Diet dan Nutrisi

Efektifkah Air Kelapa untuk Sembuhkan Diare?

dr. Kartika Mayasari, 14 Apr 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Air kelapa dianggap manjur untuk mengatasi diare. Ini faktanya!

Efektifkah Air Kelapa untuk Sembuhkan Diare?

Air kelapa mempunyai banyak manfaat. Salah satu yang sering orang dengar adalah dapat menyembuhkan diare. Namun, apa kata medis soal manfaat air kelapa untuk diare?

Jawabannya adalah tidak benar. Air kelapa tidak dapat mengatasi diare secara keseluruhan. Yang tepat adalah air kelapa efektif untuk mengatasi dehidrasi yang timbul saat diare. 

Minum Air Kelapa saat Diare Sembuhkan Dehidrasi

Saat diare, kondisi yang sangat ditakutkan adalah dehidrasi akibat terlalu banyak kehilangan cairan dan elektrolit.

Seperti yang Anda ketahui, diare dapat membuat orang terus-menerus buang air besar dan air kecil, sehingga banyak cairan yang keluar dari tubuh.

Oleh karena itu, pengobatan pertama untuk diare adalah memenuhi cairan tubuh agar tidak terjadi dehidrasi yang fatal.

Nah, di sinilah minum air kelapa saat diare sangat dianjurkan. Bukan untuk menyembuhkan diarenya, tetapi untuk mencegah dehidrasi yang rentan terjadi saat diare.

Apa Sebenarnya Dehidrasi?

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kekurangan cairan sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal. Kondisi ini 

Dehidrasi muncul ketika air dan elektrolit yang keluar dari tubuh melebihi jumlah yang masuk.

Ada berbagai hal yang menyebabkan cairan keluar dari dalam tubuh. Bisa karena aktivitas, atau karena penyakit tertentu seperti demam dan diare.

Gejala yang timbul ketika dehidrasi meliputi:

  • Rasa haus yang melebihi biasanya
  • Kulit kering
  • Mata kering
  • Bibir dan mulut kering
  • Nyeri kepala
  • Rasa lelah berlebih
  • Frekuensi buang air kecil menurun
  • Urine berwarna kuning pekat
  • Mata cekung
  • Tekanan darah menurun

Manusia sebenarnya dapat menoleransi penurunan cairan dan elektrolit hingga 3–4% tanpa ada gangguan kesehatan.

Akan tetapi, jika penurunan cairan mencapai 5–8%, maka dapat menyebabkan lelah, pusing dan berbagai gejala tersebut di atas.

Sementara itu, jika terjadi penurunan kadar cairan lebih dari 10%, yang akan terjadi adalah penurunan kesadaran hingga kematian.

Artikel Lainnya: 4 Kandungan Air Kelapa yang Anda Perlu Tahu

Karena dampak dehidrasi yang berbahaya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasinya dengan segera. Salah satu caranya adalah dengan minum air kelapa. 

Mengapa Air Kelapa Bisa Atasi Dehidrasi?

Air kelapa sangat kaya akan elektrolit. Ini menjadikannya baik untuk diminum pada kondisi dimana tubuh mengeluarkan banyak cairan dan elektrolit.

Elektrolit yang ada di dalam air kelapa, antara lain sodium, magnesium, potasium dan kalsium. Jumlah kandungan elektrolit dalam air kelapa lebih tinggi dibandingkan air putih biasa.

Bahkan, air kelapa memiliki kandungan potasium 4 kali lebih tinggi dari 4 buah pisang! Tak heran jika air kelapa bisa menggantikan elektrolit yang hilang serta mengembalikan stamina setelah olahraga.

Namun, satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah: bila dehidrasi terjadi karena diare, jangan menunda untuk menemui dokter. Karena, air kelapa tidak bisa mengatasi diare yang Anda alami.

Pada dasarnya, air kelapa hanya digunakan untuk menangani dehidrasi ringan dan sedang yang terjadi karena diare. Untuk dehidrasi berat, harus segera diatasi dengan terapi cairan di rumah sakit.

Jadi, fungsi air kelapa untuk diare bukanlah untuk menyembuhkan penyakit, tapi hanya bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi yang terjadi akibat penyakit tersebut.

Nah, jika Anda ingin menyembuhkan diare, lebih baik berobat ke dokter. Anda juga bisa bertanya seputar diare dan minum air kelapa pada dokter dari KlikDokter di sini.

[RS/ RVS]

DiareAir KelapaDehidrasi

Konsultasi Dokter Terkait