Gigi Mulut

Daun Sirih untuk Mengatasi Bau Mulut, Ampuhkah?

drg. Callista Argentina, 10 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak sedikit orang yang menggunakan daun sirih untuk menangani keluhan bau mulut. Apakah cara ini memang benar-benar efektif?

Daun Sirih untuk Mengatasi Bau Mulut, Ampuhkah?

Sejak dulu orang sudah menggunakan daun sirih sebagai pengobatan alami karena memiliki sifat antiseptik, antioksidan, dan antijamur.

Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan luka pada kulit, menangani saluran cerna, hingga memperkuat gigi. 

Daun sirih memiliki kandungan minyak atsiri, katekin, dan tanin. Senyawa katekin dan tanin inilah yang bersifat antibakteri, sehingga dapat menghambat tumbuhnya bakteri serta menurunkan produksi zat asam hasil dari bakteri. 

Dalam jurnal The 6th University Research Colloquium 2017 disebutkan bahwa senyawa pada daun sirih dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti E.coli, Staphylococcus aureus, Klebsiella, dan dapat mematikan jamur Candida albicans

Tak heran bila daun sirih digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk bau mulut. Apakah daun sirih untuk bau mulut memang efektif? Baca pembahasan lengkapnya di bawah ini. 

Manfaat Daun Sirih untuk Mengatasi Bau Mulut

Benarkah Daun Sirih Bisa Atasi Keputihan? (Ideapadx69/Shutterstock)

Daun sirih merupakan obat tradisional yang cukup populer di Cina dan India untuk mengatasi bau mulut. 

Dari hasil penelitian, daun sirih ditemukan mengandung minyak atsiri. Di dalamnya terdapat zat allylpyrocatechol (APC) yang mampu menghambat bakteri penyebab bau mulut.

APC dinyatakan dapat mengurangi produksi methyl mercaptan dan hydrogen sulfide, gas berbau yang dihasilkan oleh bakteri tersebut.

Artikel Lainnya: Penyebab Bau Mulut yang Bukan Berasal dari Dalam Mulut

Karena khasiat tersebut, ekstrak daun sirih kini dijadikan komponen tambahan dalam produk kesehatan gigi. Selain untuk menghilangkan bau mulut, daun sirih juga dapat mengurangi risiko terbentuknya karies gigi.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Padjadjaran menyatakan bahwa keasaman air liur mengalami perubahan sebelum dan setelah sikat gigi dengan pasta gigi ekstrak daun sirih. 

Ditemukan, derajat keasaman air liur menjadi cenderung basa setelah penyikatan gigi. 

Pada keadaan air liur yang cenderung basa, maka bakteri Streptococcus mutans tidak dapat bertahan hidup. Hal ini disebabkan ekstrak daun sirih dapat merusak selaput sel plasma dan membekukan inti sel bakteri tersebut. 

Nah, terhambatnya pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut dapat menurunkan risiko karies gigi dan pembentukan plak gigi. 

Bagaimana Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Menghilangkan Bau Mulut?

Khasiat Kencur dan Daun Sirih untuk Usir Radang Tenggorokan (ideapix69/Shutterstock)

Sekarang kamu sudah tahu manfaat daun sirih untuk bau mulut. Lalu, bagaimana cara yang tepat dalam menggunakannya agar hasilnya optimal?

Untuk menghilangkan bau mulut dengan daun sirih, tipsnya mudah. Cuci daun sirih segar 2–4 lembar. Lalu masukkan ke dalam gelas, seduh dengan air panas, dan tutup rapat. Kemudian, pakailah untuk berkumur saat hangat.

Selain cara itu, kamu juga bisa berkumur dengan larutan kumur yang dicampur ekstrak daun sirih.

Menurut Jurnal Sains & Kesehatan, dengan berkumur menggunakan larutan kumur yang dicampur ekstrak daun sirih, kamu bisa mendapatkan daya antiseptiknya sehingga menambah perlindungan ekstra. 

Artikel Lainnya: Cara Alami Mengatasi Mulut Kering

Cara Lainnya untuk Mengatasi Bau Mulut

Penyebab Bau Mulut pada Penderita Diabetes (Emily-Frost/Shutterstock)

Selain dengan daun sirih, cara menghilangkan bau mulut bisa juga dengan menjaga kesehatan gigi serta mulut. 

  • Sikatlah gigimu sebanyak dua kali sehari (pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur).
  • Lakukan dental floss. Penumpukan plak di gigi dapat mengumpulkan bakteri penyebab bau mulut, begitu pula dengan makanan yang terperangkap.
  • Saat menyikat gigi, hindari melakukannya terlalu keras agar tidak merusak gigi sehingga membuatnya rentan terhadap pembusukan. Jangan lupa juga untuk menyikat lembut lidahmu dengan sikat gigi.
  • Perhatikan asupan makananmu. Beberapa makanan, misalnya bawang, dapat menyebabkan kamu mengalami bau mulut. 
  • Kebiasaan merokok juga bisa memengaruhi bau mulut. Solusinya, tentu saja kamu harus berhenti merokok, daripada mengalami bau mulut terus-menerus.

Apabila kamu sudah menggunakan daun sirih, namun masih mengalami kondisi bau mulut yang berkepanjangan, sebaiknya segera konsultasi ke dokter gigi. Nantinya dokter gigi dapat membantu mengidentifikasi faktor utama penyebab bau mulut tersebut.

Jika kamu masih punya pertanyaan mengenai penggunaan daun sirih untuk mengatasi bau mulut, atau masalah kesehatan gigi dan mulut, jangan ragu konsultasi dengan dokter gigi di Tanya Dokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

Daun SirihBau Mulut

Konsultasi Dokter Terkait