Sukses

5 Buah Ini Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

Ingin turunkan kadar kolesterol tinggi? Coba konsumsi 5 buah berikut ini!

Klikdokter.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa buah-buahan dapat membantu mengatasi kolesterol tinggi? Buah-buahan mengandung banyak zat gizi yang bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol Anda.

Kolesterol adalah suatu senyawa lemak berlilin yang diproduksi oleh tubuh, tepatnya oleh organ hati. Sebagian kebutuhan kolesterol tubuh juga dipenuhi dari asupan makanan sehari-hari. Di dalam tubuh, terdapat dua jenis kolesterol utama, yaitu terdiri dari low-density lipoprotein (LDL/kolesterol “jahat”) dan high-density lipoprotein (HDL/kolesterol “baik”).

LDL adalah kolesterol yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti sumbatan di peredaran darah yang biasanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah. Sedangkan, HDL justru memiliki kontribusi untuk membantu organ hati mengeluarkan kelebihan LDL dari dalam tubuh.

Kolesterol dipengaruhi sejumlah faktor

Kolesterol memiliki beberapa fungsi bagi tubuh, seperti untuk memproduksi beberapa hormon, vitamin D, dan asam empedu. Meskipun kolesterol memiliki serangkaian manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi Anda harus tetap menjaga agar kadar kolesterol darah selalu dalam keadaan normal.

Sebab, kadar kolesterol yang terlampau tinggi dapat menimbulkan beberapa penyakit yang berkaitan dengan sistem jantung dan peredaran darah. Ketika kadar kolesterol sudah telanjur tinggi, maka Anda harus segera menurunkannya.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kadar kolesterol tubuh Anda, yaitu:

  • Berat badan berlebih

Pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih, cenderung memiliki kadar HDL yang rendah. Kondisi ini tentu memengaruhi kadar kolesterol secara menyeluruh di dalam darah.

  • Kurang aktivitas fisik dan olahraga

Jika seseorang memiliki kebiasaan kurang beraktivitas fisik bahkan kurang olahraga, maka dapat membuat kadar HDL di dalam darah menurun.

  • Usia

Umumnya, kadar kolesterol di dalam darah cenderung akan meningkat ketika melewati usia 20 tahun. Dengan begitu, makin bertambahnya usia akan meningkatkan risiko memiliki kadar kolesterol lebih tinggi.

  • Riwayat keluarga

Bila terdapat riwayat memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam keluarga, maka akan meningkatkan risiko untuk memiliki kadar kolesterol yang tinggi pula.

  • Asupan makanan

Kebiasaan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol daapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah.

2 dari 3 halaman

Turunkan kolesterol tinggi dengan buah

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, Anda perlu menjaga asupan makanan yang rendah kolesterol. Ada beberapa makanan yang bisa Anda pilih untuk membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi berbagai buah-buahan juga dipercaya dapat menjadi upaya bagi Anda untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh Anda. Berikut ini adalah buah-buahan tersebut:

1. Apel

Sebuah penelitian di The Florida State University menemukan bahwa pada wanita lanjut usia yang mengonsumsi apel setiap hari dalam 6 bulan mengalami penurunan hingga 23% kadar LDL dan peningkatan 4% kadar HDL di dalam darah.

Kandungan polifenol pada apel merupakan suatu antioksidan yang dapat menghambat proses oksidasi dari LDL. Dengan proses penghambatan ini, dapat menurunkan risiko pembentukan kolesterol di pembuluh darah dan penyempitan pembuluh darah.

2. Pisang

Konsumsi pisang dipercaya dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Serat di dalam pisang dapat membantu menurunkan kadar LDL di dalam tubuh. Secara jelas, serat tersebut membuat penyerapan kolesterol menjadi lambat di dalam darah.

Selain itu, kandungan kalium di dalam pisang juga berkontribusi dalam menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi serat juga dapat membantu menurunkan berat badan yang pada akhirnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pula.

3. Stroberi

Hasil penelitian menemukan bahwa stroberi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL di dalam darah. Selain itu, stroberi juga dipercaya dapat menurunkan kadar trigliserida yang merupakan komponen kolesterol darah pula. Kandungan serat dan phytosterol di dalam stroberi diketahui dapat memberikan efek pada kadar LDL.

4. Jus Jeruk

Kebanyakan jeruk kaya akan kandungan sterol yang dipercaya dapat menurunkan kadar LDL. Kemudian, jus jeruk diketahui dapat meningkatkan kadar HDL di dalam darah. Sebuah penelitian menemukan peningkatan kadar HDL hingga 21% pada pria dan wanita yang mengonsumsi 750 ml jus jeruk setiap hari.

5. Anggur

Mengonsumsi buah anggur dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida di dalam darah. Hal ini dipercaya terjadi karena kandungan pterostilbene yang dimiliki anggur. Pterostilbene memengaruhi enzim yang terlibat dalam proses pengaturan kadar lemak darah.

Itulah beberapa buah yang bisa membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Selain menurunkan kadar kolesterol, buah-buahan bisa menjadi sumber asupan serat yang dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan masih banyak manfaat lainnya bagi kesehatan Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar