Sukses

Awali Hidup Sehat dengan Sarapan Sehat

Jangan asal sarapan. Pilih menu sarapan sehat agar Anda dapat terus menjalani hidup sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Karena kesibukan yang padat, terkadang orang mengorbankan sarapan dan menggantinya di waktu makan siang. Padahal, kini telah banyak tersedia pilihan menu sarapan sehat yang nikmat dan praktis untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup sehat.

Data yang dihimpun oleh Jakpat menyatakan bahwa 77 persen orang Indonesia di usia produktif (16-36 tahun) telah menyadari bahwa sarapan merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk mengawali hari yang lebih semangat. Hal ini sesuai dengan kampanye #JanganAsalSarapan yang digaungkan oleh Quaker Indonesia.

Hingga kini salah satu alasan orang melewatkan sarapan adalah karena tak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan sarapan dan menikmatinya sebelum berangkat beraktivitas. Padahal, kebiasaan melewatkan sarapan dapat membuat Anda kehilangan sumber energy, sehingga tubuh tidak dapat bekerja dengan optimal.

Mengapa sarapan penting?

Pada kenyataannya tubuh tetap membutuhkan energi untuk bekerja, bahkan saat Anda tertidur. Sementara, menurut Dr.dr. Fiastuti Witjaksono sebagai Konsultan Gizi, energi dalam tubuh hanya dapat bertahan dalam waktu 8-10 jam saja.

“Sarapan juga penting untuk mengisi energi Anda kembali. Di pagi hari, kadar gula dalam darah, glikogen dan insulin akan berkurang drastis. Itu sebabnya Anda mengalami badan lemas saat terbangun,” ucapnya pada saat acara “Good Days Start With Quaker” yang digelar Rabu (11/4) kemarin.

Oleh sebab itu, tubuh Anda membutuhkan asupan sarapan sehat agar bisa segera membentuk energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Jika Anda melewatkan sarapan, Anda berisiko mengalami sakit kepala akibat dari kadar gula darah yang terlalu rendah.

Menu sarapan sehat

Dr.dr. Fiastuti memberikan saran beberapa kandungan zat yang sebaiknya ada pada menu sarapan Anda sehari-hari. Setidaknya, dalam menu sarapan Anda mengandung serat dan protein, karena kedua zat tersebut dapat membantu memulihkan energi tubuh.

Serat diperlukan untuk mengontrol gula darah Anda agar tetap dalam batas normal serta membantu tubuh agar merasa kenyang lebih lama. Sehingga kesehatan pencernaan Anda pun terjaga. Protein sendiri berperan sebagai sumber energi dan untuk memperbaiki jaringan tubuh.

Kedua nutrisi di atas juga dibutuhkan otak sebagai sumber glukosa dan membantu otak dalam proses berpikir serta berkonsentrasi. Oleh sebab itulah anak sekolah diwajibkan untuk sarapan sebelum mengikuti pelajaran di sekolah.

Ide sarapan sehat yang praktis

Salah satu menu sarapan yang bisa Anda pilih adalah oat. Karena kaya akan serat dan protein, oat dapat membantu Anda menyeimbangkan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Oat juga mengandung karbohidrat kompleks, sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Salah satu produk oat yang telah dipercaya adalah Quaker Oats.

Selain sehat, oat juga praktis dinikmati sebagai menu sarapan sehat. Jika tidak ingin ribet, sebelum tidur Anda bisa mencampur Quaker Oats dengan topping sesuka Anda, mulai dari kacang almon, chocochip, hingga buah-buahan seperti stroberi atau peach. Campurkan juga dengan susu dan yoghurt untuk melengkapi nutrisi harian Anda. Masukkan ke dalam kulkas dan nikmati di pagi hari.

Menu ini ternyata juga sering dikonsumsi Hamish Daud selaku Brand Ambassador Quaker Oats sebagai sarapan pagi. “Overnight oats ini bahkan bisa saya makan di perjalanan. Biasanya saya suka tambahkan selai kacang agar rasanya lebih gurih,” pungkasnya.

Quaker Oats telah menemani gaya hidup sehat masyarakat selama 140 tahun dan hingga kini masih konsisten menjalaninya.”Hari yang aktif dapat diraih dengan memilih sarapan sehat. Terlebih lagi bagi masyarakat Indonesia yang memiliki jadwal pagi hari yang padat,” ucap Anuj Chadha, Managing Director PT. Quaker Indonesia.

Jika Anda tak ingin repot menyiapkan sarapan di malam hari, Quaker kini telah hadir dengan produk-produk yang praktis disajikan sebagai menu sarapan, seperti minuman oats Quaker 3in1, Quaker base oat dan Quick Cooking, serta oat dengan pilihan rasa khas makanan Indonesia seperti soto dan kari ayam. Jangan khawatir, Quaker tidak menggunakan penguat rasa, kok.

“Berbagai pilihan lezat dan mudah disajikan ini dapat mendorong masyarakat untuk memilih sarapan sehat untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh, sekaligus menghindari alasan untuk melewatkan sarapan,” terang Ita Karo Karo Fernandez, Marketing Head-Foods, PT. Quaker Indonesia.

Jadi tunggu apa lagi? Kini Anda memiliki varian sarapan sehat dan lebih praktis dengan oat yang tentu saja mudah untuk disiapkan. Lengkapi gaya hidup sehat Anda dengan berolahraga secara rutin dan cukup beristirahat.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar