Sukses

Ramuan Kunyit untuk Atasi Infeksi Cacing Pita

Infeksi cacing pita dapat ditangani dengan ramuan kunyit. Begini caranya.

Klikdokter.com, Jakarta Infeksi cacing pita merupakan salah satu komplikasi yang dapat terjadi pada orang yang terkena cacingan. Meski berbahaya, kondisi ini ternyata dapat diatasi dengan ramuan kunyit, lho!

Perlu diketahui, cacing pita atau taenia biasanya didapati pada usus sejumlah makhluk hidup seperti sapi, kerbau, babi, dan manusia. Penyebaran pada manusia bisa terjadi akibat mengonsumsi daging mentah atau yang kurang matang, hingga bersentuhan dengan feses yang terkontaminasi. Selain itu, cacing juga bisa masuk lewat air yang Anda minum.

Ketika masuk ke tubuh, sudah dapat ditebak bahwa cacing pita bakal berkembang biak dan mengganggu sistem metabolisme. Terlebih, cacing pita dikenal memiliki sifat yang merugikan alias parasit.

Beberapa gejala yang dapat timbul akibat kejadian tersebut adalah mual, lemas, kehilangan nafsu makan, nyeri perut, diare, dan berat badan badan yang menyusut karena asupan nutrisi diserap oleh cacing pita.

Ketika cacing pita mulai menginfeksi, Anda akan mengalami demam, adanya benjolan, terbentuknya ruas-ruas pada tubuh, reaksi alergi terhadap larva, infeksi bakteri, hingga gejala neurologis seperti kejang-kejang. Sedangkan pada ibu hamil, infeksi cacing pita dapat menimbulkan gejala yang lebih buruk dan berbahaya.

“Cacing pita dapat menyebabkan gangguan penyerapan dan anemia pada usus. Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya untuk pertumbuhan janin. Cacing pita merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi dan anemia pada ibu hamil, sehingga harus diobati segera,” kata dr. Reza Fahlevi.

Ramuan kunyit untuk atasi infeksi cacing pita

Sejumlah obat-obatan serta bahan alami diketahui dapat membantu mengatasi infeksi cacing pita pada usus. Dari sekian banyaknya, kunyit menjadi salah satu bahan alami yang paling sering dipilih.

Sejak dahulu, kunyit dikenal memberikan segudang manfaat untuk kesehatan. Tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini mengandung zat aktif kurkumin yang bekerja sebagai antioksidan, untuk mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh akibat radikal bebas.

“Para pakar kesehatan percaya, ekstrak kunyit memiliki efek antioksidan, koleretik (menstimulasi aliran empedu), kolekinetik (menstimulasi kontraksi kantong empedu), antiradang, antikanker, antimikroba, dan antiradang,” ujar dr. Nitish Basant Adnani.

Saat cacing pita bergerilya di dalam tubuh Anda—khususnya usus—dan menimbulkan infeksi, maka khasiat kunyit sebagai antibakteri dan penyembuh radang akan bekerja. Jadi, dengan mengonsumsi kunyit, efek negatif dari infeksi cacing tersebut seperti sakit maupun hingga diare dapat diperkecil.

Cara mengonsumsi kunyit untuk mengatasi infeksi cacing pita, biasanya dengan memeras dan mencampurnya dengan bahan lain, seperti rebusan air asam, gula jawa, hingga madu.

Namun, perlu Anda ingat, meski kunyit dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk membantu mengatasi masalah infeksi cacing pita, konsumsinya tetap harus dibarengi dengan obat-obatan pembasmi cacing pita seperti albendazole dan sejenisnya. Jika setelah konsumsi gejala tak kunjung mereda, jangan ragu berobat ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar