Diet dan Nutrisi

12 Obat Tradisional Ini Ampuh Mengatasi Badan Lemas

dr. Dyah Novita Anggraini, 15 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Obat tradisional badan lemas bisa menjadi alternatif yang aman dan alami untuk mengatasi masalah kelelahan tubuh. Temukan obat tradisional yang tepat di sini!

12 Obat Tradisional Ini Ampuh Mengatasi Badan Lemas

Kondisi badan lemas dan letih dapat mengganggu performa saat beraktivitas. Jangan langsung minum bercangkir-cangkir kopi atau makan banyak energy bar. Karena, ada beberapa makanan untuk mengatasi badan lemas yang lebih sehat.

Bahan makanan yang fresh tentu lebih kaya gizi terbaik. Sangat berbeda efeknya bagi tubuh jika dibandingkan makanan olahan dan kemasan.

Cara mengatasi badan lemas bisa dilakukan lewat konsumsi makanan-makanan berikut ini:

1. Biji Chia

Manfaat Konsumsi Chia Seed Saat Puasa (Margouillat Photo/Shutterstock)

Sebagian masyarakat kini menjadikan biji chia sebagai bahan pengganti makanan utama. Superfood ini bisa dicampur ke dalam berbagai menu makanan.

Biji chia memiliki rasio tepat protein, lemak, dan serat untuk mendongkrak energi. Efek mengonsumsi biji chia berbeda dari karbohidrat atau sumber gula lainnya.

Manfaat biji chia sebagai obat tradisional badan lemas karena tidak menyebabkan sugar crash, atau timbulnya efek lemas layaknya setelah makan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi.

Biji chia juga mampu menyerap air hingga sepuluh kali beratnya. Kelebihan ini tentu akan membantu tubuh mencukupi dan mempertahankan kandungan cairan yang sangat berpengaruh pada stamina tubuh.

2. Quinoa

Manfaat Biji Quinoa untuk Bayi

Quinoa juga merupakan salah satu bahan makanan yang saat ini banyak dimanfaatkan sebagai pengganti nasi. Quinoa kaya akan protein, serat, dan zat besi, sehingga dapat menjadi salah satu pilihan obat tradisional badan lemas kepala pusing.

Anda dapat mengolah quinoa menjadi menu asin ataupun manis serupa dessert seperti puding dan muffin. Selain itu, Anda bisa juga mengombinasikan quinoa dengan makanan sehat lainnya seperti ikan roa.

Artikel lainnya: Badan Lemas Seharian? Mungkin Anda Kebanyakan Tidur!

3. Pisang

Pisang bisa menjadi pilihan buah untuk badan lemas dan pusing. Peneliti pun telah banyak membandingkan khasiat pisang dalam menyuplai energi dengan pemasok energi lain seperti minuman berenergi.

Hasilnya? Salah satu penelitian pada pembalap sepeda menemukan, pisang dapat menghasilkan energi setara minuman berenergi. Bonusnya, pisang lebih aman dan alami tentunya.

Pisang kaya akan potassium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk mendongkrak stamina serta menangkal badan lemas.

Untuk sarapan sebelum memulai aktivitas, pisang dapat menjadi pilihan mudah, lezat, dan dapat Anda andalkan sebagai salah satu sumber energi.

4. Gandum Utuh

Fakta Seputar Gandum Utuh yang Perlu Diketahui (Frolova_Elena/Shutterstock)

Ganti nasi dengan gandum utuh (whole wheat) sebagai sumber karbohidrat. Makanan untuk badan lemas ini akan menjauhkan Anda dari rasa letih setelah makan seperti sehabis makan nasi.

Selain memberikan pasokan energi, konsumsi gandum utuh juga dapat menyehatkan saluran cerna karena kandungan seratnya yang tinggi.

Gandum utuh dapat Anda temukan pada roti, sereal, dan berbagai bahan makanan lainnya. Jangan lupa perhatikan label kemasan supaya tidak keliru dengan produk gandum lainnya.

5. Oatmeal

Tips Sehat Makan Oatmeal untuk Penderita Diabetes (Vladislav-Noseek/Shutterstock)

Oatmeal merupakan produk gandum lainnya yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi badan lemas. Selain sebagai menu sarapan dengan buah, kini oatmeal juga sudah banyak dikonsumsi dalam berbagai cara, termasuk sebagai pengganti nasi yang dimakan bersama lauk-pauk.

Oatmeal kaya akan serat dan mengandung cukup protein untuk menjaga Anda tetap berenergi. Makanan sehat ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman untuk penderita penyakit metabolik seperti diabetes.

Anda yang memiliki risiko penyakit jantung juga dianjurkan untuk mengonsumsi oatmeal.

6. Daging Merah Tanpa Lemak

Konsumsi Daging Merah Bisa Jadi Kawan atau Lawan

Daging merah tanpa lemak merupakan sumber protein yang baik. Protein merupakan zat gizi yang bisa membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh.

Mengonsumsi daging merah tanpa lemak dalam jumlah cukup secara rutin dapat mencegah badan lemas.

Selain daging merah, Anda juga bisa mendapatkan protein dari telur, ikan, serta susu dan produk olahannya.

Artikel lainnya: Alasan Mengapa Pria Rentan Lemas dan Kehabisan Energi

7. Ubi

Anda Gemar Makan Ubi Jalar? Ini 5 Manfaatnya (Diana Taliun/Shutterstock)

Ubi mengandung kadar kalium yang lumayan tinggi. Tidak heran, jenis umbi yang satu ini digolongkan sebagai makanan untuk badan lemas.

Kendati begitu, Anda tetap harus membatasi porsi ubi yang dikonsumsi agar manfaatnya benar-benar optimal. Olah ubi dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus.

8. Apel

10 Fakta Menakjubkan dari Apel (French Cat/Shutterstock)

Apel adalah salah satu buah untuk mengatasi badan lemas, karena merupakan sumber vitamin maupun mineral yang membantu tubuh menghasilkan energi.

Makan apel segar dalam jumlah yang dianjurkan setiap hari dapat menurunkan risiko badan lemas dan keluhan lainnya.

9. Pepaya

Manfaat dan Tips Turunkan Berat Badan dengan Pepaya

Pepaya mengandung vitamin, kalium, folat, likopen, asam amino, dan serat.

Tidak hanya baik untuk kesehatan saluran pencernaan, buah ini ternyata juga bisa membantu mengatasi badan lemas berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Artikel lainnya: Memahami Penyebab Badan Lemas Setelah Bangun Tidur

10. Bayam

 

Ingin Tubuh Kuat? Konsumsi Bayam!

Bayam bisa menjadi makanan penghasil energi karena memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Konsumsi bayam dan sayuran lain seperti wortel atau brokoli dalam jumlah cukup secara rutin dinilai mampu mencegah badan lemas.

11. Tahu

Tahu (Brent Hofacker/Shutterstock)

Olahan kedelai ini mengandung zat besi dan merupakan sumber magnesium yang baik untuk kesehatan. Makan tahu secara rutin dapat menjadi cara mengatasi badan lemas secara alami, lho!

12. Ikan

3 Jenis Ikan yang Aman untuk Bayi

Ikan adalah sumber makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Selain dapat mengatasi keluhan badan lemas, mengonsumsi ikan juga dapat menunjang pertumbuhan otot bagi Anda yang gemar berolahraga.

Kurangi dan hindari makan makanan olahan, siap saji, dan berpengawet. Pastikan juga untuk berolahraga rutin dan istirahat cukup agar tubuh tidak mudah lelah.

Dapatkan tips kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter lewat Live Chat.

(FR/JKT)

Makanan SehatNutrisiBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait