Sukses

Waktu Terbaik untuk Mengenalkan Olahraga pada Anak

Olahraga adalah gaya hidup sehat yang harus diperkenalkan pada anak sejak dini. Namun, kapan waktu terbaik untuk memulainya?

Olahraga merupakan bagian dari pola hidup sehat yang sebaiknya dilakukan semua orang, termasuk anak-anak. Agar si Kecil memiliki kebiasaan hidup sehat, aktivitas positif ini harus diperkenalkan sejak dini oleh orang tua.

Berdasarkan berbagai studi, olahraga memberikan banyak manfaat bagi anak-anak, seperti meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Terlebih jika dilakukan sejak sebelum pubertas. 

Olahraga secara teratur juga dapat membuat anak terhindar dari risiko obesitas. Dikatakan bahwa olahraga tiga kali per minggu mampu menurunkan risiko obesitas pada anak sampai 31 persen. 

Tak hanya itu, berolahraga bisa membantu memaksimalkan kesehatan jantung anak. Misalnya, aerobik yang dapat menaikkan denyut jantung sehingga baik untuk peredaran oksigen di dalam tubuh. 

Olahraga aerobik juga dapat menghindarkan anak dari risiko penyakit jantung koroner ketika dewasa. Contoh olahraga aerobik yang bisa dilakukan anak meliputi bersepeda, sepak bola, berlari, atau berenang. 

Lalu, kapan waktu yang terbaik untuk mengenalkan olahraga pada anak? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Kapan Perlu Mengenalkan Olahraga pada Anak?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, olahraga pada anak-anak sebaiknya dikenalkan sejak usia dini. 

Untuk anak usia 1 hingga 4 tahun, Anda dapat mengajak anak Anda untuk berjalan, berlari, dan melompat. Anda juga bisa mengajaknya menari mengikuti irama musik kesukaannya atau melakukan gerakan senam sederhana.

Mulailah berolahraga dengan intensitas yang ringan terlebih dahulu agar tidak membebani anak.

Artikel lainnya: Olahraga Seru Ini Bisa Anda Lakukan bersama Balita

Jika tidak dibiasakan untuk berolahraga sejak dini, dikhawatirkan anak akan menjadi malas bergerak dan lebih memilih gaya hidup sedenter, yakni seperti menonton TV atau bermain game seharian. 

Tentu saja gaya hidup seperti ini akan berdampak buruk bagi kesehatan anak di kemudian hari. 

Jadi, waktu yang tepat mengenalkan olahraga pada anak adalah sedini mungkin. Bahkan pada usia 1 tahun anak sudah harus dilatih untuk aktif bergerak, tentunya dengan cara yang fun dan intensitas yang ringan. 

Durasi Olahraga yang Baik untuk Anak

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), olahraga direkomendasikan untuk anak usia sekolah (5 hingga 17 tahun) dengan durasi setidaknya 60 menit setiap hari, yang dapat dibagi hingga beberapa sesi. 

Artikel lainnya: Jenis Olahraga yang Sesuai untuk Anak Anda

Sedangkan untuk anak usia pra sekolah (3 hingga 5 tahun) disarankan untuk tetap aktif secara fisik sepanjang hari untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Sebelum mulai berolahraga, pastikan anak Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Jika perlu, berikan pakaian pelindung yang sesuai dengan olahraga yang hendak ia lakukan. 

Jangan lupa untuk menyiapkan botol minum berisi air putih yang dapat dikonsumsi oleh anak selama dan setelah berolahraga. 

Setelah itu, bersihkan diri setelah melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya, seperti mencuci tangan dan mandi dengan menggunakan sabun serta air mengalir.

Itulah penjelasan seputar waktu yang tepat untuk mengenalkan olahraga pada anak. Terdapat berbagai manfaat olahraga bagi anak-anak, seperti mengoptimalkan pertumbuhan hingga mencegah obesitas. 

Jadi, pastikan anak Anda rutin olahraga dan aktif bergerak ya! Apabila Anda memiliki pertanyaan lain seputar topik ini, gunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi dengan dokter.

[RS]

2 Komentar

  • Fik******aziduhu

    jual vinyl rumah sakit anti bakteri dan juga anti zat kimia, anti bethadine dll..tidak meninggalkan bekas harga murah, 085 28 000 2202 saran untuk ruang operasi, Ruang Laboratorium, Rawat inap dan juga bagus untuk ruang bedah. https://jualkarpetlantai.com/

  • Nit*

    ya