Sukses

Penyedap Rasa Alami untuk Gantikan MSG

Ingin beralih dari MSG? Berikut ini beberapa penyedap rasa alami yang bisa Anda coba.

MSG atau monosodium glutamate menjadi andalan sebagian besar orang. Penyedap rasa ini sering kali menjadi solusi untuk memasak berbagai macam makanan.

Sesekali tentu tidak masalah. Namun, apabila MSG digunakan terus-menerus, ini dapat berdampak buruk pada kesehatan, seperti peningkatan tekanan darah dan risiko akan penyakit kronis lainnya.

Meski resmi dinyatakan aman oleh BPOM dan FDA Amerika Serikat sejak lama, masih banyak yang berusaha menghindarinya. Apabila ada alternatif alami yang lebih sehat, mengapa tidak? 

Berikut beberapa penyedap rasa alami yang dapat Anda pertimbangkan sebagai pengganti MSG: 

1. Garam dan Gula

Gula dan garam menjadi salah satu alternatif penyedap rasa alami yang mudah didapat, selain harganya yang cukup terjangkau.

Bumbu alami pengganti MSG ini dapat Anda tambahkan ke dalam masakan sesuai selera. Jika tak ingin hanya rasa asin, Anda dapat menambahkan sedikit gula ke dalam masakan.

Mungkin Anda tidak mengetahuinya. Namun, tambahan gula ke dalam masakan dapat memberi rasa gurih sebagai penyeimbang rasa.

Artikel Lainnya: Terlalu Banyak Makan MSG Membuat Sakit Kepala, Benarkah?

1 dari 5 halaman

2. Lada Hitam dan Lada Putih

Jika Anda suka rasa pedas pada masakan, tak perlu repot. Selain cabai, ada lada hitam dan lada putih yang siap menjadi alternatif penyedap rasa alami untuk masakan Anda.

Sebagai pengganti MSG yang juga merupakan alternatif rasa pedas dari cabai, lada memberikan rasa hangat yang mampu menambah kelezatan suatu masakan dengan cara uniknya.

3. Bawang Merah dan Bawang Putih

Rasanya tidak lengkap bila masakan Anda tidak ditambahkan bawang merah dan bawang putih. Ya, kedua penyedap rasa alami ini seakan sudah menjadi bumbu wajib di dalam masakan, terutama masakan Asia.

Bawang putih dapat digunakan sebagai alternatif penyedap rasa. Bawang ini juga merupakan bahan alami yang dapat memperkuat cita rasa masakan.

Artikel Lainnya: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

2 dari 5 halaman

4. Terasi

Bagi Anda yang suka terasi, bumbu ini bisa menjadi alternatif penyedap rasa alami yang bisa Anda gunakan. Bubuk ikan dan udang kecil yang melalui proses fermentasi ini sering digunakan di Asia, terutama Indonesia. Rasanya yang khas dapat membawa nuansa tersendiri ke dalam makanan.

Terasi dapat digunakan sebagai bumbu pada lauk, maupun tambahan pada makanan karbohidrat, seperti nasi dan mie goreng. Pengganti MSG ini juga dapat digunakan untuk menumis sayuran, hingga yang paling sering ditemukan dibuat menjadi sambal.

5. Kaldu Ayam dan Sapi

Bubuk atau blok kaldu ayam maupun sapi yang dijual di pasaran kebanyakan sudah mengandung MSG. Agar menghindari paparan dari MSG kembali, bagaimana jika Anda mencoba membuat sendiri kaldu di rumah?

Kaldu dapat Anda siapkan dalam beberapa hari atau sehari sebelum digunakan. Apabila berlebih, Anda pun masih bisa menggunakannya di kemudian hari dengan menyimpan sisa bumbu di dalam freezer.

Pembuatan bumbu kaldu dapat dilakukan dengan merebus tulang ayam maupun sapi selama 1-3 jam menggunakan api kecil. Nah, nanti hasil air rebusan tulang akan memiliki rasa gurih dan sedap yang pas menjadi penyedap rasa alami.

Artikel Lainnya: Mengenal Kaldu Jamur, Penyedap Rasa Pengganti Micin

3 dari 5 halaman

6. Kecap Asin atau Manis

Kecap yang mengandung garam serta kaya akan glutamat masuk ke dalam daftar bumbu yang terkenal di dunia kuliner Asia. Kecap ini telah melewati proses fermentasi sehingga memiliki kandungan glutamat alami.

Kecap ini dapat menjadi alternatif penyedap rasa alami yang lezat dan praktis untuk menambah cita rasa masakan Anda.

7. Tomat

Tahukah Anda bahwa tomat dapat menjadi alternatif pengganti MSG yang sehat? Tomat merupakan sumber glutamat alami dan merupakan kandungan yang memberi rasa umami di dalam saus marinara dan sejenisnya.

Anda bisa memadukannya dengan saus tomat untuk rasa asin yang lebih terasa. Jadi, Anda dapat menggunakan lebih banyak saus tomat dibandingkan tomat segar maupun tomat kaleng.

Artikel Lainnya: Berapa Gula, Garam, dan MSG yang Diperbolehkan untuk Anak?

4 dari 5 halaman

8. Keju Parmesan

Menjadi sumber glutamat alami lainnya, keju parmesan memberi cita rasa asin dan mirip daging. Sama halnya seperti kecap, glutamat dalam keju parmesan merupakan suatu produk sampingan dari fermentasi.

Keju parmesan lebih terkenal sebagai penyedap rasa alami dan pengganti MSG di dalam masakan Italia. Bumbu alternatif ini bisa saja tidak akan cocok apabila dipadukan ke dalam masakan Asia.

Meski demikian, keju parmesan merupakan sumber alami rasa umami dan sama efektifnya dalam menyampaikan cita rasa tersebut layaknya MSG.

Penggunaan MSG dalam kadar yang terbatas merupakan hal yang aman dilakukan. Namun, jangan lupa bahwa terdapat banyak pilihan yang dapat Anda gunakan untuk menjadi alternatif penyedap rasa alami. Jadi, bagaimana jika Anda mulai memasak dengan bahan-bahan tersebut?

Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar MSG atau penyedap rasa alami, Anda bisa bertanya langsung kepada dokter melalui Live Chat 24 Jam di KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar