Sukses

Ini yang Terjadi saat Anda Kelebihan Asam Folat

Asam folat memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh, salah satunya untuk membentuk sel-sel baru. Namun, ketika dikonsumsi berlebihan, asam folat justru berbahaya bagi kesehatan Anda.

Asam folat atau vitamin B9 adalah salah satu nutrisi yang wajib dipenuhi ibu hamil demi pertumbuhan janin. Konsumsi asam folat yang cukup selama kehamilan dapat mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang janin.

Asam folat ikut berkontribusi dalam pembentukan DNA, pembentukan sel-sel tubuh yang baru dan sel darah merah untuk mencegah anemia, serta peningkatan sel telur dan sel sperma. Selain itu, asam folat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Folat termasuk dalam vitamin esensial, yang berarti tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda. Jadi, untuk memenuhi kebutuhannya, Anda perlu mendapatkannya dari makanan atau suplemen.

Sayangnya, banyak yang mengonsumsi suplemen asam folat secara berlebihan. Padahal, kelebihan asam folat berbahaya bagi tubuh Anda.

1 dari 3 halaman

Dampak Kelebihan Asam Folat bagi Tubuh

Selain sumber alami dari makanan, suplemen asam folat banyak dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan. Padahal, konsumsi asam folat dari suplemen memerlukan waktu lebih lama untuk dimetabolisme tubuh.

Artikel Lainnya: Suplemen Asam Folat di Masa Kehamilan, Perlukah?

Jika suplemen asam folat dikonsumsi secara berlebihan, maka tubuh akan mengalami kelebihan asam folat. Berikut adalah bahaya konsumsi asam folat berlebihan:

1. Mual

Bahaya konsumsi asam folat berlebihan yang pertama adalah mual. Kadar asam folat yang berlebihan dapat memicu peningkatan asam lambung. Hal inilah yang dapat menyebabkan gangguan mual dan gangguan pencernaan lainnya, misalnya diare.

2. Ruam Merah di Kulit

Gejala yang sering dialami sebagai akibat dari kelebihan asam folat adalah ruam merah pada kulit. Ini terjadi karena asam folat berlebih mudah memicu tumbuhnya bakteri atau virus penyebab iritasi kulit.

Meskipun demikian, tidak semua penyebab ruam merah mengarah kepada gangguan penyakit kulit lainnya.

3. Insomnia

Bahaya kelebihan asam folat lainnya adalah insomnia. Gangguan sulit tidur atau insomnia dapat terjadi karena tubuh sedang dalam kondisi tidak seimbang akibat asam folat yang berlebih dalam tubuh.

4. Gangguan Kejang

Kejang juga dapat menjadi salah satu bahaya konsumsi asam folat berlebihan. Kondisi ini disebabkan oleh sistem tubuh yang terganggu karena adanya asam folat yang berlebih.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Mengandung Asam Folat

5. Kesemutan dan Mati Rasa

Gejala kesemutan dan mati rasa dapat muncul ketika tubuh kelebihan asam folat. Ini disebabkan oleh adanya pengaruh asupan kebutuhan vitamin B12 yang tidak dapat terserap sempurna ke dalam tubuh akibat dari banyaknya asupan vitamin B9.

6. Autisme pada Janin

Terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa ibu hamil dengan kadar asam folat yang tinggi memiliki kemungkinan dua kali lebih besar melahirkan anak dengan autisme dibandingkan dengan ibu dengan asupan kadar asam folat yang normal.

Selain dampak negatif di atas, bahaya konsumsi asam folat berlebih juga dapat menyebabkan beberapa kondisi berikut:

  • Menutupi gejala defisiensi vitamin B12.
  • Mempercepat penuaan otak.
  • Memperlambat perkembangan otak pada anak.
  • Meningkatkan risiko timbulnya kanker.
2 dari 3 halaman

Kebutuhan Asam Folat Per Hari

Mengingat asam folat merupakan salah satu unsur mikronutrien yang dibutuhkan, tetapi tidak diproduksi tubuh, maka kebutuhan asam folat harus dipenuhi setiap hari.

Meski demikian, Anda juga perlu memperhatikan kemungkinan bahaya kelebihan kadar asam folat. Jadi, pastikan asupannya tidak sampai berlebihan bila tidak ingin terkena dampak buruknya.

Artikel Lainnya: Asam Folat dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi?

Kebutuhan asam folat setiap individu akan berbeda, bergantung pada usianya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui kadar asam folat yang diperlukan tubuh. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Usia di bawah 3 tahun membutuhkan dosis harian sebesar 150 mcg dengan batas toleransi 300 mcg.
  • Usia 4-8 tahun membutuhkan dosis harian sebesar 200 mcg dengan batas toleransi 400 mcg.
  • Usia 9-13 tahun membutuhkan dosis harian sebesar 300 mcg dengan batas toleransi 600 mcg.
  • Remaja dan dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 400 mcg, dan mempunyai dosis harian yang dibutuhkan dengan batas toleransi 800 mcg.
  • Ibu hamil dan menyusui membutuhkan dosis harian sekitar 400-600 mcg tergantung kebutuhan dengan batas toleransi 1.000 mcg.

Sebagai cara untuk menghindari bahaya kelebihan asam folat, Anda disarankan untuk mengonsumsi asam folat dari sumber makanan ketimbang suplemen asam folat.

Makanan yang tinggi kandungan folat, di antaranya ragi, hati ayam, dan sayuran hijau, seperti bayam, asparagus, kembang kol, brokoli, kacang tanah, kacang hijau, alpukat, dan lainnya.

Selain itu, pada ibu hamil yang dianjurkan untuk rutin mengonsumsi asam folat. Jika ada satu hari yang terlewat dalam konsumsi hariannya, sebaiknya jangan menggandakan dosis asupan asam folat di hari berikutnya. 

Setelah mengetahui bahaya konsumsi asam folat berlebihan, lebih baik diskusikan dengan dokter mengenai dosis asam folat harian agar tubuh tidak mengalami kelebihan asam folat. Jangan sampai kelebihan asam folat dalam tubuh ini malah merugikan Anda, apalagi di masa kehamilan.

Konsultasikan juga mengenai asupan asam folat yang sesuai kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar