Sukses

6 Kondisi yang Dapat Memicu Batu Ginjal

Tahukah Anda, beberapa kegiatan yang dilakukan sehari-hari dapat memicu terjadinya batu ginjal?

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit batu ginjal alias nefrolitiasis adalah kondisi ketika di dalam ginjal terbentuk material keras menyerupai batu. Material ini merupakan sisa pembuangan dari zat-zat dalam darah yang melewati proses penyaringan di ginjal. Penumpukan “limbah” tersebut di dalam ginjal, lama-kelamaan dapat menyebabkan terbentuknya kristal atau batu ginjal.

Terdapat berbagai jenis batu ginjal yang dapat terbentuk, di antaranya:

  • Batu kalsium

Merupakan jenis batu ginjal yang paling sering terjadi. Penyebabnya adalah penumpukan kalsium oksalat, akibat ekskresi kalsium yang tinggi dalam tubuh.

  • Batu asam urat

Batu ini terbentuk akibat konsentrasi asam urat yang tinggi dalam tubuh.

  • Batu struvit

Batuk ginjal jenis ini disebabkan adanya infeksi pada ginjal.

  • Batu sistin

Disebabkan oleh kelainan genetik. Pada kondisi ini sistin dikeluarkan bersamaan dengan urine, dan membentuk kristal di ginjal, yang lama-kelamaan menjadi batu ginjal.

Gejala batu ginjal yang mungkin dapat dikeluhkan oleh pasien meliputi nyeri saat buang air kecil, urine berwarna keruh, urine berdarah, urine mengandung pasir, atau bahkan keluarnya batu kristal saat buang air kecil. Selain itu, jika sudah timbul infeksi, pasien juga akan mengalami demam dan merasakan nyeri pada pinggang.

Penyebab batu ginjal

Seperti telah disinggung sebelumnya, beberapa kegiatan yang dilakukan sehari-hari ada yang dapat menimbulkan terbentuknya batu ginjal. Beberapa kegiatan tersebut, di antaranya:

1. Kurangnya konsumsi air putih

Kurang konsumsi air putih dapat menyebabkan dehidrasi. Akibatnya, cairan urine pun ikut berkurang atau bahkan tidak keluar sama sekali. Jika keadaan ini terjadi secara berkelanjutan, pembentukan batu ginjal tak bisa dihindari lagi.

2. Olahraga ekstrem

Olahraga ekstrem dapat memicu pengeluaran cairan tubuh lebih banyak dari biasanya. Jika hal ini tidak diimbangi dengan asupan cairan yang memadai, cepat atau lambat akan dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

3. Cuaca panas

Cuaca panas membuat Anda harus minum lebih banyak. Jika tidak, Anda akan mengalami dehidrasi, yang kemudian akan meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal.

4. Terlalu banyak kafein dan minuman bersoda

Konsumsi kafein dan minuman berkarbonasi (soda) dapat memicu terbentuknya batu ginjal, bahkan membebani kerja ginjal. Kedua zat tersebut juga berkontribusi pada kejadian gagal ginjal.

5. Kelainan bawaan

Salah satu kelainan bawaan yang dapat memicu terbentuknya batu ginjal adalah cystinuria. Ini adalah kondisi dimana tubuh terlalu banyak mengandung asam amino sistin dan tinggi akan zat oksalat.

6. Obat-obatan tertentu

Suplemen kalsium dan vitamin C yang dikonsumsi dalam jumlah tidak tepat dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, jika Anda rutin mengonsumsi suplemen jenis tersebut dan tidak ingin terkena batu ginjal di kemudian hari, berkonsultasilah dengan dokter mengenai dosis yang sesuai.

Batu ginjal yang tidak segera diobati dapat memicu terjadinya kerusakan ginjal hingga gagal ginjal. Kondisi ini dapat berujung pada cuci darah rutin. Anda tentu tidak ingin berada dalam keadaan tersebut, bukan? Yuk, sayangi ginjal dengan perbanyak konsumsi air putih mulai saat ini!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar