Sukses

Kunyit Ampuh untuk Mengatasi Diare?

Kunyit memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menangani gangguan pencernaan. Apakah termasuk diare?

Klikdokter.com, Jakarta Kunyit adalah salah satu tanaman rempah khas Benua Asia yang mudah dijumpai sehari-hari. Masyarakat menggunakannya untuk berbagai peruntukan seperti pelengkap bumbu masakan, diolah menjadi jamu berkhasiat, hingga pengobatan herbal.

Kunyit mengandung zat aktif kurkumin di dalamnya, yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan adalah substansi yang mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat kunyit sudah teruji oleh berbagai penelitian medis. Menurut dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter, para pakar kesehatan berpendapat bahwa ekstrak kunyit ini memiliki efek yang dapat menstimulasi aliran empedu, merangsang kontraksi kantong empedu, antiradang, antikanker, dan antimikroba.

Keuntungan ini dapat dicapai melalui konsumsi kunyit dalam bentuk makanan, dengan dosis yang rendah, serta dalam jangka waktu yang lama.

Saking kayanya manfaat kunyit, tanaman rimpang ini dapat Anda manfaatkan dalam bentuk apa pun, mulai dari sebagai minuman, pewarna makanan, hingga untuk perawatan alami untuk kulit. Namun, tahukah Anda bahwa kunyit juga berperan dalam menyembuhkan diare?

Penyebab dan gejala diare

Sebelum membeberkan lebih jauh, perlu diketahui bahwa diare adalah kondisi ketika  Anda ingin terus-terusan buang air besar dengan kondisi tinja yang encer. Bahkan dalam tahap yang lebih parah, Anda hanya akan mengeluarkan cairan atau tidak sama sekali. Biasanya diare disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  • Virus (paling sering)
  • Bakteri
  • Infeksi parasit
  • Obat-obatan (kafein, alkohol)
  • Penyakit noninfeksi (misalnya irritable bowel syndrome)
  • Laktosa (gula yang terdapat di dalam susu)
  • Pemanis buatan (sorbitol dan mannitol, pemanis buatan yang terdapat di permen karet atau produk bebas gula lainnya)

Gejala diare dapat berbeda-beda pada setiap orang. Meski demikian, ada beberapa gejala yang sering dikaitkan dengan kondisi ini. Gejala-gejala tersebut, antara lain kram perut, mual dan muntah, sakit kepala, dan hilangnya nafsu makan.

Lalu, bagaimana cara kerja kunyit dalam menangani diare?

Khasiat kunyit untuk diare

Kunyit dapat membantu mengatasi diare hingga mengurangi gejala terkait, seperti sindrom iritasi usus dan kolitis ulseratif. Cara penggunaannya beragam, tetapi yang lebih populer adalah diseduh lalu diminum.

Kupas dan bersihkan kunyit sebesar dua ruas buku tangan, lalu parut dan tambahkan air matang. Peras air kunyit, diamkan dan ambil air beningnya. Minumlah dua kali sehari, sebelum makan pagi dan malam sebelum tidur. Anda juga bisa menambahkan bahan lain yang mampu menaikkan cita rasa, seperti madu dan lemon.

Ada juga yang dicampurkan dengan rebusan air asam, sehingga namanya populer menjadi minuman kunyit asam. Cara membuatnya yakni dengan mencampurkan rebusan air asam serta air parutan kunyit. Jenis yang satu ini, konon populer dilakukan oleh penduduk suku Jawa sejak dahulu kala.

Kemampuan kunyit untuk membantu pencernaan juga berperan dalam menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Kadang-kadang, bakteri di usus seperti salmonela dapat menyebabkan diare. Untungnya, kunyit dapat menjadi salah satu solusi terbaik dalam meringankan diare akibat bakteri salmonela.

Menilik manfaat kunyit baik sebagai bumbu masakan maupun dalam pengobatan herbal, Anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya. Ketika Anda mengalami diare, memanfaatkan kunyit untuk pengobatan alami. Namun, meskipun kunyit termasuk bahan alami, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Dan ketika sakit Anda berlanjut, segera periksa ke dokter.

[RS/ RVS]

3 Komentar