Kesehatan Umum

Cegah Badan Lemas Akibat Begadang dengan Cara Ini

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 01 Apr 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Hobi begadang namun tak ingin mengalami badan lemas? Ini cara yang bisa Anda lakukan.

Cegah Badan Lemas Akibat Begadang dengan Cara Ini

Bagi para pekerja shift malam, begadang merupakan tindakan yang mau tidak mau harus dilakukan. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya badan lemas, khususnya jika orang tersebut tidak melakukan tindakan pencegahan.

Nah, jika Anda adalah salah satu individu yang kerap begadang namun tak ingin mengalami badan lemas kemudian, berikut beberapa kiat yang bisa dilakukan:

1. Mengonsumsi makanan kaya vitamin B

Ketika seseorang tidak tidur sepanjang malam karena harus bekerja, tubuh menggunakan vitamin B dalam jumlah yang lebih, termasuk vitamin B12, yang merupakan salah satu sumber energi utama tubuh. Keadaan ini tak hanya menyebabkan terjadinya badan lemas, tapi juga gangguan fungsi kognitif dan penurunan mood.

Agar tidak mengalami hal tersebut, Anda dapat mengganti vitamin B12 yang hilang saat begadang dengan mengonsumsi makanan seperti daging sapi, keju, sayur-sayuran, dan sejenisnya.

2. Mengonsumsi ginseng

Kortisol merupakan salah satu hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, dan dilepaskan sebagai respons terhadap fungsi tubuh normal, termasuk saat bangun pagi.

Kadar kortisol umumnya paling rendah pada dini hari, dimana seseorang seharusnya tertidur. Namun, pada orang yang begadang, kadar kortisol yang tetap tinggi dapat membuat tubuh berada dalam kondisi stres, sehingga tekanan darah meningkat, menyebabkan ansietas dan perubahan mood, serta menurunkan respons daya tahan tubuh.

Untuk membantu mencegah keadaan tersebut, cobalah untuk mengonsumsi olahan ginseng, baik dalam bentuk teh atau lainnya. Jika tidak terlalu suka, Anda dapat menemukan kebaikan ginseng pada suplemen yang dijual bebas di pasaran.

3. Hindari gula dan karbohidrat

Selama begadang, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gula maupun karbohidrat. Makanan tersebut dapat menyebabkan penurunan kadar gua darah dalam waktu singkat, yang pada akhirnya membuat energi Anda terkuras habis, sehingga badan lemah tak bisa dihindari lagi.

Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein, serat dan lemak sehat seperti alpukat.

4. Menambahkan minyak kelapa

Ingin makan malam saat begadang? Tambahkan sedikit minyak kelapa pada makanan yang hendak Anda konsumsi.

Meski terkesan aneh, minyak kelapa ternyata bisa mengembalikan kadar energi Anda dengan cepat. Hal ini berkat kandungan asam lemak berantai yang ada di dalamnya.

5. Cukupi waktu tidur

Mencukupi waktu untuk beristirahat alias tidur menjadi cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi badan lemas akibat begadang. Penelitian yang ada membuktikan bahwa tidur dengan durasi yang sesuai dapat meningkatkan kesigapan sepanjang hari. Karena itu, usahakanlah untuk tidur selama 8 jam dalam sehari.

Begadang memang tidak dilarang. Namun jangan biarkan diri Anda mengalami badan lemas setelahnya. Lakukan kiat di atas, dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gangguan kesehatan akibat terlalu sering begadang.

[NB/ RVS]

Karbohidratgangguan kesehatantidurBegadangBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait