Sukses

5 Ide Camilan Sehat untuk di Kantor

Jenis camilan sehat apa saja yang baik untuk dikonsumsi di kantor?

Klikdokter.com, Jakarta Ketika perut mulai berbunyi di tengah kesibukan, mengonsumsi camilan dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja. Agar kondisi tubuh tetap prima, Anda harus tetap bisa memilih camilan sehat yang baik untuk dikonsumsi.

Saat muncul keinginan untuk mengunyah sesuatu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih camilan. Berikut ini adalah berbagai jenis pilihan camilan sehat yang dapat Anda konsumsi di kantor:

1. Kacang almon

Menurut Joan Salge Blake, profesor dari Boston University, kacang almon merupakan salah satu jenis pilihan camilan yang baik ketika seseorang merasa lapar di antara jadwal makan. Pada salah satu penelitian yang dipublikasikan oleh European Journal of Clinical Nutrition, sekitar 1.5 ons kacang almond (kira-kira 35 butir kacang almond), jika dikonsumsi setiap hari dapat menahan rasa lapar di antara jadwal makan. Kandungan serat, protein, dan lemak tidak jenuh yang sehat dalam kacang almon mampu menimbulkan rasa kenyang.

2. Yoghurt parfait

Merupakan yoghurt yang ditambahkan dengan granola, buah-buahan, serta beberapa pilihan lainnya. Selain lezat dan nikmat, makanan ini kaya akan protein, kalsium, serat, dan antioksidan. Dengan mengombinasikan beberapa jenis kelompok makanan tersebut sebagai camilan, Anda akan merasa kenyang dan berenergi selama menjalani aktivitas.

3. Tuna dan biskuit

Salah satu pilihan camilan yang dapat dikonsumsi di kantor adalah paduan antara tuna dan biskuit. Kedua hal ini merupakan kombinasi yang tepat dari karbohidrat, protein, dan lemak, yang dapat membuat seseorang merasa kenyang dan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Menurut Angel Planells dari Academy of Nutrition & Dietetics, camilan jenis ini juga merupakan pilihan yang sehat.

4. Sup

Salah satu camilan yang cukup sederhana dan merupakan pilihan selingan yang mudah untuk disiapkan adalah sup. Selain sehat, sup juga merupakan camilan yang mengenyangkan. Sup yang baik adalah yang mengandung paduan dari sayur-sayuran serta protein seperti kacang-kacangan, lentil, atau ayam. Bila dikonsumsi dengan porsi yang tepat, sup dapat membantu meningkatkan energi dan membantu menjaga semangat Anda selama di kantor.

5. Sayuran dengan hummus

Salah satu pilihan camilan yang tidak kalah menarik untuk dikonsumsi di tempat kerja adalah sayuran. Sayuran tersebut dapat dikonsumsi secara langsung, namun juga dapat dipadukan dengan hummus, yang dapat meningkatkan cita rasa.

Hummus adalah hidangan khas dari kawasan Timur Tengah, berbentuk serupa pasta atau pure. Hidangan serupa bubur yang umumnya dimanfaatkan sebagai cocolan sayuran ini biasanya dibuat dari kacang chickpea yang digiling, dicampur dengan tahini (semacam wijen giling), minyak zaitun, air lemon, garam dan bawang putih.

Untuk membuat menu ini, jenis sayuran yang dapat dipilih mencakup wortel, bayam, brokoli, dan sebagainya. Hidangan ini kaya akan protein dari tanaman dan juga serat.

Selain yang telah tercantum di atas, masih banyak pilihan kombinasi jenis makanan yang dapat dipersiapkan sebagai camilan sehat di tempat kerja.

Berbagai pilihan camilan sehat dapat mendukung gaya hidup sehat Anda dan mencegah risiko terjadinya berbagai penyakit. Oleh sebab itu, jangan ragu-ragu untuk menyiapkan camilan sehat sebagai makanan selingan di kantor, ya!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar