Sukses

Ini Akibatnya jika Anda Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih ternyata menyebabkan Anda dehidrasi dan terkena berbagai masalah kesehatan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Air sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menjalankan fungsi tubuh. Karena sekitar 50-70% dari berat total tubuh manusia terdiri dari air. Jadi, selain dapat membuat Anda terkena dehidrasi, kurang minum air putih dapat menimbulkan gangguan pada fungsi tubuh, sehingga menyebabkan masalah kesehatan.

Air digunakan dalam berbagai aktivitas manusia. Beberapa kegunaan air, di antaranya untuk mandi, mencuci, hingga untuk mencukupi asupan cairan tubuh melalui konsumsi air putih.

Secara terus menerus tubuh mengeluarkan cairan dari tubuh melalui proses pernapasan, buang air kecil dan besar, serta ketika berkeringat melalui kulit. Oleh karena itu, setiap orang harus mengganti cairan yang keluar dari tubuh tersebut, tentunya dengan mengonsumsi cairan.

Asupan air yang dibutuhkan per hari pada pria sekitar 3,7 liter dan pada wanita sekitar 2,7 liter. Salah satu sumber cairan bagi tubuh yang dianjurkan adalah air putih. Rasa haus yang timbul merupakan salah satu sinyal dari tubuh untuk menunjukkan bahwa tubuh sedang membutuhkan tambahan asupan cairan.

Apa yang terjadi bila tubuh kurang minum air putih?

Ternyata ada berbagai masalah yang dapat timbul bila tubuh Anda kurang mendapat asupan air putih, di antaranya:

● Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Hal ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan cairan yang keluar dan masuk di dalam tubuh. Beberapa tanda dari dehidrasi, meliputi mulut kering, kelelahan, warna urine menjadi kuning kehitaman pekat, tidak adanya produksi urine dan air mata, elastisitas kulit menurun, serta mata yang terlihat cekung.

Ketika Anda mengalami dehidrasi artinya cairan di dalam tubuh tidak cukup untuk menjalankan fungsi tubuh dengan baik. Salah satu fungsi vital air di dalam tubuh adalah memberi suplai oksigen ke seluruh jaringan tubuh melalui peredaran darah. Ketika terjadi dehidrasi, maka peredaran darah Anda menjadi kurang lancar. Pada kondisi yang berat, dehidrasi dapat menyebabkan syok, koma, bahkan kematian.

● Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurang minum air putih juga dapat mengganggu fungsi dari sistem kekebalan tubuh. Minum air putih dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, dapat membantu produksi liur dan air mata.

Kedua cairan ini dapat mencegah kuman dan benda asing masuk ke dalam tubuh. Selain itu, air juga dibutuhkan untuk pembentukan urine yang berperan penting dalam mengeluarkan zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan atau berbahaya bagi tubuh. Jika zat-zat tersebut tidak dikeluarkan tentu dapat menimbulkan masalah bagi tubuh.

● Menganggu fungsi sendi dan otot

Air memiliki peran dalam menjalankan fungsi sendi dan otot. Air dibutuhkan sebagai pelumas di persendian, sehingga pergerakan di sendi menjadi tidak kaku. Kemudian, air juga dibutuhkan dalam proses penyaluran sinyal dari saraf menuju ke otot.

Saat Anda berolahraga air berperan dalam mempertahankan suhu tubuh tetap pada batas normal. Dengan demikian, kontraksi otot  tidak menyebabkan tubuh terlampau panas. Jika kekurangan asupan air putih, tentu fungsi sendi dan otot dapat terganggu.

● Konstipasi

Air dibutuhkan dalam proses pencernaan. Kandungan air pada makanan akan diserap saat melalui usus besar, sebelum terbentuk feses. Maka air dibutuhkan untuk menggantikan cairan yang hilang diserap tersebut. Jika feses yang terbentuk memiliki sedikit kandungan air, konsistensinya akan cenderung keras. Feses yang keras dapat menimbulkan kesulitan buang air besar atau konstipasi. Bila konstipasi dibiarkan terus menerus, dapat menimbulkan masalah lain seperti ambeien.

● Menurunkan Fungsi Otak

Sekitar 80% otak manusia terdiri dari air. Dengan demikian, kekurangan air putih dapat memengaruhi fungsi otak pula. Padahal, otak memiliki serangkaian fungsi yang penting di tubuh. Beberapa fungsi otak, yaitu mengatur ritme organ jantung, menjalankan kontraksi usus yang, hingga mengirim sinyal bagi otot untuk berkontraksi, sehingga tubuh dapat melakukan pergerakan.

Meskipun terlihat sederhana dan mudah didapat dalam kehidupan sehari-hari, ternyata air putih berperan penting untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Oleh karena itu, Anda harus memastikan agar tidak kurang minum air putih demi menjaga kesehatan tubuh Anda dan terhindar dari dehidrasi.

[NP/ RVS]

1 Komentar