HomeGaya hidupDiet dan NutrisiRutin Minum Kunyit, Cara Mudah Lancarkan Haid
Diet dan Nutrisi

Rutin Minum Kunyit, Cara Mudah Lancarkan Haid

Bobby Agung Prasetyo, 09 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kunyit memiliki manfaat luar biasa untuk menangani masalah haid Anda.

Rutin Minum Kunyit, Cara Mudah Lancarkan Haid

Kunyit, kunir, atau nama latinnya Curcuma longa, adalah salah satu jenis rempah yang populer di Benua Asia. Orang-orang memanfaatkannya untuk berbagai macam hal, termasuk untuk bumbu masakan dan pengobatan herbal, salah satunya untuk masalah haid.

Penyebaran kunyit dimulai dari kawasan India, lalu ke Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, kemudian sampai Australia, bahkan Afrika.

Hampir setiap orang Indonesia, India, serta bangsa Asia pernah mengonsumsi tanaman ini, baik dalam makanan ataupun sebagai bagian dari pengobatan.

Khasiat kunyit terbukti relevan untuk segala macam kondisi, mulai dari kesehatan organ pencernaan, daya tahan tubuh, hingga organ intim. Hal itu turut disampaikan oleh dr. Nitish Basant Adnani.

“Ekstrak kunyit memiliki efek antioksidan, koleretik (menstimulasi aliran empedu), kolekinetik (menstimulasi kontraksi kantong empedu), antiradang, antikanker, antimikroba, dan antiradang,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Nitish menjelaskan bahwa berbagai uji klinis telah menunjukkan bahwa kunyit bermanfaat dalam mengurangi gejala penyakit mag, seperti nyeri perut, mual, muntah, dan kembung.

Ditambah lagi, banyak sekali penelitian yang melaporkan bahwa bubuk kunyit serta kurkuma menunjukkan manfaat yang baik. Sejauh ini, tidak ada efek samping bermakna yang diamati pada penggunaan kunyit.

Berbicara soal kunyit, dari sekian banyak kasus, ia juga berperan dalam membantu wanita melewati proses menstruasi. Ya, siklus haid yang datang pada waktunya, terkadang menyiksa di awal meski akhirnya reda. Lantas, bagaimana kunyit berperan dalam melancarkan haid?

Peran Kunyit Saat Haid

Zat kurkumin dalam kunyit dapat meringankan berbagai macam rasa sakit, salah satunya saat pramenstruasi, lewat proses neurotransmiter.

Artikel Lainnya: Sederet Bahaya Kunyit yang Mesti Anda Waspadai

Saat bereaksi dalam tubuh, kurkumin yang merupakan senyawa kimia akan memengaruhi otak dan melemahkan rasa sakit. Hal ini turut memengaruhi perubahaan suasana hati yang terjadi selama PMS.

Kunyit dapat sangat membantu menangani masalah yang sering terjadi pada haid, seperti:

1. Mengurangi lemas dan nyeri otot

Rasa sakit pada otot dan tulang wajar dialami oleh wanita saat haid melanda. Dengan mengonsumsi kunyit, tubuh akan mendapat tambahan energi sekaligus obat alami untuk mengurangi rasa lemas dan nyeri.

Kunyit yang bersifat antiinflamasi tidak akan memberikan efek samping pada perut dan lambung Anda. Sehingga, mengonsumsinya saat haid datang menjadi pilihan yang tepat.

2. Memperlancar haid

Kunyit yang memiliki aktivitas estrogenik dapat merangsang uterus yang sekaligus membantu melancarkan siklus menstruasi. Hal ini berdampak pada terpicunya aliran darah.

3. Menghindari kembung selama haid

Kurkumin pada kunyit dapat membantu meringankan gejala kembung yang terjadi selama atau sebelum menstruasi. Ya, peran mengatasi rasa kembung ini juga dapat dimanfaatkan bagi Anda yang sedang dilanda mag.

4. Terhindar dari infeksi

Selama menstruasi, tubuh wanita cenderung rentan terhadap infeksi. Dengan mengonsumsi kunyit yang memiliki keunggulan sebagai agen antimikroba, tubuh akan terhindar dari segala macam infeksi akibat bakteri serta kuman kotor sekitar Anda.

Jika dikonsumsi secara teratur, kunyit berkhasiat menjaga keseimbangan stamina dalam kondisi apa pun, termasuk menjelang haid. Untuk melancarkan menstruasi, mengatasi nyeri haid, keputihan dan bau badan, kunyit bisa menjadi salah satu jawabannya. Yuk, rutin minum kunyit!

[RS/ RVS]

 

Manfaat KunyitMenstruasiKunyitHaidKurkuma

Konsultasi Dokter Terkait