Kesehatan Umum

10 Penyebab Badan Lemas Disertai Mual, Ada Apa?

dr. Theresia Rina Yunita, 24 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Badan lemas disertai mual tidak boleh disepelekan, karena bisa saja bertambah parah bila tak segera ditangani. Kenali penyebab badan lemas dan mual di sini.

10 Penyebab Badan Lemas Disertai Mual, Ada Apa?

Badan lemas dan mual merupakan kondisi yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar semuanya dapat berjalan dengan baik dan Anda tetap fokus menjalaninya, tentu diperlukan tubuh yang fit.

Maka tak heran bila keluhan pusing, mual, atau badan lemas yang muncul membuat Anda malas untuk melakukan apa saja.

Meski bukan penyakit berbahaya, kondisi tersebut dapat memicu terjadinya penyakit yang lebih serius jika tidak ditangani dengan baik dan sesegera mungkin.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab badan lemas dan mual yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Gastritis

Gastritis adalah suatu infeksi pada lambung. Biasanya kondisi ini dialami oleh mereka yang tidak mengatur pola makan dengan baik.

Selain itu, bagi mereka yang memiliki riwayat mag, sering kali gastritis dialami setelah mengonsumsi makanan seperti yang terlalu pedas atau asam.

2. Infeksi Virus

Terdeteksinya infeksi virus yang disebabkan oleh demam berdarah, flu, dan sebagainya juga dapat menjadi penyebab kenapa badan lemas dan mual.

Artikel Lainnya: 11 Makanan untuk Mengatasi Badan Lemas

3. Hipoglikemia

Badan lemas dan perut mual yang Anda alami bisa saja disebabkan hipoglikemia. Kondisi ini terjadi ketika kadar gula darah di dalam darah terlalu rendah. Gejalanya dapat berupa keluhan mual serta badan lemas.

Berkurangnya kadar gula dalam tubuh, atau hipoglikemia, justru lebih berbahaya dibandingkan kondisi kadar gula yang terlalu tinggi.

4. Diet

Diet yang salah juga dapat mengakibatkan keluhan badan lemas. Pasalnya, karbohidrat merupakan sumber energi. Akan tetapi, jika seseorang melakukan diet rendah karbohidrat, otomatis sumber energi pun tidak ada dan keluhan lemas ini terjadi.

Makan yang tidak benar dan tidak tepat waktu juga akan memengaruhi kondisi asam lambung. Jika asam lambung naik bisa menyebabkan mual yang berujung pada lemas dan sulit beraktivitas.

Artikel Lainnya: Ini Pertolongan Pertama untuk Atasi Mual dan Muntah

5. Kelelahan

Jika seseorang mengalami kelelahan, alhasil pola tidur pun terganggu. Hal ini kemudian menyebabkan sakit kepala, serta berdampak pada ketidaknyamanan pada perut sehingga timbul keluhan mual.

6. Stres dan Depresi

Faktor emosional seperti stres, kecemasan, dan depresi terkadang dapat menyebabkan gejala fisik seperti mual dan badan lemas. Tidak heran orang yang mengalami depresi cenderung enggan untuk melakukan kegiatan.

Di samping karena tidak adanya niat, juga karena rasa kelelahan yang sangat mengganggu.

7. Kehamilan

Kelelahan dan mual adalah gejala umum selama awal kehamilan akibat perubahan hormonal yang dialami tubuh.

Kendati demikian, istilah yang dikenal sebagai morning sickness ini akan membaik setelah usia ke-20 kehamilan.

Artikel Lainnya: Penyebab dan Mengatasi Badan Lemas Saat Menstruasi

8. Hipotensi

Saat tekanan darah rendah, dapat timbul keluhan perut mual, kepala pusing, dan badan lemas yang sangat mengganggu. Penderita hipotensi bahkan bisa mengalami black out (hilang kesadaran sementara).

9. Gegar Otak

Adanya benturan pada kepala yang sifatnya ringan bisa menimbulkan gejala sakit kepala, kelemahan atau lemas, mual, dan muntah.

Anda harus waspada bila terjadi penurunan kesadaran serta kejang. Segeralah ke dokter untuk ditangani dengan tepat.

10. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menjadi salah satu pencetus badan lemas dan mual. Dehidrasi merupakan kondisi ketika jumlah cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak dari jumlah cairan yang masuk.

Penyebabnya bisa karena asupan cairan yang berkurang, atau pengeluaran cairan yang berlebih. Jika terjadi dehidrasi, tubuh dapat terasa lemas dan mual.

Anda dapat mencegah badan lemas dan perut mual dengan menerapkan pola hidup yang lebih teratur. Misalnya, dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, rutin olahraga, serta mengelola stres dengan baik. Hindari juga kebiasaan merokok.

Namun, jika kondisi badan lemas disertai mual terus-menerus atau terjadi berulang dalam jangka waktu panjang, jangan ragu untuk memeriksakan diri Anda ke dokter.

Anda juga dapat menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi Klikdokter untuk berkonsultasi kepada dokter.

[WA]

Badan Lemasmual

Konsultasi Dokter Terkait