Sukses

Kiat Memperbaiki Alis Rontok

Berbagai cara dilakukan wanita untuk memperoleh alis yang sempurna. Lantas, apa jadinya kalau alis rontok?

Klikdokter.com, Jakarta Alis berfungsi sebagai pelindung mata dari tetesan keringat, air hujan, ataupun sinar matahari yang berlebihan. Alis juga punya fungsi sosial sebagai penanda ekspresi dan proses pengenalan wajah. Semakin tebal dan proporsional, maka semakin menarik pula penampilan, khususnya wanita. Sayangnya, alis lebat dan penuh tak dimiliki semua wanita. Inilah mengapa banyak orang melakukan berbagai perawatan supaya alis terlihat lebat. Tak heran, ketika mendapati alis rontok—khususnya yang beralis tipis—pasti panik!

Ketebalan alis dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah faktor genetik. Ada yang memang terlahir dengan alis lebat, ada juga yang harus pasrah dengan alis tipis, seperti sejumlah artis yang disebut oleh dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter berikut ini.

“Iri rasanya melihat supermodel seperti Cara Delevingne dan aktris Lily Collins. Pasalnya, mereka memiliki alis tebal dan indah tanpa bantuan riasan wajah, apalagi operasi bedah. Tidak dimungkiri, alis tebal dan indah memang bisa menambah rasa percaya diri wanita yang memilikinya. Karena itu, tidak sedikit yang menggantungkan harapannya pada pensil alis, bahkan sulam alis,” katanya.

Seperti rambut, alis juga bisa mengalami kerontokan. Pastinya Anda pernah mendapati ada sehelai atau dua helai alis yang menempel di pipi atau di jari setelah Anda mengusap mata. Bagi yang beralis tebal mungkin hal ini bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan, tapi bagi yang beralis tak seberapa, ini bisa bikin frustasi!

Mengatasi alis rontok

Kehilangan alis bisa terjadi akibat genetika, defisiensi nutrisi, kecelakaan seperti luka bakar, dan lain-lain. Perawatan medis seperti kemoterapi atau perubahan hormon yang terjadi selama menopause dan kehamilan juga turut menyebabkan seseorang kehilangan alis. Jenis rambut rontok ini sangat terlihat karena alis merupakan fitur wajah yang menonjol.

Pertumbuhan alis normal membutuhkan waktu sekitar enam hingga delapan minggu. Dalam beberapa kasus kehilangan alis, seperti overplucking atau perubahan hormonal, rambut alis akan tumbuh kembali dengan sendirinya. Namun, untuk mempercepat proses atau menstimulasi pertumbuhan pada kasus kehilangan alis yang permanen dengan cara-cara di bawah ini.

1. Suplemen

Kehilangan alis dapat dikaitkan dengan defisiensi nutrisi. Konsumsilah suplemen vitamin harian. Cari suplemen yang mengandung kadar tinggi protein, serta vitamin A dan E. Nutrisi ini mendorong pertumbuhan rambut yang sehat, termasuk alis.

2. Obat perangsang rambut

Oleskan pengobatan topikal yang mengandung minoxidil, semacam zat pemicu tumbuhnya rambut. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan busa ke area alis Anda selama dua kali sehari. Ketika Anda mulai melihat pertumbuhan rambut, gunakan busa sekali atau dua kali dalam seminggu. Berhati-hatilah agar mata Anda tidak terkena busa.

3. Cangkok alis

Menurut International Society of Hair Restoration Surgery, rambut dapat ditransplantasikan ke alis dari area donor. Potongan kulit yang mengandung rambut dapat dicangkokkan ke area alis juga.

Anda mungkin memenuhi syarat untuk operasi transplantasi jika ada penyakit atau perawatan medis yang menyebabkan hilangnya alis Anda telah diobati atau diselesaikan. Namun, perawatan ini tetap perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk mengetahui efek sampingnya.

4. Menggunakan riasan

Riasan ini digunakan saat Anda sedang menjalani sejumlah perawatan di atas. Lewat pemakaian pensil yang cocok dengan warna alis, isi bagian-bagian yang jarang, lalu oleskan bedak alis untuk membaur dengan pensil. Anda juga bisa menggunakan stensil untuk menggambar alis yang benar-benar rontok. Tambahkan gel alis untuk mencegah pensil memudar sepanjang hari.

Asupan makanan juga penting untuk mengimbangi deretan perawatan alis di atas. “Sejumlah zat gizi bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau dan merah, daging, ikan, ayam, susu, roti gandum, sereal, serta kacang-kacangan. Selain itu, jangan lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari,” ujar dr. Karin.

Alis rontok bisa diakibatkan oleh sejumlah kondisi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menjalankan kiat-kiat yang telah dijabarkan di atas. Kemungkinan besar alis akan tumbuh kembali setelah hormon kembali normal, atau kesehatan kembali pulih. Namun jika kondisi alis rontok tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar