Pencernaan

Kunyit Ampuh untuk Mengatasi Diare?

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 17 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ramuan kunyit dipercaya bisa membantu mengatasi diare. Benarkah? Mari simak manfaat dan cara membuat ramuan kunyit untuk diare di sini.

Kunyit Ampuh untuk Mengatasi Diare?

Kunyit adalah salah satu tanaman rempah khas Asia yang mudah dijumpai sehari-hari. Masyarakat menggunakan kunyit sebagai pelengkap bumbu masakan, diolah menjadi jamu berkhasiat, hingga digunakan dalam pengobatan herbal untuk mengatasi diare.

Kunyit mengandung zat aktif kurkumin yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan adalah substansi yang mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Keuntungan tersebut bisa didapat dengan mengonsumsi kunyit dalam bentuk makanan, dosis yang rendah, serta dalam jangka waktu yang lama.

Ketahui manfaat kunyit untuk mengatasi diare lewat ulasan berikut ini.

Manfaat Kunyit untuk Diare

Salah satu penyebab diare kronis adalah inflammatory bowel disease (IBD). Kondisi IBD terdiri dari dua penyakit, yaitu kolitis ulseratif dan penyakit Crohn.

Beberapa laporan penelitian menunjukkan manfaat curcumin yang terkandung dalam kunyit dalam membantu mengontrol peradangan usus.

Pada sebuah penelitian, dilaporkan bahwa pemberian curcumin dapat menurunkan angka kekambuhan dari penyakit IBD. Hal ini berlaku jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan curcumin.

Namun dosis yang dianjurkan dalam metode ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Perlu diingat, tidak semua jenis diare dapat diobati dengan kunyit. Salah satu hal yang sering menyebabkan diare adalah infeksi. Manfaat kunyit untuk diare akibat infeksi bakteri belum diketahui pasti dan masih memerlukan penelitian lanjutan.

Artikel Lainnya: 4 Minuman Terbaik untuk Gantikan Cairan Tubuh saat Diare

Cara Membuat Ramuan Kunyit untuk Diare

Ramuan kunyit untuk diare dapat dibuat dengan beberapa cara, salah satunya dengan mengambil sarinya.

Berikut beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mendapatkan sari kunyit:

  • Kupas dan bersihkan kunyit sebesar dua ruas buku jari tangan
  • Parut kunyit dan tambahkan air matang.
  • Peras air kunyit, diamkan sebentar, dan ambil air beningnya.
  • Anda juga bisa menambahkan bahan lain yang mampu menaikkan cita rasa perasan kunyit, misalnya seperti madu dan lemon.

Beberapa penelitian memang telah menunjukkan data awal manfaat kunyit dalam menangani gangguan pencernaan seperti diare. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan manfaat kunyit.

Beberapa pertanyaan masih perlu dijawab, misalnya seperti jenis diare yang tepat diatasi dengan kunyit dan berapa banyak dosis kunyit yang diperlukan.

Artikel Lainnya: Alami Diare, Hindari Makanan dan Minuman Ini

Menilik manfaat kunyit, baik sebagai bumbu masakan maupun dalam pengobatan herbal, sepertinya rempah ini berpotensi menjadi pengobatan untuk gangguan saluran cerna seperti IBD.

Namun, jika memiliki keluhan diare, Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hindari pengobatan sendiri karena berisiko dapat memperlama durasi diare.

Demikian ulasan seputar manfaat kunyit untuk diare. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

KunyitDiare

Konsultasi Dokter Terkait