Sukses

6 Makanan Enak Ini Mengandung Probiotik

Dapatkan manfaat dari mengonsumsi deretan makanan sehat yang mengandung probiotik berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu bagian penting dari tubuh manusia adalah usus. Di dalamnya, terdapat mikroba yang menghasilkan asam lemak rantai pendek yang kemudian terserap ke dalam aliran darah. Sehingga, bakteri baik ini dapat mengurangi peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk memelihara bakteri baik tersebut, Anda membutuhkan asupan probiotik dalam keseharian Anda.

The International Scientific Association for Probiotics (ISAPP) menyebutkan bahwa probiotik adalah mikroorganisme dalam bentuk bakteri ataupun jamur hidup. Menurut ISAPP, apabila probiotik diberikan dalam jumlah tertentu, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya.

Selain itu, menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, probiotik juga dapat membantu menyeimbangkan komposisi bakteri di dalam tubuh. Jika terjadi ketidakseimbangan, maka Anda dapat berisiko terkena berbagai jenis penyakit, terutama di saluran cerna.

“Jika sistem kekebalan tubuh Anda tidak bekerja dengan baik, Anda akan mudah terserang penyakit, mulai dari reaksi alergi, autoimun, dan infeksi. Gangguan autoimun yang bisa terjadi akibat ketidakseimbangan bakteri adalah penyakit colitis ulseratif dan arthritis rheumatoid. Sedangkan infeksi yang biasa terjadi berupa diare, infeksi kulit, dan sebagainya,”jelasnya.

Pelihara bakteri baik dengan probiotik

Agar komposisi bakteri dalam tubuh Anda terjaga, maka Anda perlu memberi makan mikroba yang terdapat pada usus. Makanan yang dibutuhkan harus mengandung probiotik, yakni yang mengandung bakteri yang sama dengan koloni bakteri baik pada usus manusia.

Berikut ini adalah deretan makanan sehat (dan tentunya enak) yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai menu makanan untuk menjaga komposisi bakteri serta sistem kekebalan tubuh.

1. Keju cottage

Keju cottage adalah pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan perut Anda. Seperti makanan fermentasi lainnya, keju jenis ini juga memberikan probiotik, tinggi kalsium, dan penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat.

2. Tempe

Senyawa makanan yang baik bagi usus Anda terdapat pada tempe. Selain memiliki efek antiperadangan dan antitumor, tempe juga berfungsi membantu lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat.

3. Yoghurt

Makanan yang difermentasi seperti yoghurt mengandung probiotik yang berfungsi untuk memperkuat saluran pencernaan Anda. Beberapa yoghurt juga menawarkan probiotik tambahan seperti Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus casei yang dapat membantu meningkatkan bakteri baik di usus Anda.

4. Kimchi

Merupakan jenis makanan sehat yang mengandung probiotik dalam bentuk olahan sayuran kubis dan bawang putih. Kimchi tidak hanya ramah bagi usus Anda, tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko kanker.

5. Sup miso

Miso yang biasa Anda temukan di restoran Jepang ternyata mengandung sodium yang tinggi juga. Sup miso juga sangat baik bagi usus karena memiliki jumlah protein, kalsium, besi, dan magnesium yang baik bagi tubuh.

6. Keju parmesan

Saat ini banyak dijual makanan yang diberi tambahan taburan keju parmesan di atasnya. Keju parmesan yang difermentasi mengandung bakteri asam laktat yang dapat menciptakan probiotik untuk membuat usus Anda lebih sehat. Selain itu, keju juga mengandung nutrisi penting, seperti protein dan kalsium.

Untuk dapat menjalankan segudang kegiatan dan aktivitas sehari-hari dengan lancar, Anda perlu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tak mudah terjangkit penyakit. Konsumsilah jenis-jenis makanan sehat di atas untuk mendapatkan asupan probiotik bagi usus Anda. Sehingga, bakteri baik pun terjaga keseimbangannya. Yuk, konsumsi probiotik dari sekarang!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar