HomeIbu Dan anakTips ParentingManfaat yang Anak Dapat dari Kegiatan Ekstrakurikuler
Tips Parenting

Manfaat yang Anak Dapat dari Kegiatan Ekstrakurikuler

dr. Reza Fahlevi, 24 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Menekuni kegiatan ekstrakurikuler dapat bermanfaat untuk mengasah dan memaksimalkan bakat anak. Simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat yang Anak Dapat dari Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) merupakan kegiatan yang ada pada hampir semua sekolah. Kegiatan ini merupakan tambahan di luar kurikulum sekolah.

Ada beragam kegiatan ekstrakurikuler, mulai dari seni, olahraga, bela diri, science club (klub sains), debat, dan lainnya.

Makin banyak ragam kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi kelebihan atau nilai plus sebuah sekolah.

Sebenarnya, apa manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi anak? Apakah hanya sekadar kesenangan dan menghabiskan waktu? Tentu saja tidak. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Anak?

Beberapa manfaat kegiatan ekstrakurikuler untuk anak, antara lain:

1. Menghilangkan Kejenuhan

Jam sekolah yang padat dari Senin hingga Jumat tentunya terasa menjenuhkan bagi anak. Untuk mengatasi kejenuhan tersebut, anak bisa mengikuti beragam kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di sekolah. Tentunya jenis kegiatan yang ia gemari. 

Melakukan kegiatan ekstrakurikuler dapat membuat anak bersemangat kembali untuk mengikuti pelajaran sekolah.

2. Menemukan Hobi

Anak-anak umumnya masih dalam fase mencari jati diri, termasuk kegemarannya. Mengikuti ragam kegiatan ekskul dapat membuat anak menemukan hobinya.

Dengan melakukan kegiatan ekstrakurikuler, manfaatnya dapat membantu anak memilih hobi yang positif. Hal ini bisa membantu anak terhindar dari perilaku-perilaku negatif, dan akan bermanfaat untuk masa depannya. 

Artikel Lainnya: Rekomendasi Kegiatan Seru untuk Keakraban Ayah dan Anak

3. Mengasah Keterampilan

Berbagai kegiatan ekstrakurikuler juga dapat mengasah keterampilan anak. Misalnya ekstrakurikuler debat bahasa inggris akan mengasah keterampilan anak untuk mengutarakan pendapat dalam bahasa Inggris.

Selain itu, jika anak mengikuti ekstrakurikuler kegiatan seni dan olahraga, keterampilan anak juga tentunya akan terasah di bidang tersebut.

4. Melatih Kemampuan Bersosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial. Melatih kemampuan bersosialisasi juga merupakan manfaat dari mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Anak akan menemukan banyak teman. Selanjutnya, anak akan berlatih cara berinteraksi dengan teman-temannya tersebut. 

Nah, kemampuan bersosialisasi ini penting sebagai bekal masa depan anak di dunia kerja nantinya.

5. Melatih Kerja Sama

Salah satu manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah dapat melatih kerja sama pada anak. 

Misalnya pada kegiatan olahraga, kerja sama tim sangatlah dibutuhkan. Lalu pada kegiatan paduan suara, kerja sama tim juga merupakan komponen yang sangat esensial.

Kemampuan tersebutlah yang akan diasah pada kegiatan ekstrakurikuler, sehingga anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang self-centered. 

Artikel Lainnya: Cara Mengenali Minat dan Bakat Anak Sebelum Kuliah

6. Menghindari Perilaku Negatif

Dengan memiliki kegiatan yang positif di luar jam sekolah, yaitu kegiatan ekstrakurikuler yang ia senangi, anak akan terhindar dari perilaku negatif.

Waktu luang akan banyak terpakai untuk melakukan kegiatan ekstrakurikuler sehingga tidak ada waktu untuk mencoba hal-hal negatif seperti rokok, narkoba, alkohol, atau pergaulan bebas.

Manfaat kegiatan ekstrakurikuler ini sangat penting bagi anak, karena dapat menjaga agar generasi muda Indonesia tidak rusak dengan pergaulan tersebut.

7. Ajang Meraih Prestasi

Berbagai kegiatan ekstrakurikuler juga merupakan ajang anak meraih prestasi dalam berbagai event, baik event internal sekolah maupun event antarsekolah, bahkan event nasional dan internasional

Misalnya, mengikuti klub sains merupakan bekal bagi anak untuk mengikuti kejuaraan olimpiade mata pelajaran hingga ke level internasional.

Perhatikan Ini Saat Memilih Ekstrakurikuler Anak

Meski mendatangkan manfaat yang cukup beragam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ayah dan ibu saat anak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, yaitu:

  • Tidak mengganggu waktu belajar.
  • Tidak mengganggu waktu istirahat.
  • Pilih jenis ekstrakurikuler yang legal dan bermanfaat.
  • Pilih jenis ekstrakurikuler sesuai minat dan kemampuan anak.
  • Pastikan ada pelatih/pembimbing yang bertanggung jawab.

Kini, Anda telah mengetahui apa saja manfaat dan hal yang harus diperhatikan saat anak hendak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Meski memiliki manfaat yang cukup banyak, orang tua perlu memastikan sang buah hati memilih ekskul yang sesuai. Selain itu, perhatikan kiat-kiat di atas agar manfaat ekstrakurikuler bisa anak dapatkan secara optimal.

Bila masih memiliki pertanyaan terkait ekstrakurikuler atau tumbuh kembang anak, gunakan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi dengan dokter.

[WA]

Tumbuh Kembang AnakAnakKegiatan Ekstrakurikuler

Konsultasi Dokter Terkait