Sukses

Efektifkah Air Kelapa untuk Sembuhkan Diare?

Air kelapa dianggap manjur untuk mengatasi diare. Ini faktanya!

Klikdokter.com, Jakarta Air kelapa mempunyai banyak manfaat. Salah satu khasiatnya yang sering orang dengar adalah dapat menyembuhkan diare. Apa benar demikian?

Jawabannya adalah tidak benar. Air kelapa tidak dapat mengatasi diare secara keseluruhan. Yang tepat adalah air kelapa efektif untuk mengatasi dehidrasi yang timbul saat diare. 

Saat diare, kondisi yang sangat ditakutkan adalah dehidrasi akibat terlalu banyak kehilangan cairan dan elektrolit. Seperti yang Anda ketahui, diare dapat membuat orang terus-menerus buang air besar dan buang air kecil, sehingga banyak cairan yang terbuang. Karena itu, pengobatan pertama untuk diare adalah memenuhi cairan tubuh penderita agar tidak terjadi dehidrasi yang fatal.

Di sinilah air kelapa sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita diare. Bukan untuk menyembuhkan diarenya, tetapi untuk mencegah dehidrasi yang rentan terjadi saat diare.

Apa sebenarnya dehidrasi?

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kekurangan kandungan air sehingga tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal.

Dehidrasi muncul ketika air dan elektrolit yang keluar dari tubuh melebihi jumlah yang masuk. Ada berbagai hal yang menyebabkan cairan keluar dari dalam tubuh. Bisa karena aktivitas (misalnya: berolahraga, bekerja di luar ruangan ketika cuaca terlalu panas, dsb), atau karena penyakit tertentu (misalnya: demam, diare, dsb).

Gejala yang timbul ketika diare meliputi rasa haus yang melebihi biasanya, kulit kering, mata kering, bibir dan mulut kering, nyeri kepala, rasa lelah, frekuensi buang air kecil menurun, urine berwarna kuning pekat, mata cekung, dan tekanan darah menurun.

Tanda dan gejala yang terjadi juga dapat digunakan untuk menentukan jenis dehidrasi yang sedang dialami. Apakah dehidrasi ringan, sedang ataupun berat. Penanganannya juga berbeda di setiap derajat keparahannya.

Sebenarnya manusia dapat menoleransi penurunan cairan dan elektrolit hingga 3–4% tanpa ada gangguan kesehatan. Namun jika penurunan mencapai 5–8%, maka dapat menyebabkan rasa lelah dan pusing. Sedangkan penurunan lebih dari 10% dapat mengakibatkan penurunan kesadaran hingga kematian.

Karena dampak dehidrasi yang berbahaya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi dehidrasi dengan segera. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi air kelapa. 

Mengapa air kelapa bisa atasi dehidrasi?

Air kelapa sangat kaya akan elektrolit. Ini menjadikannya baik untuk diminum pada kondisi dimana tubuh mengeluarkan banyak air dan elektrolit.

Elektrolit yang ada di dalam air kelapa, antara lain sodium, magnesium, potasium dan kalsium, Jumlah kandungan elektrolit dalam air kelapa lebih tinggi dibandingkan air putih biasa. Bahkan, air kelapa memiliki kandungan potasium 4 kali lebih tinggi dari 4 buah pisang! Tak heran jika air kelapa bisa menggantikan elektrolit yang hilang serta mengisi stamina Anda kembali setelah berolahraga.

Namun, satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah: bila dehidrasi terjadi karena diare, jangan menunda untuk menemui dokter. Karena air kelapa tidak bisa mengatasi diare yang Anda alami. Air kelapa hanya digunakan untuk menangani dehidrasi ringan dan sedang yang terjadi karena diare. Untuk dehidrasi berat, harus segera diatasi dengan terapi cairan di rumah sakit.

Selain dengan air kelapa, Anda dapat mengonsumsi air putih dan jus buah yang diencerkan untuk menangani dehidrasi. Hindarilah minuman berkafein seperti teh dan kopi serta minuman bersoda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar