Sukses

Benarkah Minum Air Putih Bikin Kulit Lembap?

Cukupkan asupan air putih sehari-hari dan pertahankan kesegaran kulit Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Anjuran untuk secara teratur mengasup air putih sepanjang hari tak pernah menjadi saran yang basi. Faktanya, air berperan penting bagi tubuh agar organ-organ di dalamnya dapat berfungsi secara efektif. Sekitar 50–70 persen  tubuh manusia terdiri dari air, termasuk kulit, sel-sel dan jaringan kulit.

Saat kekurangan cairan berlangsung lama, tubuh juga semakin sulit menoleransi kondisi ini. Sehingga, pada kurun waktu tertentu, tubuh akan berada pada kondisi dehidrasi. Itulah saatnya tubuh mengalami kesulitan dalam mengoperasikan ‘mesin’ organ tubuh.

Tetapi, sebelum sampai di tahap ini, kulitlah yang paling dulu menderita bila Anda kekurangan cairan. Air berfungsi menjaga kelembapan optimal kulit. Air pula yang membantu memperbaiki  jaringan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

“Bila kulit kekurangan cairan, maka kulit akan kering, kusam, dan lebih mudah mengalami iritasi,”jelas dr. Karin Wiradarma pada Klikdokter.com. Pori-pori pada kulit pun akan terlihat lebih jelas dan besar.

Jika hal ini sering terjadi, pada kulit yang kering akan lebih mudah muncul tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus. Untuk mencegah kondisi kulit yang merana macam ini,  the Institute of Medicine menyarankan asupan cairan sekitar 3 liter per hari untuk pria dan 2,2 liter per hari untuk wanita, atau disesuaikan dengan aktivitas serta kondisi lingkungan tempat Anda berada.

Tapi sebenarnya, air tak hanya baik untuk menjaga kelembapan kulit saja. Berikut beberapa kebaikan mengonsumsi air putih bagi tubuh:

  • Air membantu melancarkan pengiriman nutrisi penting ke sel-sel kulit.
  • Air membuat kulit lebih berkilau dan menambah rona sehat pada kulit. Kunci utama untuk memiliki kulit yang lembut dan lentur, utamakan cukup minum air putih. Setelah itu barulah maksimalkan upaya Anda dengan krim perawatan lain.
  • Air memperlancar metabolisme tubuh dan mendukung kerja sistem pencernaan.  Selain itu, air  pula yang  membantu ‘mengguyur’ sisa-sisa metabolise dan racun keluar dari dalam tubuh. Bila bersih dari racun-racun yang menumpuk, tubuh akan lebih segar dan kulit pun tampak lebih sehat.
  • Dari luar, mandi santai dengan air dingin akan membantu menenangkan saraf dan mengurangi stres yang bisa mengganggu kondisi kulit. Mandi air dingin sekitar 3–5 menit akan menyegarkan kembali kulit Anda.
  • Mandi dengan air dingin juga mengurangi tanda-tanda kemerahan di kulit Anda.  Saat mandi dengan air hangat, pori-pori kulit akan terbuka. Siraman air dingin akan membantu ‘menutup’ pori-pori kulit kembali dan mencegah kemungkinan pori-pori tersumbat.

Ternyata ada banyak manfaat air putih bagi tubuh, termasuk bagi kulit. Dan jika Anda ingin memiliki kulit yang lembap dan sehat, pastikan Anda mengonsumsi air putih dengan cukup –sesuai kebutuhan tubuh.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar