Sukses

Kiat Jaga Stamina di Usia 40 Tahun

Memasuki usia 40 tahun, stamina dan kebugaran bisa menurun. Bagaimana cara menjaga stamina di usia empat puluh tahun? Simak tipsnya di sini.

Seiring bertambahnya usia, kita pasti ingin tetap bugar dan punya stamina kuat. Terlebih di usia 40 tahun, cukup banyak yang mulai terkena penyakit kronis di usia ini, seperti diabetes, hipertensi, dan sebagainya.

Kebanyakan orang tidak menyadari mereka telah menderita suatu penyakit kronis. Akhirnya, perlahan stamina tubuh akan menurun karena penyakit tersebut.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar tetap bugar di usia empat puluh tahun. Simak di bawah ini.

1 dari 5 halaman

1. Perhatikan Asupan Makanan

Peran nutrisi terhadap kesehatan fisik dan mental sering dipandang sebelah mata.

Masih banyak orang di usia empat puluh tahun yang kurang memerhatikan apa yang mereka konsumsi. Padahal, makanan berperan penting agar tetap bugar di usia itu.

Hindari makanan dengan kandungan gula tinggi. Gula memang dapat dengan cepat diserap tubuh, serta meningkatkan mood dan stamina.

Namun, hal tersebut hanya untuk jangka waktu yang sebentar. Apabila kadar gula mulai hilang, mood dan stamina juga dapat menurun.

Artikel Lainnya: 8 Cara agar Lansia Bisa Meningkatkan Level Stamina

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Selain makanan, menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh juga sama pentingnya. Ini karena tubuh kita juga membutuhkan elektrolit agar dapat berfungsi dengan baik, apalagi di usia 40 tahun.

Setelah seharian beraktivitas, pastinya tubuh kehilangan banyak cairan. Agar tubuh terhidrasi dengan baik, cukupi asupan cairan Anda minimal delapan gelas per hari.

2 dari 5 halaman

3. Istirahat Cukup

Kualitas tidur yang baik juga jadi salah satu cara menjaga stamina. Menurut informasi dalam Journal of Clinical Sleep Medicine tahun 2015, orang dewasa harus memenuhi kebutuhan tidur minimal tujuh jam setiap malamnya untuk kesehatan yang optimal.

Apabila kurang dari tujuh jam, dapat menyebabkan peningkatan berat badan, diabetes, hipertensi, penyakit jantung dan stroke, depresi, serta meningkatkan risiko kematian.

Selain itu, kekurangan jam tidur dari yang dianjurkan juga dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuat performa Anda tidak maksimal dalam beraktivitas.

Artikel Lainnya: Meningkatkan Stamina Pria dengan 9 Makanan Ini

4. Menjaga Berat Badan

Anda pasti sudah tahu, berat badan berlebih menjadi faktor risiko timbulnya berbagai penyakit. Orang dengan berat badan berlebih juga cenderung lebih malas bergerak, sehingga berpengaruh terhadap stamina tubuhnya.

Oleh karena itu, menjaga stamina juga bisa dilakukan dengan menjaga berat badan Anda.

Ketahuilah indeks massa tubuh masing-masing, apabila berlebih maka segera lakukan diet sehat untuk menurunkannya.

3 dari 5 halaman

5. Kurangi Stres

Cara ini bukan hanya dilakukan di usia empat puluh tahun, tapi juga harus diterapkan seumur hidup. Stres memang bukanlah suatu penyakit, tapi bila berlangsung lama dapat mengganggu kesehatan Anda.

Jika tetap optimis,tingkat stres akan menjadi lebih rendah. Hal ini juga berpengaruh pada kinerja Anda dalam berkegiatan yang menjadi lebih baik karena stamina yang juga lebih baik.

6. Rutin Cek Kesehatan

Sangat penting untuk check-up rutin ke dokter di usia empat puluh tahun. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, fungsi organ juga akan menurun dan membuat Anda rentan terkena berbagai penyakit kronis.

Oleh karena itu, rutinlah cek kesehatan ke dokter paling tidak setiap enam bulan sekali. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui kemungkinan risiko terkena penyakit kronis saat usia lanjut.

Artikel Lainnya: Narkoba Menambah Stamina, Mitos atau Fakta?

4 dari 5 halaman

7. Rutin Olahraga

Karena 40 tahun dianggap bukan usia yang muda lagi, banyak yang jadi malas berolahraga.

Padahal, olahraga memiliki banyak manfaat, seperti mengontrol berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, menguatkan tulang dan otot, serta meningkatkan kesehatan mental.

Lakukan olahraga rutin minimal tiga puluh menit per hari agar stamina terjaga. Tidak perlu repot ke gym, Anda bisa juga melakukan olahraga ringan seperti jogging, berenang, jalan santai, bersepeda, dan aerobik.

8. Variasikan Aktivitas

Setelah rutin berolahraga, pikiran dan tubuh pun akan menjadi terbiasa melakukan olahraga tersebut. Ada baiknya bila Anda memvariasikan jenis olahraga agar ketahanan fisik dan mental jadi bertambah.

Misalnya, Anda jogging hari ini, besoknya coba berenang atau bersepeda. Dengan begitu, ketahanan fisik dan stamina akan meningkat.

Itulah beberapa tips agar tetap bugar di usia empat puluh tahun. Jangan ragu berkonsultasi ke dokter untuk bantu memelihara kesehatan Anda lewat fitur Live Chat dari Klikdokter. Anda bisa pilih sendiri dokter yang diinginkan sesuai keluhan kesehatan.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berat badan ideal lebih praktis dengan menggunakan Kalkulator BMI.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar