Sukses

Kiat Menjaga Kesehatan ala Anindya Kusuma Putri

Putri Indonesia 2015, Anindya Kusuma Putri, didapuk sebagai Jubir Menpora. Ini kiatnya menjaga kesehatan di tengah kesibukan.

Klikdokter.com, Jakarta Sukses masuk ke dalam 15 besar Miss Universe 2016, nama Anindya Kusuma Putri semakin melesat. Putri Indonesia 2015 itu kini disibukkan menjadi Juru Bicara (Jubir) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora). Untuk menjaga kesehatan tubuhnya, wanita yang akrab disapa Anin ini punya kiat khusus.

Olahraga bulutangkis

Wanita kelahiran Semarang, 3 Februari 1992 ini pernah menjadi atlet bulutangkis tingkat nasional mewakili kontingen Jawa Tengah. Sayangnya, cedera lutut harus menghentikan langkahnya sebagai atlet bulutangkis.

Meski demikian, nyatanya Anin masih tetap menekuni olahraga bulutangkis sebagai hobi. Olahraga yang sudah ia kenal sejak usia 9 tahun ini tetap dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

“Bulutangkis ini olahraga yang saya gemari sejak kecil hingga sekarang. Selain itu, saya juga suka olahraga basket, lari, dan jetski,” ucapnya saat menjadi pembicara di acara Camp Anak Pulau 2018 yang diselenggarakan oleh Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP).

Serunya lagi, ternyata keluarga besar Anin memang keluarga atlet bulutangkis. Ia bercerita setiap main ke rumah neneknya selalu senang melihat medali dan trofi yang dipajang. Anin mengaku ia dan keluarganya sering bermain bulutangkis di depan rumah.

Olahraga bulutangkis memiliki banyak manfaat. Selain meningkatkan kesehatan paru, membantu menyembuhkan hipertensi serta meningkatkan metabolisme, olahraga ini juga dapat mengurangi risiko seseorang terkena diabetes.

Tak heran, bentuk tubuh wanita yang mengidolakan Bao Chunlai dan Kevin Sanjaya ini pun semampai berkat rutin berolahraga bulutangkis.

Konsumsi bahan alami

Sebagai wanita keturunan Jawa, Anin mengaku sangat menyukai jamu. Minuman herbal ini ia konsumsi secara rutin untuk membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar di tengah jadwal kesibukan yang begitu padat.

Anin bahkan punya resep tradisional untuk menjaga kecantikan dan kebugaran. Sejak kecil, ia terbiasa minum jamu beras kencur dan beras hitam, serta tak pernah absen mengonsumsi buah-buahan.

“Biasanya saya minum jamu beras kencur dari penjual jamu gendong yang tinggal di dekat rumah di Semarang. Setiap pulang, saya selalu mencari penjual jamu itu,” kenangnya.

Jamu yang terbuat dari kecur dapat memperlancar produksi empedu dalam tubuh, di mana empedu tersebut bertanggung jawab atas penyerapan nutrisi dan membersihkan tubuh dari racun, termasuk kolesterol jahat. Kencur juga dapat membuat tubuh lebih hangat dan segar.

Selain itu, pilihan Anin terhadap beras hitam memang tepat. Penelitian yang dilakukan oleh Zhimin Xu, seorang profesor di departemen ilmu pangan Louisiana State University, menemukan bahwa satu sendok beras hitam mengandung lebih banyak antioksidan daripada blueberry.

Beras hitam juga mengandung gula lebih sedikit namun memiliki serat lebih tinggi, sehingga lebih sehat. Zat anthocyanin di dalamnya juga dapat melawan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Ditanya soal buah favorit, Anin menjawab kiwi dan mangga adalah buah kesukaannya. Menurutnya, sensasi manis dan asam yang dirasakan dari buah tersebut membuat ia ketagihan.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, kiwi merupakan buah yang kaya akan vitamin C, sehingga berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Sedangkan, kandungan vitamin A dan C pada mangga akan menyediakan nutrisi penting untuk mempercepat pemulihan sel kulit dari dalam.

Bagi Anindya Kusuma Putri, menjaga kesehatan dengan menjalankan gaya hidup sehat bukanlah sekadar pilihan, namun sudah selayaknya menjadi kewajiban. Disiplin pada diri sendiri adalah kuncinya. Dengan tubuh sehat, Anda bisa terus berkreasi dan bermanfaat bagi orang banyak. Tertarik mengikuti tips dari Anin?

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar