HomeInfo SehatKesehatan UmumAir Oksigen, Benarkah Menyimpan Manfaat Sehat?
Kesehatan Umum

Air Oksigen, Benarkah Menyimpan Manfaat Sehat?

dr. Rio Aditya, 10 Apr 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apakah medis setuju dengan segudang manfaat sehat yang tersimpan di dalam air oksigen?

Air Oksigen, Benarkah Menyimpan Manfaat Sehat?

Air oksigen masih menjadi primadona di antara jenis air minum dalam kemasan lainnya. Sebab, air oksigen dituding dapat mendatangkan segudang manfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, hingga menjaga fungsi organ-organ penting. Namun, apakah manfaat tersebut dapat dibuktikan secara ilmiah?

Untuk mengungkap manfaat yang tersimpan di dalam air oksigen, suatu penelitian dilakukan di Jerman. Pada penelitian ini, responden dibagi menjadi 2 kelompok: kelompok pertama diberikan air oksigen, sedangkan kelompok satunya hanya diberikan air putih biasa.

Setelah 28 hari, peneliti melakukan pemeriksaan untuk menilai apakah terdapat peningkatan daya tahan tubuh dan fungsi liver pada orang-orang yang minum air oksigen. Hasilnya, para peneliti ternyata tidak menemukan perbedaan peningkatan daya tahan tubuh maupun fungsi liver yang signifikan pada kedua kelompok tersebut.

Untuk memperkuat hasil temuan, penelitian lain dilakukan di Amerika Serikat. Kali ini, para peneliti menggunakan 2 kelompok atlet lari sebagai repondennya. Kelompok pertama diberikan air oksigen dan kelompok satunya hanya diberikan air putih biasa.

Setelah para atlet tersebut menyelesaikan latihan dengan berlari sejauh 5 kilometer, peneliti melakukan pengkajian terhadap performa dan kandungan asam laktat dalam darah. Hasilnya menunjukan, kelompok yang mendapatkan air oksigen memiliki waktu pemulihan yang lebih cepat dibandingkan dengan atlet yang minum air putih biasa. Akan tetapi, para peneliti tidak dapat menemukan perbedaan performa yang signifikan pada kedua kelompok tersebut.

Dari penelitian-penelitian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa manfaat air oksigen untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau menjaga fungsi organ-organ penting masih belum dapat dibuktikan. Meski demikian, tak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi air oksigen. Karena pada dasarnya, air oksigen merupakan air putih biasa. Hanya saja, kandungan oksigennya lebih banyak.

Seperti yang diketahui, air putih, berapa pun kandungan oksigennya, merupakan salah satu sumber cairan tubuh yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari, Anda akan merasakan manfaat-manfaat berikut ini:

  • Organ dan jaringan di seluruh tubuh tetap terjaga kesehatannya
  • Distribusi oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh tetap optimal
  • Menjaga kebersihan ginjal dan kantung kemih
  • Menjaga fungsi saluran cerna; mencegah sembelit (konstipasi) dan kesulitan buang air besar
  • Menjaga ketabilan tekanan darah dan denyut jantung
  • Menjaga suhu tubuh tetap normal

Mengetahui bahwa manfaat sehat air oksigen belum terbukti secara ilmiah, Anda dianjurkan untuk tidak “termakan” begitu saja iklan yang tersaji di mana-mana. Namun sekali lagi, Anda tidak dilarang untuk mengonsumsi air jenis ini. Yang penting, kebutuhan cairan tubuh harian Anda terus terpenuhi setiap hari. Salam sehat!

[NB/ RVS]

AirAir Putihair oksigenCairan

Konsultasi Dokter Terkait