Sukses

Kiat Packing Praktis untuk Liburan

Liburan singkat maupun liburan panjang, sama menyenangkannya. Baca kiat packing atau mengepak seluruh keperluan liburan Anda dengan praktis di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Liburan! Selalu menyenangkan membayangkan liburan –entah itu liburan panjang atau hanya sekedar long-weekend yang bisa Anda manfaatkan jadi liburan singkat. Anda bisa lepas sejenak dari rutinitas kerja, sekaligus menjalani pengalaman baru.

Seorang pakar dari University of California, dr. Elissa Epel, mengatakan liburan dapat membantu menurunkan proses biologis yang berkaitan dengan stres. Masih menurut dr. Epel, liburan di lingkungan yang santai dan diselingi aktivitas relaksasi, bisa meningkatkan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Tapi omong-omong soal liburan, tentu tak lepas dari persiapan berkemas untuk perjalanan. Bagi beberapa orang, ini adalah kegiatan yang ‘menyebalkan’ dan membuat stres. Tapi sebenarnya ini tak harus merepotkan jika Anda tahu kiat berkemas atau packing dengan praktis.

Pertama, buat daftar barang-barang yang diperlukan beberapa minggu sebelum keberangkatan. Terutama bila Anda bepergian ke negara lain.  Daftar ini akan membantu Anda mencicil kebutuhan barang yang harus dibawa tapi belum dimiliki di rumah. Dengan daftar ini Anda pun terbantu memastikan semua barang bawaan telah lengkap. 

Selanjutnya, pilih koper atau travelling bag yang sesuai dengan jenis perjalanan Anda. Pelancong back-packer dengan tujuan wisata yang cukup menantang dan banyak berpindah-pindah biasanya lebih membutuhkan tas ransel gendong untuk menampung segala barang keperluannya. Sementara tujuan wisata yang relatif tertata susunan kegiatannya biasanya aman menggunakan koper beroda.

Setelah tas ditentukan, siapkan beberapa kantung atau pouch untuk memisahkan berbagai barang. Bentuk kantung bisa beragam, dari material kain, bahan parasut ringan, atau plastik. Kantung yang berwarna bening akan memudahkan Anda mencari barang yang diinginkan.

Sementara itu kantung dari bahan yang tipis, ringan, lentur, dan tahan air akan membantu posisi kemas yang fleksibel sekaligus melindungi barang-barang Anda dari kemungkinan basah. Bawa juga kantong khusus untuk tempat baju-baju kotor. Selain kantung-kantung itu siapkan pula botol mini ukuran dibawah 100 ml untuk wadah benda cair.

1 dari 2 halaman

Berikut beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat berkemas:

  • Hindari menyimpan uang dalam satu tempat. Pisahkan beberapa lembar mata uang di tempat yang berbeda. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti kecopetan.
  • Untuk koper atau bawaan di bagasi, beri tanda yang mencolok pada bawaan Anda, bisa dengan sticker atau pita. Pastikan ada penanda nama di barang bagasi Anda yang berisi nama, no ponsel, dan alamat email. Hal ini menghindari  bagasi tertukar.
  • Bagi pelancong perempuan, siapkan pashmina atau selendang multi fungsi. Bisa jadi syal untuk mempercantik penampilan. Atau jadi selimut bila berada di kondisi yang dingin.
  • Jangan lupa membawa botol minuman bertutup rapat anti-tumpah selama dalam perjalanan. Pergantian udara dan cuaca, AC di kereta, bis antarkota, atau pesawat bisa membuat kulit kering dan menyebabkan dehidrasi.
  • Selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Manfaatkan air siap minum gratis, biasanya ada di bandara mancanegara, untuk mengisi botol minum Anda.
  • Selama perjalanan kenakan baju yang nyaman  dan praktis. Begitu pun alas kaki, sneakers lebih cocok untuk mobilitas jarak jauh.
  • Sebelum berangkat, bila perlu foto semua barang bawaan. Hal ini akan berguna pada saat selesai liburan. Anda bisa mencek kembali barang bawaan agar tidak ada yang tertinggal.

Perlengkapan yang perlu dibawa:

  • Pakaian. Anda bisa menggulungnya agar lebih ringkas dan menghemat tempat di koper atau tas perjalanan Anda.
  • Peralatan mandi. Sebaiknya Anda membawa sendiri peralatan mandi yang Anda butuhkan, khususnya jika Anda memiliki alergi terhadap bahan kimia tertentu yang biasanya terdapat pada benda-benda tersebut.
  • First Aid. Sebagian orang sering melupakan hal-hal seperti obat-obatan pribadi (seperti obat sakit kepala, obat pereda demam, obat anti-alergi, vitamin C, krim pegal-pegal, plester luka, dan sebagainya). Pastikan Anda membawanya agar bila diperlukan, Anda tak harus panik.
  • Kosmetik sesuai keperluan. Bila Anda akan menghabiskan banyak waktu di tempat terbuka, pastikan Anda membawa kosmetik yang memiliki SPF dengan angka yang tepat. Jangan lupa membawa losion juga. Liburan tak harus membuat Anda ‘meliburkan’ urusan perawatan kulit, ‘kan?
  • Sunglasses dan topi. Tak hanya sekedar membuat penampilan Anda keren. Tapi kedua benda ini akan melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet saat Anda akan berlibur di tempat yang mendapat banyak ekspos sinar matahari.

Nah, long weekend sudah di depan mata. Waktunya packing dan menikmati liburan. Jangan lupa, konsumsi makanan bergizi agar tubuh Anda fit selama liburan. Selamat berlibur!

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar