Sukses

Manfaat Rumah Bersih dan Rapi untuk Kesehatan

Selain enak dipandang, rumah yang bersih dan rapi juga dapat menjauhkan Anda dan keluarga dari sumber penyakit.

Klikdokter.com, Jakarta Rumah bukan hanya tempat beristirahat, tetapi juga berkumpulnya seluruh anggota keluarga untuk melakukan berbagai hal. Karena itu, membersihkan rumah secara rutin harus menjadi prioritas setiap orang. Jika rumah kotor dan berantakan, tentu akan membuat anak tidak betah dan memilih menghabiskan aktivitas di luar.

Walau terkadang melelahkan, membersihkan rumah secara rutin sesungguhnya dapat menjaga kesehatan fisik dan mental. Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan oleh British Journal of Sport Medicine, melakukan aktivitas fisik seperti bersih-bersih selama 20 menit dapat mengurangi kecemasan dan stres sebanyak 20 persen.

Berikut adalah empat manfaat kesehatan dari menjaga rumah bersih dan rapi:

1. Menghalau Penyebaran Penyakit

Rumah yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang kuman, debu, tungau, dander hewan (sel kulit mati hewan yang mengelupas) bakteri, dan jamur. Membersihkan kamar mandi, kamar tidur, tempat cuci piring, lantai dan dinding rumah dapat melindungi Anda dari kuman-kuman berbahaya.

Selain area-area tersebut, dapur juga merupakan sarang tumbuhnya penyakit. Karena itu, selalu bersihkan dapur terutama sehabis memotong atau membersihkan bahan makanan mentah. Daging mentah dapat menjadi sarana penyebaran kuman.

2. Mencegah Berkumpulnya Tikus dan Serangga

Tikus dan serangga merupakan hewan-hewan yang suka berada di dalam lingkungan yang kotor dan tidak rapi. Mereka dapat berkembang biak dan lebih mudah bersembunyi di rumah yang berantakan. Mereka juga dapat menyebarkan penyakit, bakteri, kuman, dan alergi.

Dengan membersihkan rumah dan menutup makanan setiap habis makan serta membuang sampah setiap hari, maka dapat menghindarkan adanya tikus dan serangga di rumah.

3. Mengurangi Risiko Alergi dan Kambuhnya Asma

Di dalam rumah yang berantakan, banyak sekali ditemukan tungau debu rumah yang dapat menimbulkan akergi dan serangan asma pada penderita asma. Tungau dapat dijumpai di kasur, bantal, guling, sofa, karpet, dan gorden.

Bersihkan dan jemur peralatan tidur, gorden, dan karpet rumah secara rutin minimal tiga minggu sekali. Pastikan pula ruangan kamar memiliki ventilasi yang baik sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan. Makin banyak barang di dalam ruangan, makin sulit untuk membersihkannya dan makin menumpuk pula debu.

4. Meminimalkan Stres

Bayangkan jika Anda sedang terburu-buru dan kesulitan menemukan suatu barang karena kondisi rumah yang berantakan? Secara psikologis, hal tersebut dapat membuat Anda bertambah stres. Selain itu, Anda akan merasa lebih lelah karena harus menggunakan energi untuk mencari barang.

Kiat Menjaga Rumah Tetap Sehat

Buatlah jadwal rutin untuk membersihkan dan merapikan rumah. Seluruh area di dalam rumah tak boleh luput. Mulai dari kamar mandi, kamar tidur, dapur, ruang keluarga, garasi , hingga gudang. Tidak hanya lantai yang dibersihkan, tetapi hingga ke dinding. Dinding tidak seperti lantai yang sering dibersihkan sehingga dapat menjadi sarang berkumpulnya kuman.

Apalagi ternyata dinding rumah juga menyimpan sejumlah kuman. Sebut saja Escherichia coli,  Staphylococcus aureus, dan Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit, mulai dari penyakit kulit hingga saluran pernapasan.

Ternyata banyak, ya, manfaat rumah bersih dan rapi untuk kesehatan? Bersihkan seluruh area, termasuk dinding rumah. Pilihlah cat dinding yang mengandung silver ion karena terdapat antibakteri yang melingkupi permukaan cat. Silver ion bekerja dengan menyerang mikroorganisme melalui perusakan struktur, sistem metabolisme, DNA/RNA sehingga mikroorganisme dapat mati dan tidak bisa berkembang. Ayo, jaga kesehatan keluarga dengan rutin membersihkan dan merapikan rumah! Dengan dinding rumah yang sehat, keluarga anda pun sehat terlindungi dari berbagai penyakit.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar