HomeGaya hidupPerawatan WanitaSaat Haid, Lebih Aman Pakai Menstrual Cup, Tampon, atau Pembalut?
Perawatan Wanita

Saat Haid, Lebih Aman Pakai Menstrual Cup, Tampon, atau Pembalut?

dr. Sara Elise Wijono MRes, 12 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penggunaan menstrual cup saat haid tengah hangat dibicarakan. Apakah penggunaannya lebih aman daripada tampon dan pembalut? Cek di sini.

Saat Haid, Lebih Aman Pakai Menstrual Cup, Tampon, atau Pembalut?

Pernahkah Anda mendengar tentang menstrual cup? Kemunculan benda ini menjadi alternatif produk bisa digunakan wanita saat haid.

Sebagian besar wanita di Indonesia memang lebih akrab dengan penggunaan pembalut ketika datang bulan. Namun, ketika dibuang, benda tersebut membutuhkan waktu sekitar 500–800 tahun untuk terurai.

Jika dibakar selain dengan suhu 800 derajat, pembalut pun akan melepaskan gas beracun. Inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab orang-orang mempertimbangkan penggunaan menstrual cup.

Terlepas dari itu, setiap produk saniter, baik pembalut, tampon, dan menstrual cup memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Perbedaan Pembalut, Tampon, dan Menstrual Cup

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pembalut, tampon, dan menstrual cup memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut lengkapnya:

  • Pembalut

Produk yang disebut juga sanitary pad ini yang paling banyak dipilih oleh sebagian besar wanita. Alasannya, karena mudah untuk digunakan.

Beberapa keuntungan pembalut, yaitu tersedia dalam berbagai ukuran dan banyaknya darah haid, mudah dipakai khususnya untuk pemula, bisa digunakan sepanjang malam, dan lainnya.

Ada pula kekurangan dari pembalut, yakni tidak nyaman digunakan saat melakukan aktivitas fisik tertentu, tidak bisa dipakai berenang, bisa bergeser dengan perubahan posisi, tidak ramah lingkungan, dan sebagainya.

  • Tampon

Tampon merupakan produk saniter berbentuk tabung yang cara pemakaiannya dimasukkan ke dalam vagina.

Beberapa keuntungan tampon adalah rasa nyaman (tidak mengganjal), kebebasan beraktivitas, bisa dipakai berenang, tersedia dalam berbagai ukuran maupun daya serap, dan sebagainya. 

Sementara itu, beberapa kekurangan tampon adalah penggunaannya yang dimasukkan ke dalam vagina dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Selain itu, benda ini juga tidak ramah lingkungan, berisiko menimbulkan iritasi vagina, dan lainnya.

  • Menstrual Cup

Terdapat dua jenis menstrual cup, yakni dalam bentuk cawan lembut, fleksibel, sekali pakai, dan menyerupai diafragma. Ada pula menstrual cup berbentuk lonceng, yang terbuat dari karet lateks atau silikon untuk dapat digunakan kembali setelah dibersihkan.

Berbeda dengan konsep pembalut dan tampon, menstrual cup dirancang untuk mengumpulkan cairan haid.

Beberapa wanita lebih memilih menggunakan menstrual cup karena aman dikenakan hingga 12 jam dan lebih jarang terjadi kebocoran.

Menstrual cup pun ramah lingkungan dan lebih ekonomis, karena dapat dicuci dan dipakai kembali.

Sama seperti tampon, menstrual cup yang digunakan dengan benar akan terasa nyaman dan tidak mengganjal. Produk ini bisa dipakai dalam semua aktivitas, termasuk berenang. Bahkan, bisa dipakai sambil berhubungan intim.

Menstrual cup lebih jarang menimbulkan keluhan iritasi karena tidak mengganggu pH vagina. Benda ini pun bermanfaat untuk mengurangi bau kurang sedap saat haid.

Adapun kekurangan menstrual cup, yaitu perlu latihan khusus untuk pemasangannya agar berfungsi optimal menampung darah haid. Produk ini juga perlu dicuci secara rutin dengan cara yang benar.

Selain itu, beberapa jenis menstrual cup terbuat dari lateks. Benda ini kurang cocok untuk mereka yang alergi terhadap bahan tersebut.

Artikel Lainnya: Fakta di Balik Pembalut Wanita yang Harus Anda Tahu

Lalu, Pilih yang Mana?

Pemilihan produk saniter yang paling cocok dikembalikan lagi kepada keputusan masing-masing individu.

Tampon sangat cocok digunakan untuk orang yang sering bergerak aktif atau punya hobi berenang.

Sedangkan, pembalut cocok digunakan untuk pemula, khususnya wanita yang kesulitan atau takut memasukkan produk ke dalam vagina. Pembalut juga cocok untuk orang yang menginginkan proteksi ekstra di luar pemakaian produk saniter lainnya.

Bagaimana dengan menstrual cup? Nyatanya, menstrual cup merupakan pilihan terbaik bagi wanita yang peduli lingkungan atau masih ingin rutin berhubungan seks meski sedang haid. Benda ini pun cocok untuk wanita yang sering bergerak aktif.

Jadi, produk saniter mana yang paling cocok untuk Anda? Apabila sulit memutuskan yang paling tepat, Anda bisa berkonsultasi secara langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. Tampons vs. Pads: The Ultimate Showdown

MenstruasiHaid

Konsultasi Dokter Terkait