Sukses

Benarkah Cokelat Berdampak Buruk pada Gigi?

Cokelat sering dituding memiliki dampak buruk bagi kesehatan gigi. Benarkah? Temukan jawaban di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tak suka dengan cokelat? Si manis ini bisa dibilang merupakan makanan favorit hampir semua orang –baik tua, muda, maupun anak-anak. Sayangnya, banyak pihak yang menuduh cokelat memiliki dampak buruk pada kesehatan gigi.

Pada dasarnya, ada bermacam-macam varian cokelat yang dijual di pasaran  -baik jenis maupun rasa. Ada kue cokelat, permen cokelat, hingga minuman yang menggunakan cokelat sebagai bahan dasarnya.

Tapi menurut drg. Arni Maharani, sebenarnya tak semua cokelat buruk bagi gigi. Kuncinya adalah jenis cokelat dan jumlah yang Anda konsumsi. Itulah yang sering kali terlupakan oleh banyak orang.

Cokelat kemasaan atau kue cokelat yang banyak mengandung gula, krim, dan susulah yang bisa dikatakan berbahaya terhadap kesehatan gigi. Pasalnya, kandungan gula yang biasanya cukup banyak pada cokelat tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang.

Apalagi jika Anda termasuk penggemar cokelat yang sering menjadikan si manis ini sebagai camilan yang sering dikonsumsi. Anda juga ‘malas’ menyikat gigi usai makan cokelat. Nah, tak heran kalau gigi Anda pun jadi berlubang.

Namun ada berita gembira untuk Anda. Salah satu produsen cokelat Belgia meng-klaim bahwa cokelat yang mereka produksi tidak akan menyebabkan gigi berlubang.

Menurut mereka, penggantian gula dengan isomaltosa dan penggunaan protein susu pada cokelat yang mereka produksi tidak akan menimbulkan tingkat keasaman yang tinggi pada rongga mulut. Hal ini tentu akan mencegah terjadinya proses gigi berlubang.

Suatu penelitian juga telah membuktikan bahwa ekstrak alami cokelat yang juga terkandung dalam pasta gigi mampu mengurangi kondisi kerusakan lapisan gigi yang dapat menyebabkan gigi ngilu atau dentin hipersensitif. Kandungan tersebut adalah theobromine.

Penelitian tersebut mengevaluasi potensi dari penguatan email gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung theobromine.

Jadi, konsumsi cokelat ternyata tidak selalu memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan gigi. Tapi ingat, perhatikan jenis dan jumlah cokelat yang Anda konsumsi. Selain itu, jangan lupa menyikat gigi agar sisa cokelat tidak terus melekat di gigi dan berisiko menimbulkan masalah nantinya.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar