Diet dan Nutrisi

Penyedap Rasa Alami untuk Gantikan MSG

dr. Nabila Viera Yovita, 30 Mei 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin beralih dari MSG atau monosodium glutamate? Berikut ini beberapa penyedap rasa alami yang bisa Anda coba.

Penyedap Rasa Alami untuk Gantikan MSG

MSG atau monosodium glutamate menjadi andalan sebagian besar orang. Penyedap rasa ini sering kali menjadi solusi untuk memasak berbagai macam makanan.

Sesekali tentu tidak masalah. Namun, apabila MSG digunakan terus-menerus dan berlebihan, ini dapat berdampak buruk pada kesehatan, seperti peningkatan tekanan darah dan risiko penyakit kronis lainnya.

Meski resmi dinyatakan aman oleh BPOM dan FDA Amerika Serikat sejak lama, masih banyak yang berusaha menghindari MSG. Apabila ada alternatif alami yang lebih sehat, mengapa tidak? 

Berikut ini beberapa penyedap rasa alami yang dapat Anda pertimbangkan sebagai pengganti MSG: 

1. Kaldu Daging

Untuk mendapatkan rasa terbaik, buatlah kaldu sendiri dengan memasak tulang, daging dan berbagai rempah sesuai selera dalam panci. 

Kaldu daging dapat meningkatkan cita rasa umami dalam makanan. Bahkan, rasanya mirip dengan MSG. 

Hal ini dikarenakan keduanya mengandung kadar glutamate yang tinggi, yakni suatu asam amino yang ditemukan dalam protein daging. Semakin masak kaldu tersebut, semakin tinggi konsentrasi glutamate di dalamnya.

Artikel lainnya: Terlalu Banyak Makan MSG Membuat Sakit Kepala, Benarkah?

2. Kecap

Kecap yang mengandung garam serta kaya akan glutamate masuk ke dalam daftar bumbu yang terkenal di dunia kuliner Asia. Kecap ini telah melewati proses fermentasi sehingga memiliki kandungan glutamate alami.

Karena itu, kecap dapat menjadi alternatif penyedap rasa alami yang lezat dan praktis untuk menambah cita rasa masakan Anda.

3. Garam

Meski tidak terdengar kreatif sebagai opsi lain penggunaan MSG, garam merupakan penambah rasa yang sangat efektif. 

Jenis garam yang digunakan berperan besar dalam kesuksesan sebuah masakan. Gunakanlah garam laut atau garam dapur untuk hasil yang terbaik. 

4. Ikan Teri

Salah satu ikan dengan kadar glutamate tinggi dan mudah ditemukan adalah teri. Ketika ditambahkan ke berbagai saus, pasta, dan masakan lainnya, Anda bisa mendapatkan cita rasa umami yang menggiurkan. 

Apabila Anda tidak menyukai rasa ikan, tenang saja karena rasanya tidak dapat terdeteksi setelah diolah dalam masakan. 

Artikel lainnya: Benarkah Kebiasaan Makanan Bermicin Bisa Terkena Kista Ovarium?

5. Rempah-Rempah

Berbagai rempah seperti bawang putih, lada, dan rosemary mampu memberi cita rasa pedas dan asin ke makanan. 

Selain itu, kunyit dan jinten juga dapat menjadi alternatif MSG dan mampu memberikan rasa hangat ke dalam suatu masakan. 

Apabila Anda membeli rempah yang sudah jadi, pastikan rempah tersebut tidak mengandung MSG tambahan atau protein nabati yang terhidrolisis. 

6. Keju Parmesan

Contoh penyedap rasa alami lainnya adalah keju parmesan. Keju Italia ini memiliki kandungan monosodium glutamate yang tinggi karena proses fermentasi. 

Proses ini menghasilkan asam amino, yang memberi rasa asin ke pasta, pizza dan risotto, juga masakan Italia lainnya. 

Bagian luar keju parmesan mengandung cita rasa umami dan dapat ditambahkan ke berbagai sup dan casserole.

7. Jamur Shitake

Jamur ini memiliki konsentrasi glutamate yang tinggi, dan sering kali ditambahkan ke dalam lauk. 

Salah satu makanan yang dapat ditambahkan jamur shitake adalah bakmi! Cobalah kombinasi yang lezat ini untuk makan siang Anda.

Artikel lainnya: Mengenal Kaldu Jamur, Penyedap Rasa Pengganti Micin

8. Ekstrak Ragi

Biasa digunakan dalam pembuatan bir dan roti, ekstrak ragi dapat meningkatkan rasa asin dengan mudah sehingga bisa menjadi bahan penyedap rasa alami. 

Anda bisa mendapatkannya di toko-toko online. Pastikan Anda menambahkan ekstrak ragi dalam jumlah secukupnya. 

9. Rumput Laut Dulse

Rumput laut jenis dulse memiliki rasa asin yang ringan dengan aroma laut. Cara termudah mendapatkannya adalah di toko yang menjual berbagai rempah Asia dalam bentuk dikeringkan.

Memasukkan rumput laut dulse ke dalam masakan akan memberi cita rasa daging yang sedap. 

Tidak semua orang menyukai penggunaan MSG. Apabila Anda membutuhkan penyedap alami, Anda dapat menggunakan alternatif seperti kaldu daging, kecap, garam, ikan teri, rempah-rempah, dan lainnya. 

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, gunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi dengan dokter. Gratis!

[RS]

penyedap rasaMSG

Konsultasi Dokter Terkait