Sukses

Manfaat Sayur Lalapan, dari Antanan sampai Pohpohan

Kenali macam-macam sayur lalapan dan manfaatnya untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Kuliner Sunda identik dengan sambal dan sayur lalapan. Berbeda dengan salad, lalapan ini tidak dimakan bersama saus atau bumbu-bumbu, melainkan sebagai pelengkap makanan utama. Selain beraroma khas dan memiliki rasa yang sedap, lalap juga dapat berfungsi sebagai obat.

Aneka jenis sayuran yang biasa dikonsumsi sebagai lalapan meliputi antanan, reundeu, kemangi, leunca, timun, dan sebagainya. Berikut ini manfaat sayuran tersebut untuk kesehatan Anda:

1. Antanan

Berasal dari Cina, Jepang, India dan Indonesia, antanan (Centella asiatica) sering digunakan untuk mengobati luka ringan, demikian dilansir Livestrong. Tanaman ini juga dapat membantu menangani kecemasan, eksim, infeksi pernapasan, bisul, pilek, kelelahan, demam, dan asma.

Meski demikian, University of Maryland Medical Center memperingatkan agar Anda tidak menggunakan antanan sebagai obat selama lebih dari 6 minggu tanpa berkonsultasi dengan dokter.

2. Reundeu

Menurut penelitian yang dimuat di Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia tahun 2015, reundeu (Staurogyne elongata) dapat bermanfaat untuk nyeri sendi, rematik, dan susah buang air kecil. Anda bisa melahap daunnya langsung, atau dikukus setengah matang lalu dimakan.

3. Kemangi

Berdasarkan laporan Medical News Today, kemangi (Ocimum basilicum) kaya akan senyawa fenolik dan berbagai zat lainnya termasuk polifenol seperti flavonoid dan antosianin. Menurut penelitian yang dilakukan di Swiss Federal Institute of Technologi, basil mengandung (E)-beta-caryolhyllene (BPC) yang mungkin berguna dalam mengobati radang sendi dan radang usus.

4. Leunca

Leunca (Solanum americanum) berkhasiat sebagai penyubur untuk mendapatkan keturunan. Bagian yang dimanfaatkan adalah buahnya, yang bisa dilalap langsung.

5. Timun

Tak hanya membantu menurunkan berat badan, timun (Cucumis sativus) juga mengandung antioksidan yang sering dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung, demikian dikutip dari Healthline. Di samping itu, timun dapat menangani konstipasi dan menurunkan kadar gula darah.

6. Pohpohan

Pohpohan (Pilea melastomoides) memiliki wangi yang khas seperti mint. Ia juga kaya akan kalsium. Zat ini tak hanya baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang, tetapi juga berguna untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengurangi gejala PMS, serta mengontrol tekanan darah tinggi.

7. Tespong

Pernah mendengar sayur lalapan yang satu ini? Jika belum, Anda mungkin bisa mencobanya. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Informatics Journals, daun tespong (Oenanthe javanica) memiliki aktivitas antimikroba, antidiabetes, antivirus hepatitis B, dan antitoksik.

8. Kol

Kol (Brassica oleracea) sangat tinggi vitamin C dan K, yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dilansir Healthline, makan kol juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit tertentu, memperbaiki gangguan pencernaan, dan memerangi peradangan.

9. Selada

Tanaman ini populer karena manfaatnya memang sangat besar. Selada (Lactuca sativa) tinggi akan antioksidan dan nutrisi lain seperti vitamin A, C, K, dan potasium. Tak heran bila sayuran hijau ini dapat membantu melawan penyakit diabetes dan kanker. Sementara itu, omega-3 di dalamnya mampu melindungi jantung dan meningkatkan kesehatan kulit serta rambut.

10. Petai

Walau menimbulkan bau tak sedap, petai (Parkia speciosa) faktanya memiliki manfaat kesehatan yang sangat sedap. Tanaman ini tinggi akan kadar antioksidan fenolic acid, yang diperlukan untuk melawan radikal bebas. Artinya, petai dapat membantu mencegah diabetes, darah tinggi, kanker, dan tukak lambung.

Perlu diingat bahwa meski sayur lalapan bisa dikonsumsi mentah, Anda tetap harus memperhatikan kebersihannya. Sebelum menyantapnya, pastikan untuk mencucinya dengan benar agar kotoran dan kuman yang melekat dapat hilang. Selamat melahap lalapan dengan lahap!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar