Sukses

Pakaian yang Nyaman dalam Penerbangan Long Haul

Penerbangan long haul akan terasa lebih nyaman dengan pilihan pakaian berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Meski terkesan sederhana, memilih pakaian yang tepat akan memberikan perbedaan yang signifikan terhadap pengalaman traveling Anda saat berada dalam penerbangan long haul yang bisa mencapai lebih dari 12 jam, bahkan ada yang sampai sehari penuh.

Penerbangan long haul atau penerbangan durasi panjang bisa sangat menyebalkan bagi sebagian orang. Harus duduk lama dalam ruang gerak yang sempit, sering membuat tidak nyaman bahkan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Apalagi jika Anda memakai pakaian yang salah, penerbangan long haul bisa menjadi pengalaman traveling yang bikin kapok.

Dari berbagai persiapan untuk menempuh penerbangan long haul, mempersiapkan dan memilih pakaian yang akan dipakai selama penerbangan sering menjadi hal yang lupa untuk diperhitungkan.

Padahal, pemilihan pakaian yang tepat dan nyaman dapat mengubah pengalaman perjalanan yang menyebalkan, menjadi nyaman dan menyenangkan.

Agar nyaman dalam penerbangan berdurasi panjang

Tak hanya selama penerbangan, pemilihan pakaian yang tepat juga akan memudahkan aktivitas Anda selama di bandara jika harus singgah dan berganti pesawat serta melakukan keperluan lainnya. Berikut ini beberapa tips memilih pakaian yang nyaman saat akan bepergian dengan penerbangan durasi panjang: 

● Atasan

Dalam penerbangan panjang, baik untuk kepentingan bisnis atau berlibur, katun adalah teman terpercaya Anda dalam hal pemilihan baju atasan. Gunakan baju berbahan kaus atau blus katun yang berukuran besar dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Pakaian berbahan ini akan menyerap keringat, karena meskipun Anda berada di dalam pesawat dengan suhu udara terkontrol, Anda tetap dapat berkeringat pada bagian-bagian tertentu, seperti punggung dan bokong saat duduk di penerbangan long haul.

Pakaian dari bahan kaus dan katun dengan ukuran yang longgar juga akan memberikan Anda ruang gerak yang lebih untuk berganti posisi dan melakukan peregangan selama penerbangan.

● Bawahan

Mitos tentang bawahan saat penerbangan long haul yang sering beredar di masyarakat adalah anggapan bahwa celana ketat atau legging adalah bawahan yang nyaman dipakai saat bepergian, terutama saat menggunakan pesawat. Mitos ini tidaklah benar, apalagi dalam penerbangan long haul.

Gunakan bawahan yang longgar dan nyaman seperti celana dengan model pipa lebar atau celana training longgar dengan bahan yang elastis. Celana dengan model ini akan memberikan ruang pada kaki Anda untuk bergerak.

Celana model ini juga akan mencegah tertekannya pembuluh darah akibat diam dalam posisi lama, misalnya saat Anda duduk dengan posisi kaki satu menyilang di atas kaki yang lainnya.

Untuk pilihan bawahan yang tampak lebih rapi dan formal, Anda dapat menggunakan celana longgar berbahan linen. Selain longgar dan sejuk, celana ini juga memiliki kesan kusut yang terlihat elegan, sehingga memperindah penampilan Anda selama bepergian.

● Lapisan luar

Pesawat dapat menjadi tempat yang dingin apalagi di malam hari. Pada penerbangan durasi panjang, siapkan pakaian luaran berupa jaket atau cardigan tipis yang mudah dibawa dan dapat menghangatkan tubuh Anda.

Tentu Anda bisa meminjam selimut yang disediakan oleh awak kabin penerbangan. Tapi jaket dapat membantu menutupi kulit yang tidak terlapisi pakaian Anda. Selain jaket, Anda juga bisa membawa selendang atau pashmina yang dapat menjadi barang serbaguna selama berada dalam pesawat.

Anda dapat mengalungkannya di leher sebagai penghangat, melipatnya dan menjadikannya bantal, atau menjadikannya selimut sederhana untuk memejamkan mata sejenak selama penerbangan.

● Kaos kaki kompresi

Dalam penerbangan yang sangat panjang, misalnya dari Indonesia ke Amerika Serikat, ada beberapa risiko gangguan kesehatan yang mengintai Anda. Salah satu gangguan ini adalah munculnya DVT atau trombosis vena dalam.

DVT dapat timbul saat tubuh Anda terutama bagian kaki berada dalam posisi duduk dalam waktu yang lama, sehingga dapat menyebabkan pegal hingga nyeri hebat, kaki kemerahan, dan bengkak.

Gangguan ini, dapat dicegah dengan menggunakan kaos kaki kompresi yang akan memberikan tekanan ringan ke kaki Anda. Penggunaan kaos kaki juga berfungsi ganda sebagai penghangat kaki saat suhu udara dalam kabin mulai mendingin.

Meski terkesan sederhana, memilih pakaian yang tepat akan memberikan perbedaan yang signifikan terhadap pengalaman traveling Anda saat penerbangan long haul. Saat naik pesawat, bawalah pakaian ganti dalam tas kabin yang sesuai dengan tempat tujuan Anda dan bergantilah sesaat sebelum mendarat. Dengan cara ini, Anda tetap dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan tampak gaya saat tiba di tujuan.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar