Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Rekomendasi Makanan yang Baik untuk Penderita Hipotiroid

Rekomendasi Makanan yang Baik untuk Penderita Hipotiroid

Anda menderita penyakit hipotiroid? Ini makanan yang baik untuk Anda konsumsi sehari-hari.

Tiroid merupakan kelenjar yang menjadi bagian dari sistem endokrin. Lokasi kelenjar tiroid ada di leher bagian depan. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang membantu mengoordinasikan banyak fungsi, sekaligus memengaruhi pertumbuhan dan metabolisme dalam tubuh.

Hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar tiroid berperan untuk perkembangan organ, seperti jantung, otak, serta fungsi reproduksi. Jumlah produksi hormon yang tepat akan memberi efek positif untuk metabolisme kalsium dan tulang.

Kelenjar tiroid dapat mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang dapat terjadi adalah kekurangan hormon tiroid atau disebut sebagai hipotiroidisme. Kondisi hipotiroid akan berdampak negatif bagi tubuh secara signifikan.

Selain pengobatan medis, salah satu cara untuk mencegah perburukan gejala tiroid adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Berikut beberapa makanan yang baik untuk penderita penyakit hipotiroid.

1. Salmon

Beberapa temuan menunjukkan bahwa orang dengan penyakit hashimoto (tipe hipotiroidisme yang paling umum) memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah. Padahal, penderita penyakit tersebut membutuhkan vitamin D yang cukup. Untuk menjaga kecukupan kadar tiroid, penderita dapat mengonsumsi ikan salmon. 

Artikel Lainnya: 3 Zat Ini Bantu Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

1 dari 3 halaman

2. Kacang Brasil

Kacang brasil adalah makanan yang mengandung selenium. Selenium adalah kadar mineral yang memainkan peran penting dalam menghasilkan hormon tiroid. Selenium juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan. 

Artikel Lainnya: Mudah Kedinginan, Tanda Hipotiroidisme?

3. Kacang Putih

Kacang putih kaya akan zat besi dan sangat baik untuk penderita penyakit hipotiroid. Berdasarkan fakta medis, jika penderita penyakit hipotiroid kekurangan asupan zat besi, maka aktivitas enzim yang menghasilkan hormon tiroid dapat terganggu.

4. Telur

Telur merupakan salah satu sumber makanan yang baik untuk penderita hipotiroid. Telur mengandung yodium dan selenium, sedangkan bagian putih telurnya memiliki kandungan protein dalam jumlah tinggi. Jadi, untuk menunjang asupan yodium Anda, jangan lupakan asupan putih telur, ya.

5. Daging

Kecukupan zat besi juga harus diperhatikan bila Anda memiliki hipotiroid. Karena itu, jangan lupakan makanan tinggi asupan besi seperti daging merah. 

Namun, Anda harus memerhatikan cara mengolah daging merah. Hindari menambahkan lemak jenuh berlebihan ketika Anda memasak daging.

Artikel Lainnya: Daftar Herbal yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Tiroid

2 dari 3 halaman

6. Sayuran

Jangan lupakan asupan sayuran setiap hari. Jenis sayuran cruciferous, seperti kubis, kembang kol, dan sawi hijau bisa menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Selain tinggi serat, sayuran tersebut juga kaya vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

7. Sumber Karbohidrat Baik

Beras merah, gandum, serta biji-bijian seperti biji chia dan quinoa adalah sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Selain merupakan jenis karbohidrat sehat, makanan tersebut mengandung serat tinggi dan memiliki indeks glikemik yang rendah.

8. Produk Susu

Pada dasarnya, produk susu mengandung yodium tinggi dan dapat menjadi sumber makanan pilihan untuk penderita hipotiroid. 

Selain itu, produk susu dapat memenuhi kebutuhan zat besi. Anda dapat memilih dari berbagai produk susu, seperti susu, keju, yoghurt, dan lainnya.

Apabila memiliki gangguan hipotiroid, jangan lupa memeriksakan diri ke dokter sehingga Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Cari tahu lebih lanjut tentang makanan, minuman, atau perawatan untuk penderita hipotiroid dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar