Sukses

Polip Bisa Picu Sakit Kepala

Dari penyakit polip, Anda dapat mengalami gangguan kesehatan lain seperti sakit kepala. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Klikdokter.com, Jakarta Polip adalah kondisi ketika membran mukosa Anda mengalami peradangan sehingga ukuran selnya membesar. Sederhananya, ada daging tumbuh yang terdapat di organ tubuh tertentu dan bisa berdampak buruk buat kesehatan Anda.

Berdasarkan letak tumbuhnya, polip terbagi menjadi polip usus besar, polip rahim, dan polip hidung. Khusus untuk polip hidung, hal itu terjadi karena adanya pertumbuhan selaput lendir hidung yang bersifat jinak.

Polip hidung umumnya tumbuh di daerah selaput lendir yang membengkak akibat penumpukan cairan. Oleh sebab itu, polip biasa dijumpai pada daerah sinus dan rongga hidung. Polip hidung dapat mengakibatkan gangguan seperti hidung tersumbat, seperti yang dijelaskan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

“Penyebab hidung tersumbat sangat bervariasi, mulai dari alergi hingga infeksi. Penyebab lain dari sumbatan di hidung adalah polip hidung atau pembengkakan selaput hidung,” ujarnya.

Gejala polip hidung terkadang menyerupai penyakit lain sehingga tidak langsung disadari. Untuk lebih jelas, begini gejala polip hidung:

  • Hidung tersumbat
  • Mimisan
  • Sakit kepala
  • Mengorok
  • Penciuman berkurang
  • Hidung meler
  • Post-nasal drip (cairan yang keluar dari lubang hidung belakang)

Dari gejala di atas, diketahui bahwa polip hidung dapat menyebabkan sakit kepala. Ya, hal tersebut sangat mungkin terjadi karena adanya satu dan dua alasan yang mewakili. Meski kadang rasa peningnya hanya sepintas, namun jangan sampai sakit kepala akibat polip hidung diabaikan.

Sakit kepala akibat polip hidung

Dari sekian banyak penyebab sakit kepala, polip hidung merupakan salah satunya. Hal ini terjadi karena polip hidung menjadi faktor utama di balik penumpukan cairan pada rongga sinus. Ditambah dengan cairan yang terus menumpuk hingga menjadi area berkembangnya bakteri. Hal ini perlahan akan memengaruhi kinerja otak sehingga membuat sakit kepala.

Selain itu, sakit kepala bisa terjadi karena adanya gangguan pernapasan. Ketika suplai oksigen ke dalam tubuh terganggu akibat polip hidung, maka otak akan terganggu. Hal itulah yang kemudian menyebabkan sakit kepala pada penderita polip hidung.

Gejala polip hidung dapat dirasakan di kedua lubang hidung maupun di salah satu lubang hidung saja. Walau jinak, Anda tetap harus melakukan pengobatan yang tepat untuk kondisi ini.

Polip hidung, jinak tapi berbahaya

Keadaan yang dapat memicu peradangan pada permukaan selaput lendir dalam jangka waktu lama seperti asma, rinitis alergi dan intoleransi terhadap aspirin, dapat menyebabkan timbulnya polip hidung. Oleh karena itu, meski polip hidung jinak, ia nyatanya dapat mengundang penyakit lain yang tentu bakal menurunkan kualitas hidup Anda.

Penanganan polip hidung tergantung pada kondisi masing-masing individu dan perbedaan kasusnya. Apabila terdapat faktor risiko alergi, orang tersebut harus menghindari alergen pemicunya.

Obat semprot hidung digunakan untuk mengurangi gejala yang mengganggu, mengurangi kekambuhan, dan mengecilkan ukuran polip itu sendiri. Selain dengan obat-obatan, polip hidung juga dapat ditangani dengan jalan operasi. Namun, polip hidung rawan muncul kembali meskipun telah dioperasi.

Polip, khususnya polip hidung, dapat memicu terjadinya sakit kepala. Hal ini dikarenakan penumpukan cairan serta kurangnya suplai oksigen ke otak. Untuk penanganan yang tepat dan memperlambat kekambuhan, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar