Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Rekomendasi Makanan yang Baik untuk Penderita Hipotiroid

Rekomendasi Makanan yang Baik untuk Penderita Hipotiroid

Pengidap penyakit hipotiroid perlu pintar memilih makanan, Ada beberapa makanan yang baik untuk penderita hipotiroid. Kita bahas satu per satu.

Pola makan sangat memengaruhi gejala hipotiroidisme. Ada beberapa makanan yang dapat mengurangi gejala tertentu, dan ada yang memperburuk atau mengganggu kerja obat yang sudah dikonsumsi sebelumnya.

Hipotiroidisme membuat penderitanya tidak memiliki hormon tiroid yang memadai. Mengatur pola makan memang tidak dapat menyembuhkan kondisi tersebut, tapi dapat membantu mengontrol gejala. 

Berikut beberapa makanan untuk penderita hipotiroid yang baik dikonsumsi sehari-hari:

1 dari 11 halaman

1. Ikan Kaya Omega-3

Kondisi hipotiroid yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung karena tingginya kadar kolesterol jahat atau LDL.

Konsumsi omega-3 diketahui mampu mengurangi peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Ikan yang kaya lemak sehat merupakan sumber protein yang baik untuk pengidap hipotiroid, karena kandungan omega-3 di dalamnya. Salmon, trout, tuna, dan sarden adalah makanan untuk hipotiroid yang menyehatkan. 

Ikan juga merupakan sumber selenium. Kandungan selenium paling banyak terdapat pada organ tiroid, yang mampu mengurangi peradangan.  

Artikel lainnya: Hati-hati, Penyakit Ini Mengintai Kelenjar Tiroid

2 dari 11 halaman

2. Kacang Kaya akan Selenium

Kacang brasil, macadamia, dan hazelnut kaya akan selenium, yaitu mineral yang membantu mengaktifkan hormon tiroid agar dapat digunakan tubuh. 

Untuk kacang brasil, Anda hanya perlu mengonsumsi 1 atau 2 butir. Kacang lain dapat dikonsumsi sebanyak segenggam untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan dalam sehari. 

Pastikan tidak lebih dari segenggam, karena kacang juga kaya lemak. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter penyakit dalam Anda, sebelum mengonsumsi kacang-kacangan agar tidak berdampak pada konsumsi obat hipotiroid.

3 dari 11 halaman

3. Gandum Utuh

Sembelit merupakan gejala umum hipotiroid. Keluhan ini dapat diatasi dengan serat. Ada berbagai makanan kaya serat yang mengandung gandum utuh seperti sereal, roti, dan pasta, serta nasi. Makanan tersebut dapat membantu membuat jadwal buang air besar menjadi rutin. 

Meski demikian, serat dapat mengganggu kerja hormon tiroid sintetis. Disarankan untuk mengonsumsi obat tiroid beberapa jam sebelum atau sesudah memakan makanan kaya serat.

4 dari 11 halaman

4. Buah dan Sayuran Segar

Gejala awal hipotiroidisme adalah penambahan berat badan. Makanan yang rendah kalori dan kaya nutrisi adalah kunci dari setiap program penurunan berat badan. Tiap kali makan, usahakan menyertakan buah atau sayuran segar bila memungkinkan. 

Blueberry dan cherry merupakan contoh buah yang baik untuk penderita hipotiroid. Kemudian, ubi jalar dan paprika hijau kaya akan antioksidan dan baik untuk dikonsumsi pengidap hipotiroid. 

Tujuannya, untuk mengurangi risiko penyakit jantung yang dapat menjadi komplikasi akibat kenaikan berat badan. 

Artikel lainnya Zat yang Bantu Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

5 dari 11 halaman

5. Rumput Laut

Tiroid memerlukan iodin untuk berfungsi dengan baik. Iodin terkandung di dalam rumput laut. Anda bisa dengan mudah mengonsumsi rumput laut lewat makanan seperti nori, sushi, sup, dan salad.

Pastikan Anda mengonsumsi kadar iodin yang tidak berlebihan agar tidak memperburuk penyakit tiroid. Berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter spesialis penyakit dalam sebelum mengonsumsinya, ya.

6 dari 11 halaman

6. Susu dan Produk Olahannya

Selanjutnya, makanan yang boleh dimakan penderita hipotiroid adalah makanan mengandung vitamin D. Vitamin ini dapat membantu memperbaiki kadar hormon tiroid di dalam darah. 

Susu dan produk olahannya yang diperkaya tidak hanya mengandung vitamin D, namun juga kalsium, protein, dan iodin. Makanan untuk penderita hipotiroid ini perlu ditambahkan dalam pola makan sehari-hari.

7 dari 11 halaman

7. Makanan Kaya Zink

Suplementasi zink maupun yang dikombinasikan dengan selenium diteliti bisa memperbaiki fungsi tiroid pada perempuan dengan hipotiroidisme. 

Beberapa makanan untuk hipotiroid yang kaya akan zink di antaranya daging, kepiting, ayam, yoghurt, dan sereal yang sudah diperkaya (difortifikasi). 

Apabila Anda mengidap hipotiroidisme, konsumsilah obat pengganti hormon tiroid sesuai anjuran dokter. Pada umumnya obat ini dianjurkan untuk diminum dalam keadaan perut kosong. 

Jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memulai konsumsi makanan baru, agar kondisi hipotiroid tetap terkontrol dengan baik. 

8 dari 11 halaman

8. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang baik untuk penderita hipotiroid. Telur mengandung yodium dan selenium, sementara bagian putihnya memiliki kandungan protein dalam jumlah tinggi. 

Agar kondisi hipotiroid tetap terkendali, jangan lewatkan konsumsi telur, ya. Rasanya yang lezat dan cara memasaknya yang mudah membuat telur cocok disantap sehari-hari.

Artikel lainnya: Leher Membesar? Ini Perbedaan Bengkak pada Kelenjar Getah Bening dan Tiroid

9 dari 11 halaman

9. Daging Merah

Kecukupan zat besi juga harus diperhatikan bila Anda memiliki hipotiroid. Karena itu, jangan lupakan makanan tinggi asupan besi seperti daging merah. 

Namun, Anda harus memerhatikan cara mengolah daging merah. Hindari menambahkan lemak jenuh berlebihan ketika memasak daging.

10 dari 11 halaman

10. Sumber Karbohidrat Baik

Beras merah, gandum, dan biji-bijian seperti biji chia dan quinoa adalah sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Selain merupakan jenis karbohidrat sehat, makanan tersebut mengandung serat tinggi dan memiliki indeks glikemik rendah.

Itu dia sederet makanan yang boleh dimakan penderita hipotiroid. Tetap konsumsi dalam batas wajar sesuai rekomendasi dokter Anda, ya.

Ingin tanya lebih lanjut seputar pola makan sehat penderita hipotiroid? Yuk, konsultasi kepada dokter lewat Live Chat, praktis dan cepat. Anda juga bisa membaca info kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

Referensi

Everyday Health. Diakses 2022. 7 Hypothyroidism-Friendly Foods to Add to Your Diet.

Medical News Today. Diakses 2022. Hypothyroidism: Foods to eat and avoid. 

0 Komentar

Belum ada komentar