Sukses

5 Makanan Ini Buruk untuk Kesehatan Rambut

Sebagus atau semahal apa pun perawatan rambut Anda, faktanya kerusakan rambut juga bisa dipicu akibat konsumsi makanan tertentu.

Klikdokter.com, Jakarta Rambut ibarat sebuah mahkota bagi manusia. Inilah mengapa banyak orang—baik pria maupun wanita—melakukan berbagai cara untuk membuat rambutnya senantiasa sehat, indah, dan terawat. Berbagai perawatan yang dilakukan antara lain pemakaian masker rambut, creambath, spa rambut, hingga penggunaan berbagai jenis produk perawatan rambut. Tak banyak yang tahu, kerusakan rambut juga dapat dipengaruhi oleh konsumsi makanan tertentu.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, untuk memperoleh rambut yang indah dan sehat, nutrisi dari dalam juga penting. Rambut membutuhkan asupan gizi seperti protein, besi, vitamin C, omega-3, vitamin A, zink, selenium, vitamin E, serta biotin.

Rambut sehat dan berkilau adalah tanda rambut yang sehat. Maka dari itu, dibutuhkan lebih dari sampo dan conditioner yang bagus untuk membantu rambut terlihat lebih indah. Sama seperti kuku, rambut adalah jendela kesehatan Anda secara keseluruhan. Ya, kondisi rambut dapat memberitahu kondisi kesehatan tubuh Anda.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat, yang dimulai dari piring Anda. Makanan tertentu dapat mendatangkan malapetaka bagi kesehatan rambut, sementara yang lain dapat memberi manfaat.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ingin tahu, makanan apa saja yang disinyalir buruk untuk kesehatan rambut? Mengutip dari Prevention, simak lima jenis makanan tersebut di bawah ini:

1. Gula

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang tinggi gula atau dibuat dengan tepung halus seperti roti putih, makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan gula darah naik sehingga memicu lonjakan insulin. Hal ini dapat menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak androgen.

"Perlu diperhatikan bahwa androgen adalah hormon yang dapat menyebabkan folikel rambut Anda menyusut, sehingga berpotensi menyebabkan kerontokan rambut," kata Christy Brissette dari Twenty Nutrition.

2. Protein hewani

Protein sangat penting untuk membangun rambut yang kuat. Namun, hal ini tidak berlaku jika Anda terlalu berlebihan saat mengonsumsi protein hewani. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengonsumsi makanan yang tinggi serat lebih banyak, atau jadikan protein nabati sebagai pengganti produk protein hewani. Ketika nutrisi terpenuhi bagi kesehatan secara keseluruhan, maka rambut pun juga akan merasakan manfaatnya.

3. Ikan mengandung merkuri

Makan banyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dan mendorong pertumbuhan rambut. Saran Christy, pastikan untuk menghindari makanan laut dengan merkuri tinggi seperti ikan todak, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Pilih jenis ikan seperti salmon dan tuna.

4. Alkohol

Minuman beralkohol seperti bir dan wine dapat mengganggu tubuh Anda dalam memetabolisme zink, salah satu mineral penting untuk kesehatan rambut. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat membuat Anda dehidrasi, yang dapat memengaruhi rambut Anda. Dikatakan oleh Christy bahwa alkohol dapat membuat rambut lebih kering, lebih rapuh, dan lebih rentan terhadap kerusakan. Beberapa minuman anggur merah mungkin baik untuk jantung, tapi manfaatnya tak akan terlalu signifikan bagi kesehatan rambut.

5. Makanan tinggi lemak jenuh

Makanan yang tinggi lemak jenuh dan minyak terhidrogenasi dapat menyumbat pori-pori, termasuk pori-pori di kulit kepala Anda. Tak hanya itu, makanan jenis ini juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Penyebabnya adalah adanya lemak trans seperti margarin keras, makanan yang dipanggang, atau biskuit.

Perawatan rambut dari luar dengan melakukan perawatan rambut yang tepat serta pemilihan produk rambut yang sesuai memang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Namun, jangan lupa bahwa rambut juga memerlukan asupan nutrisi dari dalam. Untuk memenuhi ini, konsumsi makanan seperti almon, kayu manis, atau jenis makanan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga Anda bisa mendapatkan banyak nutrisi untuk folikel rambut. Hasilnya? Rambut bisa tumbuh lebih cepat dan sehat! Jadi, mulai sekarang jagalah asupan nutrisi dan gizi tak hanya untuk kesehatan rambut, tapi juga untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar