Sukses

Daftar Makanan yang Bisa Membunuh Libido Anda

Beberapa makanan bisa mendongkrak libido. Di sisi lain, terdapat beberapa makanan yang ternyata bisa membunuh libido. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Anda merasa malas untuk berhubungan seksual dengan pasangan? Jangan buru-buru mengaitkannya dengan cinta yang mulai pudar. Jangan-jangan, Anda baru saja mengonsumsi makanan yang ternyata menjadi pembunuh libido.

Ya, ternyata tak hanya terdapat makanan-makanan yang bisa membangkitkan libido seseorang. Beberapa makanan juga bisa merusak libido, yang pada akhirnya membuat seseorang menjadi tak ‘berselera’ untuk melakukan hubungan seksual.

Pada dasarnya, kesehatan tubuh seseorang –baik fisik maupun mental– sangat dipengaruhi oleh gaya hidup. Termasuk di dalamnya pola makan yang dijalani seseorang sehari-hari. Selanjutnya hal ini juga turut memengaruhi aktivitas orang tersebut, bahkan untuk urusan di atas tempat tidur.

Pada akhirnya, hal ini tentu dapat menimbulkan gangguan pada beberapa orang. Apalagi bagi pasangan suami-istri yang sedang merencanakan untuk menjalani program kehamilan. Itulah sebabnya, mengapa penting untuk memerhatikan asupan makanan sebagai bagian dalam menjalani gaya hidup sehat.

Jadi, makanan seperti apa yang bisa memengaruhi aktivitas seksual Anda? Berikut beberapa di antaranya:

  • Pemanis buatan

Beberapa makanan dan minuman yang mengandung bahan aspartame diketahui dapat mengurangi hormon serotonin. Bila kadar hormon serotonin dalam tubuh seseorang tidak mencukupi, maka dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan –seperti nyeri kepala, depresi, munculnya rasa cemas, dan insomnia atau gangguan tidur.

Selain itu, menurut dr. Dewi Ema Anindia, penurunan kadar hormon serotonin dalam tubuh seseorang juga dapat mengurangi libido.

Hal buruk lainnya yang disebabkan aspartame adalah pengaruhnya pada hormon dopamin. Konsumsi aspartame yang berlebihan juga dapat mengurangi hormon tersebut, yang pada akhirnya turut memengaruhi perilaku seksual seseorang.

Selain pemanis buatan, khususnya aspartame, minuman kemasan dengan pemanis buatan juga sebaiknya dihindari. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam the New England Journal of Medicine, menemukan bahwa minuman dengan pemanis buatan dapat meningkatkan risiko seseorang terhadap beberapa gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan yang paling sering dikaitkan antara lain diabetes melitus, obesitas, dan hilangnya kepadatan tulang. Deretan gangguan kesehatan tersebut diketahui memiliki kaitan langsung dengan penurunan libido penderitanya.

  • Makanan kaleng

Makanan kaleng diketahui memiliki kandungan garam yang cukup tinggi. Beberapa makanan kaleng juga menambahkan beberapa jenis bahan pengawet yang cukup banyak ke dalamnya.

Konsumsi makanan kaleng secara berlebihan atau terlalu sering dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Hal ini tentu bisa memengaruhi aliran darah pada organ seksual. Tidak hanya menurunkan libido saja, makanan kaleng juga dapat meningkatkan risiko terhadap banyak aspek kesehatan lain.

  • MSG

Monosodium glutamate, atau yang lebih popular dengan nama MSG, ternyata juga dapat menurunkan libido. Penyedap makanan yang satu ini umumnya banyak digunakan dalam makanan siap saji, makanan jalanan, atau hidangan di restoran.

Para ahli banyak mengaitkan MSG dengan depresi dan berbagai gangguan kesehatan. Masalahnya, depresi juga turut memengaruhi hasrat seksual seseorang.

  • Kopi

Menikmati harumnya aroma kopi dan menyesap nikmatnya ‘si hitam’ di pagi hari bisa menjadi salah satu pendongkrak semangat bagi sebagian orang. Apalagi ada banyak manfaat kopi bagi kesehatan. Tentu semakin sulit untuk melewatkan minuman yang satu ini.

Sayangnya, konsumsi kopi secara berlebihan ternyata memiliki dampak negatif bagi tubuh Anda. Menurut dr. Ema, terlalu banyak minum kopi dapat merusak kelenjar adrenal. Padahal, kelenjar ini bertanggung jawab terhadap produksi beberapa jenis hormon yang dapat berpengaruh terhadap produksi hormon seks.

Kalau begitu, haruskah mencoret kopi dari konsumsi harian? Tentu saja tidak harus demikian. Ingat, minuman ini hanya akan membawa pengaruh buruk –termasuk dalam menurunkan libido– jika dikonsumsi berlebihan. Jadi, cukup batasi konsumsi kopi Anda setiap hari.

  • Keju

Beberapa jenis keju yang dijual di pasaran, diolah dari susu sapi di mana sapi tersebut telah diberi hormon pertumbuhan dan antibiotik terlebih dahulu.

Tingginya konsumsi produk keju seperti ini dapat menyebabkan peningkatan racun yang berpengaruh terhadap produksi hormon. Ini termasuk hormon seksual yang bisa memicu terjadinya disfungsi seksual.

Nah, bagaimana? Sudah mulai mendapat gambaran mengenai penyebab turunnya libido Anda atau pasangan? Coba ingat-ingat kembali apa saja yang sudah Anda makan hari ini.

0 Komentar

Belum ada komentar