Sukses

Cara Ini Bikin Wajah Putih dan Mulus seperti Artis Korea

Siapa tak ingin memiliki wajah putih dan mulus bak artis Korea? enam langkah ini adalah rahasianya!a

Klikdokter.com, Jakarta Tren dunia kecantikan selalu berubah, hingga terkadang sulit untuk memilih dan mengikutinya. Kini, banyak masyarakat menggeser “kiblat” kecantikannya dari standar belahan dunia Barat, ke Timur. Korea terutama, kini telah menjadi tujuan perawatan kulit dan kecantikan wanita dari berbagai belahan dunia. Berbeda dengan tren di Barat, tren kecantikan di Asia seperti Korea dan Jepang lebih mengutamakan kulit yang sehat, yang memang identik dengan wajah yang putih dan mulus.

Sebelumnya perlu diingat, genetik setiap manusia berbeda-beda. Tidak semua orang Korea tentunya memiliki kulit yang putih, tapi memang mereka terkenal dengan kulitnya yang terawat dan bercahaya. Oleh sebab itu, jangan menjadikan kulit yang lebih putih sebagai tujuan perawatan kulit Anda, tapi lebih ke kondisi kulit yang sehat, mulus, dan bercahaya.

Banyak artis Korea menjadi panutan tentang bagaimana hidup sehat dan menyayangi kulit mereka agar sehat dan terawat. Rahasia wajah putih dan mulus ala artis Korea dimulai dengan gaya hidup sehat yang dijalaninya. Kebanyakan masyarakat di negara-negara di Asia Timur seperti Korea dan Jepang terkenal akan kegemarannya makan ikan dan sayur. Ikan merupakan sumber protein dan omega-3 yang baik untuk tubuh, termasuk kulit. Sedangkan sayuran dan buah kaya akan berbagai vitamin dan mineral, yang akan membantu menutrisi kulit dari dalam.

Langkah-langkah perawatan kulit

Untuk perawatan wajah, Korea terkenal dengan 10 langkah perawatan kulitnya atau yang dikenal dunia sebagai “10 steps of Korean skincare routine”. Langkah-langkah ini cukup kompleks dan mengintegrasikan berbagai fungsi perawatan kulit yang berbeda di dalamnya.

Dengan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit harian, Anda pun bisa mencontek kebiasaan ini untuk mendapatkan wajah mulus seperti artis Korea. Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa Anda ikuti untuk memiliki wajah terawat seperti artis Korea.

1. Cek kebutuhan kulit harian

Dunia kecantikan Korea percaya bahwa kulit memiliki kebutuhan yang berbeda setiap harinya. Pertama, kenali tipe kulit wajah Anda secara umum; kering, normal, berminyak, atau bahkan kombinasi. Kenali juga waktu-waktu tertentu saat kulit mengalami perubahan, misalnya saat cuaca panas, saat menstruasi, saat terlalu banyak minum susu, dan lain-lain.

Memeriksa kebutuhan kulit harian akan memberikan Anda petunjuk tentang langkah perawatan apa yang sebaiknya dilakukan, dan produk apa yang sebaiknya Anda pakai. Misalnya, jika Anda memoleskan riasan yang cukup tebal pada siang hari, maka bersihkan dengan pembersih khusus kosmetik usai beraktivitas. Anda bisa menambahkan perawatan ekstra seperti masker atau eksfoliasi setelahnya. Berbeda dengan jika Anda hanya di rumah seharian, Anda cukup membersihkan wajah dengan sabun pada malam hari sebelum tidur.

Jenis kulit juga perlu Anda kenali dan pahami dengan saksama. Hal yang paling sering disalahpahami oleh masyarakat adalah kulit kombinasi sebagai kulit berminyak, dan saat memakai produk khusus kulit berminyak justru kulit menjadi terlampau kering, bahkan iritasi.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Bahan natural dari alam

Kelebihan dunia kecantikan Asia adalah penelitian yang lebih terbuka dan bervariasi dibandingkan dengan dunia kecantikan Barat. Karena itu, banyak produk perawatan kulit Korea yang mengandung berbagai bahan alami yang bisa jadi belum banyak diteliti khasiatnya untuk kulit oleh dunia Barat.

Salah satu contoh bahan alami yang saat ini sedang populer dalam dunia kecantikan Korea adalah lendir siput (snail mucin) dan centella asiatica (ekstrak herbal dari tanaman Gotu Kola yang dapat ditemukan di India, Australia, dan Asia).

Banyaknya ragam dan variasi bahan alami dalam produk Korea dapat membuat Anda kebingungan, dan tentunya tidak semua orang cocok dengan berbagai bahan alami ini. Untuk itu, penting untuk benar-benar membaca dan mempelajari karakteristik dan manfaat masing-masing bahan dan efeknya ke berbagai jenis kulit.

Penting juga untuk mencoba produk ke area kecil kulit sebelum menggunakannya ke seluruh wajah, untuk memastikan tidak ada reaksi alergi. Jika muncul iritasi setelah pemakaian, segera identifikasi bahan yang dicurigai memicu reaksi dan hindari membeli produk-produk yang memiliki kandungan bahan tersebut.

3. Tabir surya

Sebetulnya tak hanya di Korea, dunia kecantikan Barat pun menyetujui betapa pentingnya pemakaian tabir surya setiap hari, bahkan jika hanya berada di dalam ruangan. Tabir surya akan melindungi kulit dari berbagai dampak buruk sinar ultraviolet, termasuk kulit yang menggelap dan munculnya berbagai tanda penuaan dini.

Jika Anda ingin kulit yang cerah bercahaya, tentunya pemakaian tabir surya di wajah setiap hari adalah hal yang wajib dan menjadi rutinitas setiap pagi sebelum mulai beraktivitas. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk perlindungan yang maksimal, terutama di Indonesia yang merupakan negara tropis.

4. Double-cleanse

Salah satu langkah perawatan kulit ala Korea yang sudah banyak ditiru hingga ke dunia Barat adalah kebiasaan mereka untuk double-cleanse atau membersihkan wajah dengan dua langkah. Langkah pertama adalah membersihkan tabir surya dan kosmetik. Hal ini dikarenakan, residu tabir surya yang tidak dibersihkan dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Double-cleanse dilakukan dengan dua pembersih wajah yang berbeda. Pembersih pertama yang digunakan biasanya yang berbasis minyak atau oil-based cleanser. Pembersih ini digunakan karena sering kali tabir surya dan kosmetik masih menyisakan residu jika hanya dibersihkan dengan sabun, apalagi jika hanya dengan air. Namun, perlu diperhatikan bahwa ada berbagai jenis oil-based cleanser. Ada yang berbentuk minyak cair, berbentuk salep atau balm, hingga berbentuk stik. Tidak ada satu jenis pembersih minyak yang cocok untuk semua jenis kulit. Jadi, Anda harus mencari mana pembersih yang cocok untuk jenis kulit Anda.

Setelah membersihkan wajah dengan oil-based cleanser, langkah double cleanse dilanjutkan dengan membersihkan wajah dengan sabun seperti biasa. Berbeda dengan dunia kecantikan Barat yang sering kali menganjurkan tipe kulit berminyak untuk mencuci wajah lebih dari 2 kali sehari, dunia kecantikan Korea percaya jika minyak adalah salah satu pertahanan kulit yang harus dijaga produksinya. Sehingga, tidak dianjurkan untuk mencuci wajah lebih dari 2 kali sehari. Bahkan, tak jarang untuk kulit kering, orang Korea hanya mencuci wajah dengan pembersih pada malam hari dan hanya membasuhnya dengan air pada pagi hari.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Toner

Penggunaan dan pemilihan jenis toner merupakan salah satu langkah perawatan kulit ala Korea yang memiliki cukup banyak perbedaan dengan pemahaman di dunia kecantikan Barat. Di Korea, penggunaan toner yang mengandung alkohol sangat dihindari karena alkohol diyakini memiliki berbagai efek buruk bagi kulit wajah. Toner digunakan sebagai penenang kulit setelah mencuci muka dan mempersiapkan wajah untuk berbagai tahapan perawatan kulit berikutnya. Beberapa toner di Korea juga mengandung sedikit agen eksfoliasi seperti asam sebagai langkah eksfoliasi awal yang ringan, agar produk-produk lain dapat menyerap dengan lebih baik.

Dalam dunia kecantikan di Barat, toner digunakan sebagai salah satu tahap ekstra dalam membersihkan wajah, untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal. Ini kenapa banyak produk toner di Barat yang mengandung alkohol di dalamnya.

6. Pelembap

Baik kulit kering atau berminyak, semua wajib memakai pelembap. Tentu saja jenis pelembapnya tergantung pada jenis kulit. Produk perawatan kulit Korea memiliki berbagai ragam pelembap dalam berbagai bentuk dan kandungan untuk berbagai jenis dan masalah kulit. Tingkat kelembapan yang diberikan pun beragam, yang di Korea dipengaruhi oleh musimnya, khususnya ketika wajah butuh kelembapan ekstra saat musim dingin. Hidup di Indonesia, Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan temperatur dan kelembapan udara di sini.

Pada malam hari, wanita Korea juga sering kali memberikan proteksi tambahan dengan pelembap khusus yang hanya digunakan malam hari sebelum tidur, yang sering juga disebut sebagai sleeping mask. Pelembap ini berguna sebagai proteksi ekstra untuk mengimbangi kelembapan yang hilang selama tidur, sehingga Anda akan bangun dengan kulit yang kenyal dan lembut. Beberapa jenis pelembap ini juga mengandung agen yang dapat mencerahkan kulit seperti vitamin E, agar kulit terlihat bercahaya pada pagi hari.

Meski perawatan wajah putih dan mulus ala artis Korea terkenal dengan perawatan 10 langkahnya, Anda tidak perlu mengikutinya 100 persen. Ambil langkah-langkah yang Anda rasa perlu dan nyaman untuk melakukannya, tentunya yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk pemilihan produk, Anda bisa menggantinya sesuai kebutuhan dan kecocokan dengan kulit Anda. Anda juga bisa mengombinasikan produk Korea dengan produk Barat, bahkan produk lokal jika memang cocok dan memberikan manfaat bagi kulit Anda.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar