Sukses

Badan Lemas Disertai Mual, Ada Apa?

Jangan sepelekan gejala badan lemas yang dibarengi mual. Ini alasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Aktivitas sehari-hari tentunya membutuhkan kondisi fit agar semuanya dapat berjalan dengan baik dan tetap fokus menjalaninya. Akan tetapi, jika keluhan badan lemas muncul, tentunya akan menyebabkan seseorang malas untuk melakukan apa saja. Terlebih bila dibarengi dengan mual yang tak habis-habis. Sebenarnya, apa penyebab badan lemas yang disertai mual?

Kenali situasi tubuh

Manusia bukanlah robot yang tak kenal lelah. Kondisi tubuh Anda bisa terganggu jika digunakan secara berlebihan. Akibatnya, Anda akan merasakan dampak kelelahan berupa badan lemas, malas beraktivitas, keinginan untuk tidur terus-menerus, dan tidak nafsu makan.

Oleh karena itu, jika Anda merasakan tanda dan gejala tersebut, jangan sepelekan. Itu bisa saja merupakan gejala awal ada yang tidak beres dengan tubuh Anda. Namun, hal ini sebenarnya normal terjadi karena tubuh Anda pun butuh istirahat.

Kurangnya asupan makanan ke dalam tubuh juga akan memengaruhi secara fisiologis dan bahkan psikologis. Sehingga, ketika terjadi keadaan ini, sangatlah mungkin bagi Anda untuk mengalami badan lemas. Penyakit dan infeksi pun dapat menyerang lebih mudah. Itulah mengapa, sebaiknya hidup harus selalu diseimbangkan dengan makanan bergizi, istirahat dan cukup minum air putih.

Penyebab badan lemas disertai mual

Lalu, bagaimana dengan keluhan badan lemas yang disertai dengan mual? Sebenarnya kondisi ini bukan penyakit yang berbahaya, namun dapat memicu terjadinya penyakit yang lebih serius jika tidak ditangani dengan baik dan sesegera mungkin.

Penyebab badan lemas disertai mual adalah sebagai berikut:

  • Penyakit gastritis

Gastritis adalah suatu infeksi pada lambung. Biasanya kondisi ini dialami oleh mereka yang tidak mengatur pola makan dengan baik. Selain itu, bagi mereka yang memiliki riwayat mag, sering kali gastritis dialami setelah mengonsumsi makanan seperti yang terlalu pedas atau asam.

  • Infeksi virus

Terdeteksinya infeksi virus yang disebabkan oleh demam berdarah, flu, dan sebagainya juga dapat mengakibatkan tubuh lemas dan mual.

  • Hipoglikemia

Kadar gula darah yang terlalu rendah juga dapat memberikan dampak tubuh lemas dan mual. Berkurangnya kadar gula dalam tubuh, atau hipoglikemia, justru lebih berbahaya dibandingkan kondisi kadar gula terlalu tinggi.

  • Diet

Diet yang salah juga dapat mengakibatkan keluhan badan lemas. Pasalnya, karbohidrat merupakan sumber energi. Akan tetapi, jika seseorang melakukan diet rendah karbohidrat, otomatis sumber energi pun tidak ada dan keluhan lemas ini terjadi.

  • Kelelahan

Jika seseorang mengalami kelelahan, alhasil pola tidur pun terganggu. Hal ini kemudian mengakibatkan sakit kepala, serta berdampak pada ketidaknyamanan pada perut, sehingga timbul keluhan mual ini.

Cara untuk mengantisipasi badan lemas disertai mual adalah dengan mencari tahu apa penyebab dari keluhan ini. Lakukan juga pola hidup yang lebih teratur, seperti konsumsi makanan bergizi seimbang, beristirahat yang cukup, berolahraga yang teratur, serta mengelola stres dengan baik. Penting juga untuk berhenti merokok jika Anda masih memiliki kebiasaan ini.

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, niscaya tubuh Anda pun akan selalu segar dan bugar. Namun, jika kondisi badan lemas disertai mual terjadi berulang atau terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang, jangan ragu untuk memeriksakan diri Anda ke fasilitas kesehatan terdekat. Semoga membantu!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar