat Anda terhindar dari penuaan dini.

Berdasarkan pemaparan dr. Theresia Rina Yunita, anjuran minum air putih setiap hari adalah sebanyak 8 gelas. Namun, jika Anda memiliki aktivitas berat atau sering berkeringat, konsumsilah air putih lebih dari jumlah tersebut.

3.    Perhatikan asupan makanan sehari-hari

Jika ingin memiliki tampilan wajah yang awet muda, pastikan Anda menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan dan jeroan. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, yang sebagian besar terdiri dari sayur dan buah-buahan segar.

Jika perlu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan. Pastikan konsumsinya sesuai dosis yang dianjurkan, ya!

4.    Hindari konsumsi alkohol dan merokok

Alkohol dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit. Sedangkan rokok mengandung ribuan zat berbahaya, yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kulit keriput, kering, kusam, dan hilang kekenyalannya.

Oleh karena itu, pastikan Anda benar-benar menghindari keduanya, agar tampilan wajah yang awet muda tak sekadar mimpi belaka.

5.    Gunakan tabir surya saat keluar rumah

Paparan sinar ultraviolet dapat merusak kolagen di kulit. Keadaan itu memicu terjadinya kerutan, flek hitam, dan masalah penuaan lainnya.

Agar Anda tidak mengalami hal tersebut, gunakanlah tabir surya, apalagi bila Anda hendak beraktivitas di bawah teriknya matahari. Anda dianjurkan untuk menggunakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF 30 atau lebih.

Nah, sekarang Anda sudah tahu fakta tentang masker sperma untuk wajah awet muda, bukan? Alih-alih bermanfaat demikian, masker sperma justru mendatangkan segudang dampak buruk bagi kesehatan kulit wajah Anda. Jadi, jangan pernah berpikir untuk mencobanya, ya!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar