Sukses

Polip Bisa Picu Sakit Kepala

Dari penyakit polip, Anda dapat mengalami gangguan kesehatan lain seperti sakit kepala. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Polip adalah kondisi ketika membran mukosa Anda mengalami peradangan sehingga ukuran selnya membesar. 

Sederhananya, ada daging tumbuh yang terdapat di organ tubuh tertentu dan bisa berdampak buruk buat kesehatan Anda.

Pada polip hidung, kondisi ini terjadi karena adanya pertumbuhan selaput lendir hidung yang bersifat jinak. Oleh sebab itu, polip biasa dijumpai pada daerah sinus dan rongga hidung. 

Ada banyak gejala dari polip hidung. Salah satunya adalah sakit kepala. Mengapa polip hidung dapat memicu keluhan sakit kepala? 

Awas Sakit Kepala Akibat Polip HIdung

Pada tahap awal, polip hidung mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali. 

Namun saat ukurannya tumbuh lebih besar, Anda mungkin mengalami hidung tersumbat, batuk, hingga sakit kepala. Lalu, mengapa polip hidung dapat menjadi penyebab sakit kepala? 

Hal ini terjadi karena polip hidung menjadi faktor utama di balik penumpukan cairan pada rongga sinus. Cairan yang menumpuk ini dapat mengakibatkan sinusitis sehingga muncul sakit kepala. 

Selain itu, sakit kepala bisa terjadi karena adanya gangguan pernapasan. Ketika suplai oksigen ke dalam tubuh terganggu akibat polip hidung, maka otak akan terganggu. 

Hal itulah yang kemudian mencetuskan sakit kepala pada penderita polip hidung.

Artikel lainnya: Jenis-Jenis Sakit Kepala, dari yang Ringan hingga Mematikan

Tanda Sakit Kepala Akibat Polip 

Agak sulit untuk membedakan mana sakit kepala yang disebabkan oleh polip hidung ataupun bukan. Karena gejalanya sangat mirip seperti pada selesma, rhinitis alergi, sinusitis, dan lain sebagaianya.

Satu-satunya cara mengetahui apakah sakit kepala yang Anda alami berkaitan dengan polip hidung atau tidak hanyalah dengan melihat gejala lainnya yang menyertai. 

Selain sakit kepala, gejala polip lainnya meliputi:

  • Hidung tersumbat
  • Mimisan
  • Mengorok
  • Penciuman berkurang
  • Hidung meler
  • Post-nasal drip (cairan yang keluar dari lubang hidung belakang)

Artikel lainnya: Hindari Hal Ini Saat Dilanda Sakit Kepala!

Jika mengalami gejala-gejala di atas, Anda perlu mencurigai penyebabnya adalah polip hidung. Cara mengetahuinya dengan pasti adalah memeriksakan langsung ke dokter spesialis THT. 

Penanganan polip hidung tergantung pada kondisi masing-masing orang. Apabila terdapat faktor risiko alergi, orang tersebut harus menghindari alergen pemicunya.

Obat semprot hidung digunakan untuk mengurangi gejala yang mengganggu, mengurangi kekambuhan, dan mengecilkan ukuran polip itu sendiri. 

Selain dengan obat-obatan, polip hidung juga dapat ditangani dengan jalan operasi. Namun, polip hidung rawan muncul kembali meskipun telah dioperasi.

Polip, khususnya polip hidung, dapat memicu terjadinya sakit kepala. Hal ini dikarenakan penumpukan cairan serta kurangnya suplai oksigen ke otak. 

Untuk penanganan yang tepat dan memperlambat kekambuhan, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai polip hidung atau sakit kepala, konsultasikan dengan dokter di Live Chat KlikDokter

[RS]

1 Komentar